Cara Menanam Bunga Baby Breath

3 min read

Cara Menanam Bunga Baby Breath

Cara Menanam Bunga Baby Breath – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Baby Breath. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bunga Baby Breath


Gypsophila sendiri berasal dari bahasa Yunani ialah gypsum maksudnya gipsum (mineral berbentuk batu putih yang tercipta akibat endapan air laut) sebaliknya philios maksudnya menyayangi.

Sehingga maksudnya kurang lebih “menyayangi gipsum” merujuk pada rujukan kalau tumbuhan ini berkembang di tempat yang kaya hendak substrat gipsum.

Gypsophila paniculata ataupun yang lebih populer dengan nama Baby’s breath yakni tipe tumbuhan hias yang berasal dari Eropa Timur.

Terdapat hampir 55 spesies Gypsophila yang ditemui di Eropa, Asia, serta Mediterania Timur.

Tumbuhan ini tercantum dalam Caryophyllaceae yang adalah sejenis bunga anyelir. Habitat alaminya merupakan stepa, tempat berpasir serta berbatu, ataupun tanah berkapur.

Bunga ini berasal dari Eropa Timur serta Eropa Tengah serta tersebar luas ke negara yang lain.

Bunga ini sangat terkenal sebagai tumbuhan hias perkebunan, apalagi di Negara Peru bibit bunga baby breath ini dibudidayakan serta bunganya dijadikan komoditas bunga ekspor.

Sebab banyak sekali florist yang memakai bunga ini paling utama sebab banyaknya permintaan buat kegiatan perkawinan.

Sehingga bunga tipe ini mempunyai penghargaan bagaikan bunga opsi buat kegiatan perkawinan yang berlangsung di perkebunan.

Bunga baby breath memiliki waktu mekar bunga yang lumayan lama, baby breath dapat mekar dari awal masa semi sampai akhir masa gugur.

Waktu berkembang bunga ini pula cuma memerlukan waktu 8 hingga 12 minggu dari bibit bunga baby breath jadi bunga yang bermekaran.


Panduan Menanam Bunga Baby Breath

Pada dasarnya bunga ini mempunyai 2 corak, ialah bunga baby breath pink serta putih.

Berikut ini ialah 5 panduan gampang yang dapat Kamu jalani buat menanam bunga baby breath di rumah, antara lain merupakan:

Baca Juga:  Cara Menanam Okra

Mempersiapkan Bibit Bunga Baby Breath

Saat sebelum menanamnya, Kamu butuh mempersiapkan bibit bunga baby breath dengan membelinya di penjualan bunga secara langsung ataupun online.

Memilih bibit bunga yang berdimensi sama, dan bermutu, Kamu dapat mencermati kemasannya.

Pastikan bibit dibungkus apik dengan kondisi tidak lembab serta kering. Tidak hanya itu, Kamu pula dapat mencermati kelayakan tanam pada bibit dengan merendamnya di suatu wadah.

Bila bibit terapung berarti bibit tersebut tidak siap tanam, demikian juga kebalikannya.

Penyiapan Media Tanam Baby Breath

Buat pemakaian media tanam sendiri Kamu dapat memilah buat menanam nya langsung di tanah ataupun menanam bunga baby breath dalam pot. Pastikan posisi tanam terletak di tempat yang jauh dari limbah dan dapur.

Apabila Kamu menanam langsung di tanah, Kamu perlu membenarkan tanah tersebut baik serta bertekstur lembut.

Bilas lahan tumbuhan dari rumput liar dan bebatuan yang hendak membatasi perkembangan tumbuhan. pH tanah yang bagus ialah diatas 6-7.

Apabila PH sangat asam Kamu bperlu memberikan kapur dolomit terlebih dulu, sambil memberikan pupuk.

Gemburkan tanah dan memberikan pupuk kandang dengan banding 2:1. Buat lubang tanam pada media tanam yang digunakan.

Bila Kamu menanamnya di lahan pekarangan rumah, Kamu dapat membuat lubang tanam sesuai dengan lapisan yang di inginkan.

Bila memakai pot wajib berdiameter hampir 20-30 centimeter. Isi pot memakai tanah yang tercampur pupuk kandang dan arang sekam, sehabis itu buat lubang tumbuhan sebesar 5 centimeter serta sedalam 5 centimeter.

Cara Menanam Bunga Baby Breath


Penyemaian Bunga Baby Breath

Ada pula perihal yang wajib kamu jalani saat sebelum melaksanakan metode menanam bunga baby breath.

Ini ialah metode terutama yang wajib benar-benar kamu jalani dengan pas. Ialah penyemaian, serta berikut ialah langkah-langkah tepatnya:

  • Awal siapkan media semai terlebih dulu berbentuk tray maupun polybag, kemudian sajikan tanah semai.
  • Buat tanah semai kamu dapat buatnya sendiri dengan mengombinasikan tanah yang gembur dengan pupuk kandang serta sedikit sekam.
  • Sehabis itu taburkan benih ke media semai serta tutupi dengan tanah semai.
  • Sehabis itu siram benih dengan media spray tiap pagi serta sore, letakkan media pada tempat yang mempunyai lumayan cahaya serta perkenankan sampai benih bertunas dengan ketinggian dekat 3 centimeter sampai 5 centimeter buat siap dipindahkan.
Baca Juga:  Pengertian Budidaya : Manfaat, Contoh, Tujuan Dan Kesimpulan

Pemindahan Bunga Baby Breath

Ada pula metode pemindahan bibit bunga baby breath dari media semai dalam metode menanam bunga baby breath. Serta berikut ialah uraian menimpa metode pemindahan yang pas:

  • Perhatikan kalau kamu telah membuat lubang tanam terlebih dulu, kemudian kamu dapat memisahkan bibit baby breath dari media semainya.
  • Buat memisahkannya kamu tidak boleh langsung mencabutnya begitu saja, kamu dapat memakai perlengkapan berbentuk sekop kecil.
  • Serta buat memisahkan tanah dari bibit, kamu dapat menggoyangkannya lama-lama. Upayakan kalau bibit merupakan bibit yang bermutu dengan karakteristik yang utuh serta tidak cacat.
  • Paling utama perhatikan bagian akarnya, jangan sampai rusak serta masukkan bibit ke dalam lubang tanam kemudian tutuplah lubang tanam dengan tanah kombinasi.
  • Taburkan pupuk di atas media tanam serta jangan lupa buat memadatkan tanah supaya tumbuhan bisa berdiri dengan kuat.

Perawatan Bunga Baby Breath

Sehabis menanam bunga baby breath, kamu pula wajib melaksanakan perawatan supaya keindahannya senantiasa terpelihara.

Buat merawatnya tidaklah sangat susah, kamu cuma butuh melaksanakan penyiraman, pemupukan serta bermacam perihal yang lain semacam menjaga tumbuhan hias yang lain. Buat lebih jelasnya, berikut rinciannya:

  • Penyiraman wajib dicoba dengan pas serta teratur minimun 1 kali dalam satu hari memakai tata cara spray.
  • Kamu dapat melaksanakan pemupukan lanjutan tiap 2 minggu sekali sambil melaksanakan penyiangan serta memberikan nutrisi bonus tiap seminggu sekali.
  • Lakukanlah proses perawatan tersebut sebab ini ialah salah satu perihal terutama dalam metode menanam bunga baby breath.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Baby Breath, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.