Cara Menanam Bunga Rosella

1 min read

Cara Menanam Bunga Rosella

Cara Menanam Bunga Rosella – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Rosella. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bunga Rosella


Rosella (Hibiscus sabdariffa linn) ataupun kerap diucap frambozen merupakan tumbuhan yang diketahui hendak buahnya yang mempunyai wujud semacam kelopak bunga yang nampak indah serta menarik.

Rosella ialah tumbuhan semusim yang hadapi satu kali saja masa produksinya buat dimabil seratnya. Ekstrak dari kelopak bunga rosella banyak khasiatnya.

Rosella memiliki 9,6 miligram anthocyanin, antioksidan, senyawa gossipetin, antosianin dan vit C yang umumnya bisa diolah jadi sari buah, saus, salad, asinan, teliti serta yang lain.

Tidak hanya itu, dengan komsumsi rosella ada banyak khasiat rosella untuk kesehatan badan semacam memberikan proteksi terhadap badan dari radikal leluasa.

Menghindari kanker, merendahkan efek serangan jantung, menanggulangi indikasi diabet dan bisa merendahkan berat tubuh.

Dengan memandang banyaknya khasiat dari rosella maka budidaya rosella jadi salah satu kesempatan membuka usaha dan menaikkan pemasukan serta nilai tambah pada tumbuhan rosella sendiri.


Metode Menanam Rosella

Persiapan Lahan Rosella

Lahan yang digunakan lebih dahulu wajib dibajak supaya rata serta dibuat bedengan dengan kedalaman hampir 25 cm.

Lahan pula diberi pupuk dasar ialah pupuk organik yang didiamkan sepanjang 1 minggu buat berikan nutrisi padalahan.

Pemilihan Bibit

Benih Rosella yang digunakan buat pemibitan yang berasal dari pemungutan awal sebab perkembangan bijinya lengkap.

Baca Juga:  Manfaat Daun Kemangi & Cara Menanamnya (Sukses)

Dengan memilah biji yang terbanyak biar udara tumbuhan berkecambah dengan kokoh serta pula fresh tanpa terdapatnya cacat fisik.

Penanaman

Jarak tanam tergantung dalam kondisi tanah umumnya dengan jarak 12×12 centimeter, 15×15 centimeter, 20×20 centimeter.

Pembibitan sendiri haruslah terpisah dijauhkan dari pertanaman produksi serat sebab hama penyakit dapat berpindah dengan gampang.

Jaraknya yang digunakan merupakan 75×50 centimeter, 75×75 centimeter, 100×75 centimeter. Serta waktu terbaik menanam Rosella yakni dibulan agustus pertengahan sampai akhir oktober.

Cara Menanam Bunga Rosella


Metode Bertanam Rosella

Bedengan diairi biar terpelihara serta pula tidak kering dan tanah jadi tidak sangat basah serta setelah itu ditugal sedalam 1-3 centimeter.

Benih dimasukkan kedalamnya dimana sebelumnya bibit dicoba perendaman sepanjang 12-24 jam buat perkembangan bibit yang menyeluruh.

Pemeliharaan Rosella

Umumnya Rosella hendak berkembang diwaktu 2 hingga 3 hari dikala sehabis penanaman. Jalani penyulangan bila terdapat rosella yang tidak berkembang.

Penyiangan pula dicoba 2-3 kali dalam seminggu supaya tidak terdapat terjadi kompetisi dengan rumput.

Waktu pemupukan yang baik merupakan pagi hari dengan pupuk ZA, dengan dosis 400 kilogram/Ha serta pula pupuk N dosis 119 kilogram/Ha.

Pemanenan Rosella

Pembentukan bunga dari Rosella ini umumnya diusia 5-6 bulan serta metode memanen tumbuhan Rosella yakni dengan metode mencabut sampai ke akarnya serta dibuang.

Akarnya terbakar buat melindungi penyebaran penyakit serta buat pengolahan batangnya dipotong sama panjang serta diikat kemudian direndam diair selama seminggu.

Sebab perendaman yang sangat sebentar hendak menciptakan Rosella kurang bermutu sebaliknya perendaman yang sangat lama hendak menjadikan serat tidak sangat kokoh.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Rosella, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.