Cara Menanam Buah Plum : Karakteristik, Lahan dan Masa Panen

Posted on

Cara Menanam Buah Plum : Karakteristik, Lahan dan Masa Panen – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Buah Plum.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Buah Plum : Karakteristik, Lahan dan Masa Panen


Buah plum meruapakan buah dari subgenus Prunus. Buah ini banyak digunakan sebagai konsumsi makanan sehat seperti plum kering. Saat buah telah matang, buah akan dilapisi dengan lapisan putih berlilin.

Dengan lingkungan yang tepat, buah bisa tumbuh dengan subur dan banyak buah. Biasanya pohon akan dipangkas pada ketinggian 5 hingga 6 meter. Pohon bisa mencapai ketinggian 12 meter dan panjang 10 meter.

Plum sendiri adalah termasuk keluarga Rosaceae. Pada genus Prunus ada sekitar 200 spesies. Banyak ditanam Selain sebagai komoditi, juga menjadi tanaman kebun dan perindang halaman rumah.

Pohon ini menghasilkan bunga awal musim semi. Saat berbunga,pohon plum akan ditutupi bunga.Di kondisi yang tepat,sekitar 50% bunga akan diserbuki dan menjadi buah.

Pohon plum tak bisa tumbuh di daerah terlalu kering. Jika iklim terlalu kering, pohon ini tidak akan berkembang . Buah akan jatuh dari pohon saat masih muda.Tapi jika iklim terlalu basah maka buah bisa beresiko busuk.

Buah plum tidak cuma dapat ditanam di lahan yang luas, buah plum ini pula dapat berkembang dengan baik dalam pot maupun polybag.

Baca Juga:  Tanaman Ciplukan : Habitat, Pemakaian, Manfaat Dan Mencegah

Lakukan penanaman dengan metode mencangkoknya. Cuma dalam kurun waktu dekat 1- 2 bulan pasca cangkok, bibit tumbuhan buah plum ini siap dipindahkan ke dalam pot.


MetodePenanaman Buah Plum di Berbagai Lahan

Bila tumbuhan inangnya sudah siap, bibit buah plum bisa ditanam. Bila dibudidayakan di lahan, butuh dibuatkan lubang tanam dengan kedalaman 10- 15 centimeter dengan jarak tanam antar bibit buah plum hendaknya dekat 3 m.

Menanam Plum di Dataran Rendah

Budidaya tumbuhan ini bisa dicoba dikala bibit mempunyai ketinggian dekat 1 m. Bibit ini ditanam di dataran rendah. Ketinggian tanah sangat berarti.

Perihal ini sebab bila ditanam di dataran besar 580 m di atas permukaan laut, hingga perkembangan kurang optimal. Pada area berkembang yang tidak pas, tumbuhan hendak jadi kurang produktif.

Dengan area yang baik, hingga hasil buah hendak maksimal dimensi serta jumlahnya. Buah ini mempunyai corak hijau dikala masih muda.

Sebaliknya buah yang matang hendak bercorak coklat kehitaman. Perihal ini diisyarati dengan tekstur buah yang lumayan lunak bila ditekan.

Buah plum ini sesuai buat budidaya komersial dan menaikkan keanekaragaman spesies buah di Indonesia.

Menanam Plum di Dalam Pot( Tabulampot)

Tumbuhan ini tidak cuma bisa ditanam di zona yang luas, namun pula bisa berkembang dengan baik di pot. Jalani penanaman dengan metode mencangkok buat bisa hasil panen lebih kilat serta buah rimbun.

Cuma dalam kurun waktu dekat 3- 4 bulan sehabis proses cangkok, bibit buah plum ini siap buat dipindahkan ke pot.

Metodenya merupakan menggabungkan tanah dengan pupuk dari kotoran ternak. Dapat dari kotoran sapi ataupun kambing, dengan perbandingan 1: 1.

Pemakaian pupuk kandang dicoba buat mengoptimalkan kesuburan tanah. Sebab tumbuhan tersebut perlu nutrisi supaya berkembang dengan baik. Tidak hanya pemupukan, dikala menanam bibit dalam pot, pula dibutuhkan air.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dengan Benar

Proses penyiraman bisa dicoba sekali satu hari bila media tanam telah mulai kering. Tabulampot tumbuhan buah ini wajib diletakkan di posisi yang langsung terserang cahaya matahari.

Dengan begitu, perkembangan buah plum akan jadi lebih optimal.

Cara Menanam Buah Plum : Karakteristik, Lahan dan Masa Panen

Menanam Plum di Perkebunan

Buat tujuan komersial, menanam buah plum memanglah direkomendasikan di tempat terbuka, luas serta terserang cahaya matahari langsung. Buat tata cara ini, berbeda dengan menanam tabulampot plum.

Saat sebelum menanam bibitnya, hingga wajib membuat dahulu lubang tanam. Kedalamannya adalahdekat 20- 40 centimeter. Jarak antara bibit nantinya paling tidak dekat 6 m.

Perihal ini disebabkan diameter tumbuhan bisa menggapai lebih dari 10 centimeter pada dikala tumbuhan telah mulai berbuah serta produktif.

Masa Panen Buah Plum

Kala diameter tumbuhan plum menggapai 5- 10 centimeter, plum telah mulai berbuah. Buah plum baru betul- betul dapat dipanen kala plum berumur dekat 3 tahun.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Buah Plum : Karakteristik, Lahan dan Masa Panen , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.