Cara Menanam Bunga Asoka Dan Perawatannnya

5 min read

Cara Menanam Bunga Asoka Dan Perawatannnya

Cara Menanam Bunga Asoka Dan Perawatannnya – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Asoka. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bunga Asoka Dan Perawatannnya


Bunga Asoka dikenal pula dengan nama latin Saraca Indica. Berbeda dengan bunga hias yang lain, bunga Asoka tercantum jenis bunga yang unik karena tumbuh secara bergerombol.

Tidak cuma bentuknya yang berbeda, bunga Asoka tercantum bunga yang tidak memiliki keharuman semacam bunga mawar dan bunga yang yang lain.

Salah satu tata cara pemanfaataan bunga Asoka ini ialah dengan merebusnya bersama dengan daunnya.

Bunga Asoka sendiri tercantum banyak zat positif yang dapat menetralisir racun yang ada didalam tubuh, semacam misalnya: zat tannin, zat organik, zat besi, serta zat hematoksilin.

Biasanya bunga Asoka dimanfaatkan buat:

  • Obat wasir
  • Obat luka memar,
  • Obat keram betis, dan
  • Melancarkan haid yang tidak teratur

Tanaman asoka ialah tanaman yang dikira suci oleh agama Hindu. Pohonnya menciptakan harum pada malam hari di bulan April dan Mei masing- masing tahunnya. Tanaman ini sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian.

Di Indonesia, dikenal 2 jenis bunga asoka, yakni tanaman asoka yang tumbuh menjulang besar tanpa ranting maupun diucap pula glodokan tiang( Polyalthia Longifolia).

dan asoka biasa( Polyalthia sp.) yang memiliki ranting dan berdaun runcing. Biasanya tanaman ini digunakan buat penghijaun maupun tanaman hias.

Orang- orang Eropa sering menyebut tanaman ini Flame of the Wood maupun api dari hutan karena warna bunganya yang cerah serta mencolok semacam api.

Tanaman asoka berbunga kala menjelang masa hujan tiba. Bunganya dapat bertahan sejauh 3- 4 bulan.

Biasanya buat memperbanyak tanaman ini, sang pemilik hendak melakukan pencangkokan maupun lewat biji langsung. Buat penjaannya sendiri, bunga tanaman ini cukup dipupuk sekali sejauh 3 bulan.

Bunganya dapat digunakan buat mengobati disentri hemoragik dengan tata cara ditumbuk halus serta dicampur air, sehabis itu bunga ini pula bisa dipakai bagaikan obat buat orang yang haidnya tidak tertib.

dan dapat mengobati luka memar dengan meminum air rebusan dari bunga asoka yang ditambah bunga mawar kering dan umbi daun dewa.


Ciri Karakteristik Bunga Asoka

Apabila kalian masih bingung dengan bentuk dari tanaman bunga Asoka, berikut bukti diri dari tanaman bunga Asoka:

  • Bunga Asoka tumbuh secara majemuk maupun bergerombol. Berbeda dengan bunga mawar maupun bunga yang lain yang tumbuh satu persatu.
  • Bunga Asoka memiliki sebagian warna. Warna yang sangat umum ditemui ialah merah, kuning, serta orange.
  • Namun sebagian waktu terakhir, sudah banyak ilmuwan yang tingkatkan bibit bunga Asoka yang nantinya hendak bercorak lebih bermacam- berbagai.
  • Ukuran daun tanaman bunga Asoka cukup kecil dengan bentuk oval dimana masing- masing sisi daunnya bergerigi dan meruncing.
  • Tanaman bunga Asoka dapat tumbuh mencapai besar 7 meter.
  • Tanaman bunga Asoka memiliki batang yang keras.

Langkah Cara Penanaman Asoka

Apabila kalian tertarik buat menanam bunga Asoka dihalaman rumah, berikut ialah tata cara menanam bunga Asoka yang dapat kalian jadikan panduan:

  • Persiapan Bibit

Ada 2 aktivitas mendapatkan bibit tanaman bunga Asoka. Yakni dengan tata cara stek dan pula dengan tata cara cangkok.

