√ Ilmu Cara Menanam Apel Yang Benar (Panduan Lengkap)

3 min read

√ Ilmu Cara Menanam Apel Yang Benar (Panduan Lengkap)

Ilmu Cara Menanam Apel Yang Benar (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id kali ini kita akan membahas mengenai cara menanam apel yang benar yang akan di paparkan melalui artikel berikut ini :

Ilmu Cara Menanam Apel Yang Benar (Panduan Lengkap)

Buah apel merupakan komoditi yang banyak ditumbuhkan secara komersial dan tergolong sebagai tanaman buah beriklim yang sedang. Hal tersebut secara global hampir seperti buah pisang, jeruk, dan buah anggur. Negara yang paling banyak memproduksi buah apel ini adalah Negara China.

Manfaat buah apel sangat baik untuk kesehatan, sehingga disarankan buah apel menjadi salah satu komoditi yang dikonsumsi sehari-hari. Buah apel berasal dari Eropa dan Asia bagian barat dan kemudian telah menyebar hingga ke seluruh dunia. Dengan varietas yang sangat beragam, hingga saat ini diperkirakan ada 8000 varietas yang telah ditumbuhkan, yang paling umum adalah Golden Delicious, Cortland, Fuji, Empire, Red Delicious, Pink Lady, Gala, McIntosh, Ida Red, Macoun, Winesap, dan Nothern Spy.

Tanaman apel ini dapat tumbuh pada tempat dengan ketinggian sekitar 900-1200 meter diatas permukaan laut. Dengan ini di indonesia sendiri sentra budidaya apel berada di kota batu malang, yang merupakan dataran tinggi provinsi Jawa Timur. Sehingga buah apel malang telah dikenal sebagai salah satu buah unggulan kota malang dan menjadi icon kota malang itu sendiri. Banyak wisata petik apel malang sehingga menjadi salah satu wisata favorit dan menjadi hal yang wajib jika anda berkunjung ke kota Malang.

Berikut ini adalah langkah-langkah yag harus anda persiapkan untuk berkebun apel yang benar :

1. Mempersiapkan Lahan Tanam

Yang pertama adalah anda harus mempersiapkan lahan tanam terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh, mengingat ukuran pohon apel yang akan terus membesar seiring dengan pertumbuhannya maka disarankan anda untuk menanamnya di lahan yang luas dan terbuka, Namun, hal yang harus diiingat adalah pastikan lokasi anda berada pada ketinggian kurang lebih 900-1200 mdpl dengan curah hujan 1000-2600 mm/tahun.

Baca Juga:  Cara Menanam Strawberry : Pembibitan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

Jika berada pada ketinggian dibawah itu, maka pertumbuhan apel tidak akan bisa tumbuh optimal dan menghasilkan buah yang kurang baik. Untuk mempersipkan lahan tanam maka anda bisa ikuti langkah berikut ini :

  • Bersihkan lahan tanam dari berbagai rumput dan gulma yang akan menggangu.
  • Kemudian gemburkan tanah di sekitar lubang tanam apel.
  • Buat lubang tanam dengan ukuran sekitar 50x50x50cm. Dengan jarak antar tanaman 3-3.5 x 3.5 meter.
  • Masukkan 20 kg pupuk kandang kedalam lubang tanam.
  • Biarkan selama kurang lebih 2 minggu, baru kemudian bibit apel dapat di tanam.

2. Mempersiapkan Bibit Berkualitas

Selanjutnya anda mencari bibit apel yang berkualitas, sebab bibit berkualitas merupakan salah satu persyaratan agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal dan menghasilkan buah yang lebat. Tanaman apel ini sendiri dapat di tanam melalui biji atau teknik perbanyakan vegetatif seperti cangkok, stek dan sambung pucuk.

Tetapi metode perbanyakan vegetatiflah yang paling banyak dipakai dalam menanam buah apel ini. Sebab secara kualitas bibit dari perbanyakan vegatatif akan lebih cepat berbuah dari pada yang di tanam dari biji. Untuk persyaratan bibit tentu harus memenuhi kriteria dimana tanaman harus benar benar sehat, tidak cacat, warna daun hijau segar dan menunjukkan pertumbuhan yang baik dan segar.

3. Penanaman Bibit Apel

Setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, bibit dan lahan tanamnya, maka tahap selanjutnya  yang harus anda lakukan adalah melakukan penanaman buah apel. Untuk waktu penanaman buah apel yang tepat sebaiknya saat menjelang musim penghujan tiba.

Penanaman bibit apel dapat anda lakukan dengan cara seperti di bawah ini :

  • Bibit sebaiknya tanaman yang telah berumur sekitar 6-7 bulan.
  • Tinggi bibit apel telah mencapai 80-100 cm.
  • Keluarkan tanaman secara perlahan dengan cara merobek plastik pembungkus polibag.
  • Kemudian masukkan bibit ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan.
  • Posisikan tanaman tegak lurus, kemudian timbun kembali lubang tanam hingga merata.
  • Setelah itu lakukan penyiraman hingga tanah lembab namun tidak tergenang.
  • Lakukan pemeliharaan intensif agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.
Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Merah Yang Baik Dan Benar

4. Pemeliharaan Tanaman Apel

Melakukan perawatan yang maksimal, sebab tanpa perawatan dengan maksimal maka tanaman apel tidak akan tumbuh sesuai harapan, perawatan tanaman meliputi :

Penyiraman, lakukan penyiraman tanaman anda secara intensip. Untuk awal masa tanam maka penyiraman harus di lakukan sesering mungkin jika musim hujan tidak turun. Namun jangan sampai air menggenang pada tanaman, karena dapat memicu timbulnya busuk akar.

Penyiangan, Penyiangan dilakukan untuk mengoptimalkan unsur hara yang terserap oleh tanaman. Penyiangan dilakukan dengan membersihkan gulma yang tumbuh di sekitar area tanaman, Anda dapat melakukan dengan mencabutnya atau dengan menggunakan bantuan alat seperti cangkul atau kored. Penyiangan harus rutin anda lakukan, paling tidak setiap 1-2 minggu sekali. Terutama pada saat nusim penghujan tiba, bersamaan dengan penyiangan anda juga dapat sekalian melakukan pembumbunan. Hal ini harus dilakukan untuk menutup akar tanaman yang keluar dari permukaan tanah.

Pemupukan, Pemupukan dilakukan berguna untuk mengembalikan dan meningkatkan unsur hara yang terkandung di dalam tanah. Untuk tanaman apel sendiri pemupukan dapat di lakukan dengan menggunakan pupuk organik dan pupuk anorganik. Untuk pemberian pupuk dapat anda berikan pada tahun kedua setelah tanam. Komposisi pupuk yang diberikan adalah sebagai berikut.

  • Pupuk kandang 15-30 kg , 100 gram urea, TSP 50 gram dan ZK 20 gram.
  • Untuk tahun ketiga, keempat dan kelima setelah tanam dosis pupuk yang diberikan 40 kg pupuk kandang, 150 gram urea, 60 gram TSP dan 40 gram ZK.

Demikian ulasan mengenai Ilmu Cara Menanam Apel Yang Benar (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.