Cara Menanam Bunga Lily

2 min read

Cara Menanam Bunga Lily

Cara Menanam Bunga Lily – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Lily. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bunga Lily


Nama lily ataupun lilium merupakan wujud latin berasal dari kata Yunani leirion. Corak putihnya nampak suci. Kelopaknya yang besar serta mengecil, melengkung dengan indah serta anggun.

Tiap mekar, senantiasa terbuka sempurna. Harumnya terasa lembut, membuat hati terasa tenang.

Terdapat sebagian tumbuhan yang pula diucap sebagai lily, namun sesungguhnya wujud maupun jenisnya jauh berbeda dari lily yang sesungguhnya.

Tipe bunga lily yang popular merupakan bagaikan berikut: madonna lily, tiger lily, asiatic lily, oriental trumpet, rubrum lily, canna lily (tropis), calla lily, daylily serta wild lily.

Asiatic lily serta bunga lili oriental lebih kerap terjadi dibelahan bumi utara.

Bunga Lili/Bunga Lily ataupun Bunga Bakung (Lilium Candidum L.) merupakan tipe bunga yang berasal dari wilayah dataran mediterania serta Asia Barat.

Bunga lily ini mempunyai kelopak corong lancip dikala belum mekar, bunga lili ini pula indah serta wangi dikala mekar ada bermacam warna bunga lily.

Semacam bunga lili merah, putih, kuning, pink, kuning, oranye, ungu sampai nyaris gelap, serta ada pula warna berbentuk bercak-bercak.

Klasifikasi ilmiah

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida
  • Ordo: Liliales
  • Famili: Liliaceae
  • Genus: Lilium

Bunga lili memiliki Flavonoid, Karotenoid, Sapion, Polisakarida, Pati, Colchicine, Protein serta Lemak. Dengan isi tersebut, bunga lili ini mempunyai bermacam khasiat.

Berikut sebagian khasiat bunga lily: membantu menyembuhkan demam, anti kanker, menolong merendahkan kolestrol, buat obat cedera serta lain sebagainya.

Baca Juga:  Kandungan Gizi Apel

Metode Menanam serta Merawat Lily Putih

Pemilihan benih umbi

Tahap awal ialah tahap pemilihan benih umbi. Tahap ini dicoba dengan metode memilah benih umbi yang tidak mempunyai susunan luar.

Jangan memilah benih yang masih mempunyai susunan kulit luar, karena hendak sangat sulit berkembang. Setelah itu jalani penanaman pada benih umbi yang sudah diseleksi.

Pembuatan lubang tanam

Tahap kedua ialah pembuatan lubang tanam. Lubang yang diperlukan pada tahap penanaman ialah hampir 10–15 centimeter dengan berikan jarak tanam nyaris 15 centimeter supaya mempermudah tumbuhan buat menangkap cahaya matahari.

Saat sebelum meletakkan benih umbi, hendaknya letakkan terlebih dulu pupuk kandang pada dasar lubang buat membantu proses penyuburan.

Letakkan benih umbi serta tutup benih tersebut dengan tanah ataupun kompos. Jalani penyiraman sampai tanah nampak lembab. Perihal ini sangat menolong proses perkembangan.

Pemberian Mulsa

Tahap yang ketiga ialah pemberian mulsa. Tahap ini bertujuan buat memberikan proteksi pada pangkal pada bunga lili putih dikala cuaca yang tidak menentu.

Pakai mulsa yang tidak mengundang siput. Seleksi pula mulsa yang dalam kondisi sehat, perihal ini bertujuan supaya mulsa bisa bertahan lama. Jangan asal ambil mulsa.

Cara Menanam Bunga Lily


Pemupukan Bunga Lily

Pemupukan ini hendaknya wajib dicoba dikala pangkal bunga lili telah mulai berkembang.

Akan namun, pemberian pupuk tersebut pula jangan sangat banyak sebab tumbuhan bunga lili lumayan kokoh serta tidak hendak memerlukan banyak pupuk.

Berikan pupuk yang biasa digunakan buat suatu tumbuhan umbi. Pemberian pupuk ini pula dapat dicoba sehabis satu bulan semenjak pemupukan awal.

Penyiraman serta Pemangkasan Bunga Lily

Lakukan suatu penyiraman seperlunya saja, sebab tumbuhan lily ini tidak membutuhkan banyak air.

Tidak hanya penyiraman, perawatan pula butuh dicoba supaya pada tumbuhan lily senantiasa berbunga ialah pemangkasan.

Jalani pemangkasan sepertiga batang beserta bunganya serta perkenankan bagian yang tersisa senantiasa berkembang serta menciptakan bunga kembali.


Metode Merawat Tumbuhan Bunga Lily Putih

Tentukan posisi buat menanam umbi bunga lily putih. Tempat yang terbaik ialah salah satu tempat yang mempunyai drainase serta pula tersinari oleh matahari (minimun selama setengah hari) secara lumayan.

Baca Juga:  Manfaat Tomat

Bila kita salah-salah dalam memastikan posisi dalam menanam bunga lily putih ini hendak menimbulkan daun bunga terserang jamuran.

Bila telah membeli umbi bunga lili maka kita pula bisa lekas menanamnya dalam tanah. Bila memanglah belum pernah buat dapat menanamnya, alangkah baiknya buat ditaruh dalam tempat yang lumayan dingin serta hitam semacam lemari pendingin.

Perihal tersebut buat suatu penangkalan supaya umbi bunga lily ini tidak berkembang tunas, sebab bila telah berkembang tunas maka Kamu pula wajib lekas menanamnya.

Metode menanam umbinya juga lumayan gampang. Kamu cuma butuh menggali lubang dengan kedalaman hampir 10–15 centimeter.

Sengan lebar menyamai jumlah umbi bunga lily putih yang hendak ditanam (15 centimeter bisa jadi jarak antar umbi bunga lily putih).

Sehabis ditanam serta diberi pupuk tutup kembali dengan tanah serta lekas siram, supaya tanah yang bersentuhan dengan umbi bunga lily putih jadi lembab.

Sehabis itu bila dirasa temperatur diluar hendak jadi dingin, kita bisa berikan mulsa ataupun jerami diatas tanah tempat bunga lily ditanam buat menjauhi bunga lily dari temperatur rendah.

Setelah itu bunga ini bisa diberi pupuk serta disiram secara teratur supaya pertumbuhannya hendak senantiasa baik sepanjang tahun.

Sehabis tumbuhan bunga lilu putih berkembang serta mulai masa berbunga, Kamu bisa memangkas tumbuhan tersebut paling tidak 1/3 batangnya supaya bunga lily senantiasa terangsang pertumbuhannya buat tahun-tahun selanjutnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Lily, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.