Baca Juga:  Cara Budidaya Timun Jepang Dan Syarat Tumbuhnya

Indukan tanaman Asoka yang hendak kalian stek maupun cangkok harusnya indukan yang produktif dan berbunga mempesona biar sifat yang sama diwariskan pula kepada tanaman yang hendak kalian tanam nanti.

Buat stek, jenis batang yang bisa kalian pilih bagaikan bibit stek haruslah batang yang sudah berusia maupun batang tua. Biasanya batang tua( rempalan) ini berukuran dekat 15cm.

Apabila sudah membenarkan rempalan, potong batang dengan mengenakan gunting tanaman yang tajam maupun peralatan sejenisnya biar hasil potongan apik.

Pastikan peralatan potong yang kalian gunakan ialah peralatan potong yang bersih dan higienis. Konsumsi peralatan potong yang kotor dapat memunculkan tanaman terserang penyakit.

Lekas masukkan rempalan kedalam air biar kesegaran rempalan tidak menyusut dikala saat sebelum akhirnya nanti dimasukkan kedalam media semai.

Sama semacam stek, jenis batang yang bisa kalian pilih buat mencangkok ialah yang sudah berusia.

Sehabis membenarkan zona cangkok pada batang, kupas kulit batang zona tersebut sampai dengan memegang lapisan cambium batang.

Sehabis mengupas, tutup bagian tersebut dengan campuran tanah dan pupuk kandang,

Tutup campuran tanah dan kompos dengan plastik maupun sabut kelapa( apabila mengenakan plastik, pastikan plastik sudah diberikan sebagian lubang buat tempat pangkal dan air keluar).

Ikat tutupan tersebut dengan tali plastic di sisi- sisinyas. Siram dengan air.

  • Penyemaian

Bunga Asoka tercantum tanaman yang membutuhkan proses penyemaian buat dapat tumbuh dengan baik.

Mengenai ini dimaksudkan buat memberikan perawatan serta waktu buat bibit buat membiasakan diri dengan zona yang baru.

Apabila bibit yang barus dipindahkan tampaknya tumbuh dengan baik, barulah sehabis itu bibit tersebut dipindahkan ke tempat yang di idamkan.

Buat mempersiapkan tempat penyemaian, ada sebagian Mengenai yang harus disiapkan. Semacam misalnya plastik polybag, tanah gembur, serta pupuk kandang bagaikan pupuk dasar.

Campuran dari pupuk kandang dan tanah gembur ialah 1: 1 maupun jumlah dari keduanya sama banyak. Berikut sebagian langkah buat tahap penyemaian bunga Asoka:

Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang kedalam polybag. Sehabis polybag setengah terisi, masukkan bibit yang didapat dari stek.

Buat bibit hasil cangkok, pastikan tali serta plastik maupun sabut kelapa yang membungkus tanah dan batang dilepas namun jangan hingga tanahnya rontok dikala saat sebelum dimasukkan kedalam polybag.

Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang sampai pangkal dari stek maupun cangkokan tertutup dan tanah mengisi penuh polybag. Pastikan bibit berdiri dengan tegak.

Siram dengan air 1 kali dalam satu hari buat melindungi kelembapan tanah. Kelembaban tanah yang terpelihara hendak menjadikan pangkal tumbuh lebih kilat.

Sehabis dekat 2 minggu maupun daun muda sudah mulai tumbuh banyak, pindahkan semaian ke tempat yang di idamkan.

Sehabis itu, mari kita lanjut mengidentifikasi tata cara menanam bunga asoka dengan benar.

  • Penanaman

Tanaman bunga Asoka biasanya dijadikan bagaikan tanaman hias yang diletakkan di halaman rumah.

Namun, dikala saat sebelum dipindahkan, Mengenai yang perlu dicoba ialah membuat lubang tempat tanaman bunga Asoka nantinya ditempatkan.

Pada lubang- lubang ini, kalian bisa memasukkan campuran tanah gembur serta pupuk kandang bagaikan media dasar dikala saat sebelum bibit hasil semaian tanaman bunga Asoka dimasukkan kedalam lubang.

