√ Cara Menanam Bengkuang yang Benar (Panduan Lengkap)

2 min read

√ Cara Menanam Bengkuang yang Benar (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Bengkuang yang Benar (Panduan Lengkap) – Pada kesempatan kali ini Berkebun.co.id, akan membahas tentang cara menanam bengkuang yang benar, yang akan dijelaskan secara lengkap dan terperinci melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Bengkuang yang Benar (Panduan Lengkap)

Anda semua pasti sudah tidak asing lagi dengan buah umbi bengkoang yang satu ini, selain rasanya yang segar apalagi dibuat rujak, buah ini juga kaya akan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya adalah kaya akan antioksidan, yang berfungsi untuk melindungi terhadap kerusakan sel tubuh dengan cara menagkal radikal bebas. Menjaga kesehatan hati, selain itu juga bengkoang mengandung kalium yang membantu menurunkan tekanan darah, dengan cara melenturkan pembuluh darah. Dan masih banyak lagi manfaat dari bengkuang ini.

Berikut ini adalah ciri-ciri tanaman dan buah bengkuang :

  • Memiliki batang yang membelit dan menjalar
  • Daunnya majemuk menyirip berjumlah tiga daun dalam satu tangkai dengan bentuk daun bulat telur melebar atau belah ketupat dengan bagian ujung daun meruncing dan bergerigi serta berambut pada bagian atas dan bawah daun
  • Panjang tangkainya berkisar antara 8,5 hingga 16 cm
  • Bunganya bertandan dan tumbuh pada ketiak daun
  • Bengkoang juga memiliki polong.
  • Buah pada bengkoang memiliki bentuk membulat atau bulat seperti gasing dengan kulit umbi berwarna kuning pucat tipis dan bagian dalamnya putih serta rasanya segar agak manis.
  • Berat umbi bengkuang dapat mencapai sekitar 5 kilogram.

Bagi anda yang ingin budidaya bengkuang, berikut ini adalah langkah cara menanam bengkuang yang baik dan benar.

Baca Juga:  Cara Menanam Buah Naga yang Benar : Ketentuan Tumbuh, Metode Tanam dan Masa Panen

Memilih Benih Bengkuang yang Unggul

Yang pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan benih dengan kualitas yang terbaik serta layak untuk di tanam. Untuk memperoleh benih yang unggul, anda  bisa mencari langsung atau membelinya di toko pertanian dikota anda. Berikut ini sedikit penjelasannya :

  • Untuk memperoleh benih bengkuang dengan langsung, yakni dengan memilih tanaman bengkuang terlihat sehat dan tak cacat. Rawatlah tanaman ini dan biarkan bunganya sampai polong kemudian petiklah dan simpan ditempat sejuk dulu.
  • Selain itu anda juga dapat mengambil dari ubi bengkuang, caranya pilihlah bengkuang yang punya ukuran besar dan tua. Dengan mempunyai ciri tekstur kulit kasar dan kering. Biarkan bertunas dulu ditempat yang sejuk. Kemudian tanamlah di tanah dan campurlah pupuk.
  • Lakukan perawatan sampai berbungan serta menghasilkan polong kemudian panen polong. Kadang benin ini diperoleh dengan ubi bengkuang yang berkualitas unggul.

Mempersiapkan Lahan Tanam

Langkah selanjutnya adalah anda harus mempersiapkan lahan tanaman bengkuang, beriku ini adalah proses persiapan lahan tanam yang baik.

  • Sediakan lahan tanam bengkuang, anda bisa menggunaka pekarangan di rumah atau dilahan perkebunan anda. Cangkul tanah dan lakukan proses penggemburan tanah dengan baik.
  • Setelah itu, buatlah bedengan yang bertujuan agar drainase pada tanah dapat berjalan dengan baik. Untuk lebar bedengan sendiri anda bisa membuatnya seluas 1 m dengan tinggi mencapai sekitar 25 cm.
  • Sesuaikan pula bedengan yang anda buat dengan kontur dari tanah dan jarak antar bedengan usahakan sekitar 40- 50 cm.
  • Sebarkan pupuk kandang atau pupuk kompos secara merata pada media tanam, dan jangan lupa untuk membuat lubang tanam. Untuk lubang tanam yang tepat dalamnya sekitar 7 cm dengan jarak setiap lubang tanam sekitar 25 cm.
Baca Juga:  √ Manfaat Jamur Sawit dan Cara Budidayanya (Bahas Lengkap)

Penanaman Benih Bengkuang

Proses selanjutnya adalah melakukan penanaman benih bengkuang, sebelum anda menanam benih bengkuang sebarkan terlebih dulu pupuk kandang atau pupuk kompos secara merata pada media tanam, lalu buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 7 cm dengan jarak setiap lubang tanam sekitar 25 cm.

Selanjutnya, masukkan bibit bengkuang dalam lubang tanam dan tutuplah lubang tanam dengan menggunakan tanah campuran pupuk. Lalu sedikit padatkan agar bibit dapat berdiri kokoh dan jika sudah selesai menanam lakukan penyiraman untuk melembabkan tanah.

Perawatan Tanaman Bengkuang

Perawatan adalah salah satu proses yang harus anda lakukan, sebab tanaman tanpa perawatan yang maksimal tidak akan menghasilkan buah yang memuaskan pastinya, oleh sebab itu berikut ini adalah proses perawatan yang harus anda lakukan.

  • Lakukan proses penyiraman secara rutin pada tanaman anda untuk menjaga kelembaban tanah pada media tanam, walaupun tanaman bengkoang dapat bertahan pada tanah yang tandus namun anda juga perlu memperhatikan kelembaban tanah.
  • Lakukan penyiangan pada tanaman penggangu atau gulma agar tanaman tidak terganggu dalam proses pertumbuhannya.
  • Lakukan pemupukan dengan pupuk kandang ata kompos pada saat usia tanaman mencapai 3 minggu secara rutin setiap 3 minggu sekali.
  • Lakukan juga proses pemangkasan pucuk daun muda saat tanaman telah berumu 1, 2, dan 3 bulan.
  • Lakukan pemangkasan pada beberapa bunga tanaman bengkuang, agar buah dapat tumbuh dengan baik dan memiliki ukuran yang besar.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bengkuang yang Benar (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan trimakasih.

Manfaat Pare Belut

admin
2 min read

Kandungan Gizi Cabai

admin
2 min read

Cabai Gendol

admin
6 min read