Cara Menanam Bawang Dayak Untuk Pemula (Sukses)

2 min read

Cara Menanam Bawang Dayak Untuk Pemula (Sukses)

Cara Menanam Bawang Dayak Untuk Pemula (Sukses) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bawang Dayak. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Bawang Dayak Untuk Pemula (Sukses)


Bawang dayak memanglah masih terdengar asing di kuping warga. Bila dilihat dari namanya, tentu kita ketahui bukan berasal dari manakah bawang dayak ini? Bawang dayak sendiri berasal dari Kalimantan.

Bawang ini ialah salah satu jenis bawang yang biasanya digunakan buat penyembuhan tradisional. Wujud bawang ini nyaris sama dengan bawang merah pada biasanya, namun ukurannya lebih besar serta lebih lonjong dan rupanya sedikit lebih kehitaman dibandingkan bawang merah.

Di Kalimantan sendiri, bawang dayak ini banyak ditanam di pekarangan rumah. Tidak hanya disebut dengan bawang dayak ataupun bawang sabrang, bawang ini disebut dengan bawang mekah, bawang hutan ataupun bawang kambe.

Bila pada biasanya bawang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, beda halnya dengan bawang dayak ini. Bawang dayak ini dimanfaatkan untuk obat ataupun tumbuhan obat keluarga (TOGA) sebab bisa membantu menanggulangi bermacam penyakit seperti kanker, jantung, diabet, kuning serta lain sebagainya.

Tumbuhan bawang dayak ini berasal dari Daratan Amerika, namun saat ini sudah banyak tersebar ke segala penjuru dunia. Banyak orang tertarik buat menanam ataupun membudidayakan bawang dayak ini, baik itu buat digunakan buat TOGA ataupun buat diperdagangkan. Karena, biayanya lumayan besar bila dibanding dengan bawang jenis lain.


Cara Menanam Bawang Dayak Dalam Pot

Pembibitan

Pembibitan pada bawang dayak nyaris sama bila kamu melakukan Cara Menanam Bawang Putih, pada biasanya sama dengan cara pembibitan bawang pada biasanya. Awal kamu dapat menyediakan gelas plastik maupun botol plastik sisa.

Baca Juga:  Cara Menanam Padi dengan Metode SRI (System of Rice Intensification)

Bila kamu memakai botol sisa, maka kamu wajib memotong jadi 2 bagian terlebih dulu serta memakai bagian bawah botol. Serta langkah berikutnya ialah:

  • Isilah botol maupun gelas plastik bersih yang sudah kamu siapkan dengan air bersih.
  • Siapkan bawang dayak yang telah berusia tua dengan keadaan baik serta mempunyai ukuran besar. Perhatikan pula keadaan fisik bawang dayak, jangan sampai mempunyai cacat sedikitpun.
  • Sehabis itu tusukkan lidi dibagian tengah bawang dayak serta letakkan di bagian mulut gelas maupun botol, perkenankan bagian bawah bawang menghadap ke permukaan air yang terdapat di dalamnya.
  • Perkenankan sampai pangkal serta tunas pada bawang dayak timbul, buat tunasnya perkenankan mempunyai besar dekat 5 sampai 10 centimeter.
  • Bila kamu mau lebih instan lagi, kamu dapat memperoleh bibit bawang dayak di sebagian toko bibit maupun koprasi tani terdekat, tetapi akan lebih baik bila kamu dapat memperoleh dari petani bawang dayak secara langsung.

Media Tanam Bibit Bawang Dayak

Kurang lebih dalam waktu 2 sampai 5 hari saat sebelum masa tanam, kamu dianjurkan buat mempersiapkan media tanam bibit bawang dayak terlebih dulu. saat sebelum kamu membuat media tanam, ialah perhatikanlah posisi penanaman bawang.

Buat posisi yang pas serta baik, kamu dapat memilah posisi dengan tingkatan pencahayaan baik serta dengan temperatur berkisar 22 sampai 25 derajat celcius. Sehabis kamu melaksanakan posisi yang tepat, berikut langkah – langkah yang wajib kamu lakukan:

  • Siapkan media tanam berbentuk pot dengan diameter kurang lebih 30 centimeter, semakin besar pot yang kamu pakai akan terus menjadi baik. Tetapi bila kamu tidak mempunyai pot, kamu dapat memakai kaleng sisa sebagai penggantinya.
  • Setelah pot siap, kamu pula wajib mempersiapkan media tanam berbentuk tanah yang telah digemburkan serta diatur pHnya kurang lebih nyaris mendekati netral ataupun lebih.
  • Tanah tersebut kemudian kamu gabungkan dengan pupuk kandang maupun pupuk kompos serta sekam dengan perbandingan 2:2:1, kombinasi ini haruslah benar – benar rata.
  • Lembabkan tanah dengan member sedikit saja air supaya kamu gampang buat mencampurnya.
  • Setelah siap, masukkan tanah kombinasi ke dalam pot maupun kaleng sisa sampai penuh tetapi upayakan tidak sangat penuh supaya tanah tidak tumpah – tumpah.
Baca Juga:  Manfaat Ketan Putih

Penanaman Bawang Dayak

Pada bedengan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, buatlah lubang tanam dengan ukuran menyesuaikan dengan ukuran media tanam. Setelah lubang tanam selesai terbuat setelah itu isi dengan air seperlunya supaya tanah senantiasa lembab. Sehabis itu, jalani penanaman cepat. Masukkan bibit kedalam lubang tanam kemudian timbun kembali sampai menutupi pangkal batang.


Pemeliharaan Bawang Dayak

  • Penyiraman

Penyiraman bawang dayak dicoba secara teratur sebanyak 2 kali satu hari ialah pada pagi serta sore hari paling utama pada awal tanam serta menjelang panen.

  • Pemupukan

Lakukan pemupukan seperlunya, pemupukan tersebut dicoba dengan memakai pupuk organik supaya lebih cepat teremulsi oleh tanah.

  • Penyiangan

Lakukan penyiangan terhadap gulma ataupun tumbuhan pengganggu yang lain sehingga perkembangan bawang Dayak tidak tersendat. Penyiangan dapat dicoba secara teratur.

  • Pemangkasan

Lakukan pemangkasan tajuk dengan membuang cabang negatif serta tersier buat tingkatkan perputaran udara serta kurangi serbuan hama.

Cara Menanam Bawang Dayak : Pembibitan, Perawatan Dan Pemanenan


Panen Bawang Dayak

Bawang dayak dipanen setelah tumbuhan berbunga. Bawang Dayak ini bisa menciptakan bawang dengan berat 300 gr per-batang tumbuhan, namun ini bergantung pada penjaannya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Bawang Dayak Untuk Pemula (Sukses), yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.