Sama semacam pada disaat penyemaian, bibit yang baru dipindahkan harus berdiri dengan tegak jangan sampai miring karena hendak mempengaruhi bentuk dari tanaman bunga Asoka disaat tumbuh nanti.

Baca Juga:  Daun Sukun : Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Kesehatan

Waktu penanaman yang cocok ialah pada disaat pagi maupun sore hari., karena disaat itu matahari lagi bersinar dengan terik yang hendak mempengaruhi kelembapan serta temperatur tanah.

Pada pagi maupun sore hari, kelembapan serta temperatur tanah tidak setinggi pada disaat siang hari sehingga sangat cocok buat bibit tanaman bunga Asoka buat membiasakan diri.

Sehabis penanaman dicoba, yang perlu kalian lakukan selanjutnya ialah menyiramnya dengan air. Usahakan air yang digunakan buat menyiram ialah air yang mengalir maupun air yang bersih.

Air yang keruh maupun kotor mempunyai banyak bakteri maupun bibit- bibit penyakit yang bisa menulari bibit tanaman bunga Asoka yang kalian tanam sehingga tidak tumbuh secara optimal sesuai keinginan kalian.

Satu Mengenai yang harus diperhatikan tentang tanaman bunga Asoka ialah pasokan dari sinar matahari yang didapatkannya.

Tanaman bunga Asoka harus mendapatkan sinar matahari yang cukup biar proses fotosintesis dari tanaman bunga Asoka tidak tersendat dan proses perkembangan serta pertumbuhan tanaman berjalan dengan maksimal.

Cara Menanam Bunga Asoka Dan Perawatannnya


Perawatan Tumbuhan Asoka

Tidak cuma tata cara menanam bunga Asoka yang mudah, tata cara perawatan tanaman bunga Asoka pula tercantum sangat mudah buat dicoba.

Sebagian Mengenai yang bisa dicoba dalam perawatan tanaman bunga Asoka.

  • Pupuk lanjutan

Tanaman bunga Asoka biasanya diberikan pupuk lanjutan sehabis satu bulan dipindahkan dari media semai ke lahan tanam.

Namun yang harus kalian perhatikan disini ialah jenis pupuk yang hendak digunakan bagaikan pupuk lanjutan. Usahakan kalian mengenakan pupuk daun bukan pupuk buah.

Karena apabila salah memberikan pupuk, sudah dapat didetetapkan tanaman bunga Asoka yang kalian tanam tidak hendak tumbuh secara optimal.

Semacam namanya, pupuk buah biasanya digunakan bagaikan pupuk lanjutan pada tanaman yang buahnya bisa dimakan. Guna dari pupuk ini ialah merangsang tanaman buat berbuah lebih banyak dan kilat.

Tidak jauh berbeda dengan pupuk buah, pupuk daun ialah pupuk yang difungsikan buat merangsang tanaman tingkatkan banyak daun dan bunga.

Biasanya pupuk bunga memanglah digunakan buat tanaman hias yang kelebihannya terletak pada daun maupun bunga.

  • Penyiangan

Sama semacam tanaman yang lain, kalian pula harus mendengarkan banyaknya gulma yang tumbuh di sekitaran tanaman bunga Asoka.

Penyiangan gulma ini sangat berarti karena gulma tercantum tanaman liar yang sangat berbahaya buat tanaman yang kalian tanam.

Mereka dapat mengambil nutrisi yang terletak di dalam tanah yang dibutuhkan oleh tanaman yang ditanam dan biasanya hama- hama yang dapat menyerang tanaman tetap bersembunyi dibalik gulma.

Tidak cuma dari kedua aspek tersebut, karena tanaman bunga Asoka tercantum tanaman hias, keberadaan dari gulma secara otomatis hendak mengurangi keelokan dari tanaman bunga Asoka yang kalian tanam.


Masa Berbunga Asoka

Tanaman bunga Asoka biasanya sudah mulai berbunga pada disaat memasuki masa penghujan dimana salah satu faktornya ialah kelembapan tanah yang terpelihara pada disaat itu.

Bunga Asoka yang berkembang dan mekar biasanya bisa bertahan sampai dengan 3 bulan.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bunga Asoka, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih