Cara Menanam Bunga Matahari Untuk Pemula (Sukses)

2 min read

Cara Menanam Bunga Matahari Untuk Pemula (Sukses)

Cara Menanam Bunga Matahari Untuk Pemula (Sukses) – Sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam bunga matahari, yang akan dijelaskan secara singkat dan terperinci melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Bunga Matahari Untuk Pemula (Sukses)

Bunga matahari memang memiliki keindahan yang mempesona sehingga banyak yang menyukainya, banyak yang menanamnya sebagi tanaman hias dan juga dijadikan sebagai kuaci. Bunga matahari ini diklasifikasikan sebagai tanaman semusim saja.

Ciri dari tanaman  bunga matahari ini adalah mahkota bunganya mekar yang mengikuti pergerakan matahari dari timur ke barat dan umumnya memiliki warna kuning. Proses ini disebut heliotropisme. Selain itu juga ada lebih dari 60 jenis bunga matahari di seluruh dunia dengan warna yang berbeda beda dan penampilan yang menarik.

Indonesia sebagai negara tropis memiliki kelebihan tersendiri dalam membudidayakan bunga matahari tersebut. Tercatat bahwa Indonesia secara rutin mengimpor kurang lebih 15.000 hingga 20.000 ton biji bunga matahari untuk industri Kwaci.

Selain biji, minyak bunga matahari juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Karena permintaan pasar yang cukup besar, sehingga bisnis bunga matahari ini sangat menjanjikan jika anda bisa menjalaninnya dengan baik. Oleh sebab itu berkebun.co.id akan memberikan ilmu cara menanam bunga matahari yang baik dan benar.

Syarat Tumbuh Bunga Matahari

Tanaman bunga matahari sangat cocok jika di tanam di daerah yang terpapaar sinar matahri secara langsung setiap hari. Tanah yang kaya nutrisi dengan pH 6 hingga 7 cocok untuk budidaya bunga matahari gtersebut.

Bunga matahari lebih cocok di tanam di dataran yang tinggi meskipun bunga matahari ini bisa juga ditanam didataran yang rendah. Hindari menanam di tanah yang basah karna akar tanaman akan membusuk sehingga bunga matahari akan cepat mati.

Baca Juga:  Cara Menanam Sawi dengan Hidroponik : Metode Penanaman Sederhana dan Sukses

Pemilihan Bibit Bunga Matahari

Pilihlah jenis dan benih bunga matahari yang unggul, karna bunga matahari ini banyak jenisnya ada mommoth, Autumn Beauty, Sunbeam, Teddy Bear dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih benih bunga matahari yang berkualitas dengan ciri-ciri diantaranya sebagai berikut :

  • Pilihlah benih bunga matahari yang berasal dari tanaman yang tinggi batangnya sekitar 1 hingga 3 meter
  • Batang bunga matahari berkualitas tinggi adalah dalam bentuk batang basah
  • Memiliki daun bunga matahari tunggal dan berbentuk hati
  • Bunga yang dihasilkan adalah sebesar cawan dan dapat lebih besar lagi
  • Bunga berwarna kuning cerah seperti matahari
  • Dan memiliki biji-bijian di bagian tengah bunga

Setelah anda mendapatkan benih bunga matahari sesuai dari yang disebutkan diatas selanjutnya anda langsung melakukan penyemaian.

Proses Penyemaian

Proses penyemaian benih bunga matahari harus dilakukan denga sebaik mungkin, karna tujuan penyemaian adalah membuat tanaman akan lebih mudah dikendalikan pada waktu penanaman, mendapatkan asupan makanan yang baik, dan beradaptasi lebih mudah dengan lingkungan baru, berikut ini adalah yang harus anda siapkan.

  • Siapkan berbagai alat dan bahan dalam bentuk cangkul, tanah lapisan atas, pupuk kandang kering atau kompos dan polybag
  • Setelah semua bahan telah anda siapkan, campurkan humus dan pupuk kandang atau kompos dengan rata dalam perbandingan 3: 1 kemudian isilah polybag lebih awal dengan media tanam (jangan terlalu penuh)
  • Ambil biji yang Anda siapkan sebelumnya dan masukkan ke dalam air selama beberapa jam untuk mempercepat proses perkecambahan. Kemudian tanam bijinya dalam polybag dan siramlah dengan air secukupnya
  • Letakkan tempat semai di tempat yang terkena sinar matahari
  • Umumnya benih akan mulai berkecambah sekitar 10-15 hari, selama menunggu benih bunga matahari tumbuh, anda bisa mempersiapkan lahan tanam, baik menggunakan pot atau langsung di tanam di tanah.

Lahan Tanam Dan Prose Penanaman

Proses mempersiapkan lahan tanam yang baik adalah dengan menggunakan campuran tanah pasir tanah yang sudah di gemburkan dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:2:1. Selanjutnya anda bisa memasukan campuran tanah tersebut ke dalam pot yang sudah disiapkan jika menggunakan pot.

Baca Juga:  Cara Mencangkok Pohon Duku Untuk Pemula (Sampai Berhasil)

Setelah semuanya sudah siap dan bibit bunga matahari sudah tumbuh tunas hingga berukuran 15 – 20 cm, maka anda dapat memindahkan bibit bunga matahari tersebut kedalam media pot yang telah dipersiapkan. Selanjutnya tutup kembali dengan tanah sebatas pangkal batang bibit tersebut.

Jarak tanam yang ideal antara lubang adalah 1 meter jika tidak menggunakan pot, sehingga tanaman memiliki ruang untuk tumbuh, menerima sinar matahari yang cukup dan dapat menghasilkan bunga yang berukuran besar.

Perawatan Tanaman Bunga Matahari

Proses perawatan yang optimal akan menghasilkan tanaman yang baik karna usaha tidak akan menghianati hasil. Oleh sebab itu ada beberapa proses yang harus anda lakukan dalam perawatan tanaman bunga matahari tersebut diantaranya adalah :

Penyiraman : Penyiraman wajib anda lakukan pagi dan sore hari di awal pemindahan bibit ke media tanam, karna bibit tersebut sangat membutuhkan air yang cukup dalam proses pertumbuhannya.

Penyiangan : Penyiangan juga harus anda lakukan dan terkontrol dengan baik, karna jika terdapat tumbuhan yang dapat menggangu pertumbuhannya maka tanaman bunga matahari tidak akan tumbuh dengan sempurna.

Pemupukan : Selanjutnya adalah melakukan pemupukan, pemberian pupuk dengan kompos atau npk dengan dosis 25-30 gram per tanaman jika tanaman sudah berusia sekitar 1-2 bulan.  Selain itu juga ada bisa menggunakan dengan za dosis 25 gr / tanaman pada usia 1 bulan.

Biasanya bunga matahari akan mulai berbunga saat berusia sekitar 3 – 4 bulan. Pada 1 batang tanaman akan menciptakan bunga sekitar 10 hingga 12 buah.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Matahari Untuk Pemula (Sukses) yang dapat dijelaskan secara singkat dan padat oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Budidaya Kacang Tunggak

admin
3 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read