Cara Menanam Bawang Lokio Mudah Dan Cepat Panen

2 min read

Cara Menanam Bawang Lokio Mudah Dan Cepat Panen

Cara Menanam Bawang Lokio Mudah Dan Cepat Panen – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bawang lokio. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bawang Lokio Mudah Dan Cepat Panen


Ada banyak sekali jenis bawang yang bisa kalian temui di pasar, salah satu khasiatnya di bidang kesehatan yakni sangat baik buat melindungi kesehatan jantung kalian.

Salah satu jenis bawang yang disaat ini sangat banyak dibudidayakan dan dijual dipasaran serta banyak sekali konsumennya yakni bawang lokio atau disebut juga bawang batak.

Bawang Lokio ialah salah satu jenis bawang yang memiliki ukuran cenderung lebih kecil hampir mirip dengan bawang daun.

Rasa bawang lokio lebih tajam disbanding bawang pada umumnya, isi nutrisi bawang lokio lebih banyak dan pula harga bawang lokio lebih mahal apabila dijual dengan permintaan pasar terus meningkat.

Bawang Lokio yang yakni jenis bawang masih satu keluarga dengan bawang- bawang yang lain. Bawang lokio memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bawang daun, namun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Bawang lokio memiliki tangkai yang lebih panjang dengan warna yang cenderung putih.

Meski memiliki bentuk yang kecil, bawang lokio memiliki banyak sekali manfaat yang tidak kalah dengan keluarga bawang- bawang yang lain.

Bawang lokio terlebih telah diolah bagaikan salah satu bahan ramuan herbal di Eropa, Amerika Utara dan sebagian Asia.

Buat jenis masakan, bawang lokio umumnya diolah bagaikan campuran pada sup, saus, buat mengurangi bau amis dari ikan.

Campuran buat masakan ala Meksiko, maupun ditambahkan buat penambah citarasa dan penambah mempesona tampilan pada hidangan.

Baca Juga:  Panduan Lengkap Cara Budidaya Kurma Untuk Pemula Di Indonesia

Kelebihan Bawang Lokio

Bawang lokio memiliki rasa yang lebih ringan dan tidak sangat menusuk apabila dibandingkan dengan daun bawang yang lain apabila ditambahkan dalam masakan.

Bawang lokio memiliki aroma yng lebih lembut dan rasa yang lebih ringan dibanding jenis bawang daun yang lain.

Buat kesehatan, bawang lokio pula tidak kalah dengan jenis bawang yang lain. Daun bawang lokio kaya lutein bagaikan agen karoten.

Daun bawang lokio pula memasok vit C dan K, kalsium, serat, folat, dan zat besi. Vit K berfungsi membantu pembekuan darah. Nutrisi yang lain ialah vit A dan B6, asam folat likopen, kalium, dan zeaxanthin.

Terdapat pula keuntungan yang bisa kalian miliki apabila kalian berupaya tata cara menanam bawang lokio:

  • Rasa bawang lokio lebih tajam disbanding bawang pada umumnya
  • Isi nutrisi bawang lokio lebih banyak
  • Harga bawang lokio lebih mahal apabila dijual dengan permintaan pasar terus meningkat
  • Dapat dijadikan bagaikan bahan masakan sehari- hari
  • Dapat dijadikan bagaikan bahan asinan

Langkah Cara Menanam Bawang Lokio


  • Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam

Bawang lokio bisa ditanam di tanah langsung maupun dengan pot/ polybag.

Apabila pada lahan tanam, memilah posisi tanam yang memiliki pencahayaan penuh dan tidak ternaungi oleh tanaman besar; bersih dari polusi dan jauh dari pemukiman; dan mudah dijangkau dan dekat dengan sumber air.

Apabila penanaman mengenakan pot/ polybag, sampai iapkan media tanam berupa pot, polybag berukuran lagi maupun apabila ingin lebih hemat sampai bisa mengenakan botol maupun kaleng sisa.

Pastikan tempat tanam berukuran kurang lebih 25- 30 cm. Sehabis itu siapkan media tanam berupa pupuk kompos, bokhasi, dan tanah humus dengan perbandingan 1: 1: 1.

Sehabis segala tercampur dengan rata, masukkan ke dalam media tanam berupa polybag, botol sisa maupun kaleng sisa.

Masukkan tanah dengan menyisakan dekat 3 cm ruang dari atas biar tanah tidak mudah tumpah disaat dipindahkan.

  • Persiapan Bibit Bawang Lokio

Perbanyakan bibit lokio dapat dicoba dengan umbi bawang yang sudah tua. Potong bagian umbi setelah itu rendam dalam air.

Baca Juga:  Cara Ternak Ayam Kalkun Pemula

Letakkan media beserta umbi bawang yang direndam di ruang dengan pencahayaan sedikit dan biarkan tunas mencuat pada umbi dengan sendirinya.

Lakukan penggantian air masing- masing hari biar umbi tidak busuk dan tunas bisa tumbuh dengan baik. Sehabis tunas mencuat, biarkan tunas tumbuh sepanjang 3- 4 cm.

  • Penanaman Bawang Lokio

Sehabis tunas bawang lokio tumbuh dekat 3- 4 cm, sampai lakukan penanaman.Buatlah lubang tanam sedalam 5 cm pada media tanam setelah itu masukkan bibit pada lubang tanam tersebut dan pada satu pot/ polybag bisa ditanam 1- 3 bibit bawang lokio.

Apabila sudah dimasukkan, tutup kembali lubang tanam dan sedikit padatkan.

  • Masa Panen Bawang Lukio

Bawang lukio dapat dipanen sehabis mencapai umur 2 bulan sehabis tanam, ditandai dengan ujung daun bawang yang mulai layu dan adanya sedikit gundukan di atas tanah.

Cara Menanam Bawang Lokio Mudah Dan Cepat Panen


Perawatan Tanaman Bawang Lokio

Lakukan penyiraman sebanyak 2- 3 kali satu hari dengan intensitas lagi buat melindungi kelembaban tanam dan kesehatan tanaman. Penyiraman tersebut pula dapat disesuaikan dengan cuaca dan kondisi media tanam.

Lakukan pemupukan kembali masing- masing 2 minggu sekali hingga bawang berusia 2 bulan. Pemupukan tersebut dapat mengenakan pupuk urea, NPK, ataupun TSP.

Tidak cuma itu, lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman bawang. Apabila ada daun bawang yang terkena hama maupun penyakit sampai lekas pangkas biar tidak menyebar.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bawang Lokio , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.