Cara Menanam Buah Bit Mudah Dan Sukses

3 min read

Cara Menanam Buah Bit Mudah Dan Sukses

Cara Menanam Buah Bit Mudah Dan Sukses – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Buah Bit. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Buah Bit Mudah Dan Sukses


Buah Bit ialah sejenis umbi yang masuk dalam kelas Beta vulgaris dan tercantum dalam subspesies vulgaris Conditiva.

Buah bit memiliki warna merah keungguan dan biasanya buah bit digunakan campuran santapan, pewarna santapan alami serta pula dapat dimanfaatkan bagaikan obat.

Tanaman buah bit berasal dari Swedia dan Britania, dan hendak tumbuh baik pada daerah dataran besar dengan hawa yang dingin. Di Indonesia kebun buah bit dapat di jumpai di daerah dataran besar Jawa Barat.

Banyak yang mencari buah bit bukan hanya buat komsumsi saja, melainkan buat memakannya bagaikan obat yang dapat menjauhi penyakit dan membersihkan tubuh dari kotoran maupun racun.

Setelah itu, gimana budidaya tanaman bit. Sebetulnya tanaman bit tidak sangat sulit maupun rewel dalam membudidayakannya. Berikut tahapan gimana budidaya tanaman bit.


Ketentuan Berkembang Buah Bit

Bit hanya dapat tumbuh dengan baik di dataran besar yang ketinggiannya lebih dari 1. 000 m dpl. Hendak tetapi, jenis bit putih dapat ditanam pada daerah dengan ketinggian 500 m dpl.

Walaupun dapat pula tumbuh di dataran rendah, namun bit tidak mampu membentuk umbi. Tanah yang dikehendaki buat pertumbuhannya ialah tanah gembur, banyak mempunyai humus, dan lembap.

Tanah- tanah alluvial yakni tanah yang cocok buat pertumbuhannya dengan derajat keasaman maupun pH antara 6- 7.


Langkah Cara Menaman Buah Bit

  • Fase Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah pasti jadi fase dini yang harus dicoba. Kalian hanya harus membajak dan mencangkul, usahakan agak dalam dekat 30 cm.

Baca Juga:  Kandungan Buah Bit Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Pada waktu yang sama kalian pula bisa memberikan pupuk kandang sebanyak½ kg masing- masing 2 meter. Dengan begitu tanah hendak terpupuk dan produktif, sehabis itu ratakan dan haluskan kembali.

Siapkan alur dengan mencangkul dan membuat jarak alur sebesar 30 cm.

  • Pembibitan

Buah bit dapat mengenakan biji maupun benih yang langsung ditanam. Bisa pula kalian mendapatkannya dengan tata cara setek.

Namun dikala saat sebelum penanaman ada baiknya biji disemai dulu di baby bag maupun tempat istimewa penyemaian dikala saat sebelum ditanam ke tanah langsung.

Biji bit memanglah masih harus membeli dari luar negeri karena buah bit agak sulit buat berbunga di Indonesia. Namun Mengenai tersebut jangan jadi halangan kalian buat tetap berbudidaya buah bit.

  • Penanaman Buah Bit

Dikala saat sebelum penanaman sudah dicoba pengolahan tanah bentuk beralur. Sampai biji ditaburkan merata disepanjang alur, apabila biji ingin langsung disemai di lahan.

Namun apabila sudah berbentuk benih sampai pindahkan dikala saat sebelum besar dan tanam. Hanya butuh waktu satu minggu, sampai biji hendak tumbuh dan tanaman sudah terlihat mencuat.

Pindahkan secara hati- hati, karena pangkal tersebut yang hendak jadi bakal buah dikemudian hari.

  • Pemeliharaan Bibit

Penjarangan dicoba kala memelihara tanaman bit pada waktu menanam. Kalian dapat melakukan penjarangan kala berusia 3- 4 minggu. Tanaman yang tumbuhnya tidak maksimal bisa kalian cabut dan sehabis itu mengganti yang baru maupun disulam.

Dengan begitu tanaman yang sudah membentuk 2- 3 tunas, tunas yang lemah sebaiknya dicabut saja biar tidak mengusik tanaman maupun tunas yang kuat. Penjarangan diatur sehingga jaraknya jadi 15- 20 cm.

Pada usia tanaman 4- 5 bulan rumput hendak sering mencuat dan Mengenai tersebut tentu harus diperhatikan. Adanya rumput hendak mengusik tumbuhnya umbi dalam tanah dan buah bit hendak kekurangan nutrisi.

Ada baiknya kalian melakukan penyiangan. Sebetulnya kala sudah ada rumput liar kalian sudah bisa melakukan penyiangan, tidak harus menunggu 5 bulan.

Gulma yang tumbuh dapat menyerap air dan nutrisi dalam tanah dan membuat hasil umbi tidak bermutu.

  • Pemupukan dan Pemberantasan Hama

Pemupukan dapat dicoba dengan mencampurkan ZA, DS dan ZK. Pemupukan dicoba menyebar di kanan dan kiri barisan tanaman dengan jarak 5 cm dari batang.

Baca Juga:  Budidaya Belimbing Wuluh

Tidak cuma itu perhatikan pula hama dan penyakit. Apakah ada hama dan penyakit yang menyerang. Apabila ada, baiknya diberikan pestisida maupun pemberantas hama dan penyakit secara organik. Biar tidak terserap oleh buah bit.

Masa Panen Buah Bit

Pemanenan dicoba pada usia 2- 3 bulan. Jangan terlambat dalam memanen buah bit, karena apabila terlambat buah bit hendak jadi keras dan berkayu.

Tata cara memanen buah bit yakni dengan mencabutnya hingga umbinya keluar, dan jangan memotong bagian batangnya biar mengurangi proses penguapan dan buah hendak tetap bagus dan segar.

Berikut rangkaian proses panen hingga pasca panen tanaman bit:

  • Panen

Kala panen tanaman bit, dicoba hanya dengan mencabut umbi bit tersebut dari dalam tanah. Bisa mengenakan tata cara manual, namun tetap hati- hati biar buah bit tidak rusak, misalnya tergores terlebih rusak.

  • Pengumpulan

Kala panen telah usai, sampai letakkan buah bit tersebut dalam wadah- wadah yang sesuai, misalnya keranjang. Bawa hasil panen tersebut pada tempat penampungan, usahakan tempat penampungan tidak jauh dari kebun.

Apabila tempat cukup jauh, sampai jaga kondisi buah bitnya biar kualitas tidak menurun. Dan jauhkan dari sengatan sinar matahari.

Cara Menanam Buah Bit Mudah Dan Sukses

  • Pemotongan Batang

Sehabis pemanenan berakhir dan dikala saat sebelum dicoba pengangkutan buah bit ke penampungan, alangkah lebih baik apabila batang yang menempel pada umbi di bilas terlebih dahulu guna mengurangi penguapan pada umbi.

Jangan mengenakan pisau, buat mengurangi penguapan. Jadi kala melakukan pemotongan batang lakukan secara manual, yakni mengenakan tangan.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Buah Bit, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih