√ Cara Budidaya Anggur Merah Agar Buah Maksimal (Panduan Lengkap)

Posted on

Cara Budidaya Anggur Merah Agar Buah Maksimal (Panduan Lengkap) Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya anggur merah agar tumbuh sehat dan berbuah lebat, yang akan kita pandu lengkap melalui artikel berikut ini :

Cara Budidaya Anggur Merah Agar Buah Maksimal (Panduan Lengkap)

Buah anggur adalah salah satu tanaman dengan buah yang paling banyak digemari. Sebab buah ini memiliki cita rasa yang khas, dan buah anggur ini hidup dengan cara merambat dan dalam berbentuk semak. Karena banyak manfaat yang ditawarkan oleh buah anggur, seperti dapat dikonsumsi untuk dijadikan jus buah, dimakan secara langsung atau bahkan dijadikan jelly. Buah yang memiliki berbagaimacam kandungan senyawa yang lebih dikenal dengan sebutan resveratol dan polifenol yang aktif dan berguna untuk metabolisme tubuh dan terkenal ampuh untuh mencegah pertumbuhan sel kanker.

Dengan banyaknya peminat untuk buah anggur ini, menjadikan anggur dijual dengan harga yang cukup tinggi di pasaran. Oleh sebab itu, banyak orang yang kemudian mencoba untuk melakukan budidaya buah anggur ini, terlebih dikarenakan peluang untuk berbisnis yang lebih menjanjikan daripada buah yang lainnya.

Buah anggur biasanya akan tumbuh di daerah dataran rendah, dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi. Media tanamnya, anggur sangat cocok untuk ditanam pada tanah dengan pH kurang ebih 7 dan usahakan tanah yang digunakan bukan tanah pasir atau tanah lempung.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan budidaya anggur agar berbuah dengan maksimal :

1. Bibit Anggur yang Unggul

Bibi yang baik dan unggul adalah syarat utama yang harus anda dapat terlebih dahulu sebelum anda melakukan penanaman, sebab dengan anda memiliki bibit yang baik maka akan memudahkan anda dalam melakukan perawatan dan akan memiliki tanam anggur yang subur dan sehat. Berikut adalah kriteria bibit unggul yang harus anda perhatikan :

  • Memiliki tinggi minimal 50 cm semakin tinggi akan semakin bagus
  • Bebas dari serangan hama dan penyakit
  • Pertumbuhan tunas daun baru terlihat subur
  • Sudah tahan terhadap sinar matahari di siang hari
Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Kotoran Kambing (Bahas Lengkap)

Bibit bisa anda dapat melalui pembibitan anggur di sekitar kota anda, atau melalui online.

2. Lokasi atau Media Tanam

Lokasi atau media tanam buah anggur ini adalah anda harus bisa mengolahnya dengan baik, berikut ini adalah kriteria yang harus anda siapkan :

  • Siapkanlah lahan yang subur  dan mudah untuk penyerapan air, jika terlalu banyak air disekitarnya maka tanaman anggur anda akan melambat.
  • Ketinggian tanah tidak boleh kurang dari 1m terhadap permukaan tanah.
  • Tingkat keasaman tanah (Ph) yang disarankan untuk tanaman anggur adalah sekitar 6.5 hingga 7
  • Bisa mendapatkan sinar matahari minimal 6 jam per hari, memang tanaman anggur akan bisa tumbuh dengan subur walaupun tanpa mendapatkan sinar matahari dengan maksimal, tetapi akan mengurangi kelebatan buah yang akan didapat.

3. Proses penanaman bibit

Bagi Anda yang akan menanam anggur pada pot. Anda dapat menyiapkan pot yang sudah dilubangi bagian bawahnya, pilihlah pot yang memiliki ukuran sedang agar akar anggur dapat tumbuh dengan baik. Tanah yang cocok untuk menanam anggur ini adalah, Anda dapat mencampurkan tanah dengan kompos dengan perbandingan 1:2

Setelah semua sudah anda persiapkan dengan baik, Anda dapat langsung menanam bibit anggur yang sudah ada. Cara menanam bibit cangkokan anggur ini pun tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, Anda perlu membuka bungkus cangkokan dengan perlahan baik melalui plastik atau media lainnya. Setelah itu, buatlah lubang tanah di bagian tengah pot untuk meletakan bibit hasil cangkokan ini. Bibit ini juga tidak dapat langsung Anda tempatkan di halaman rumah, sebab Anda perlu menaruhnya di tempat yang sejuk terlebih dahulu dalam jangka kurang lebih 3 minggu masa penanaman pertama. Hal ini tentunya untuk membuat bibit anggur dapat menyesuaikan dengan media tanam yang baru dan akan lebih kuat terhadap sinar matahari langsung.

Baca Juga:  Budidaya Lada Yang Baik Dan Benar Panduan Lengkap

4. Perawatan tanaman anggur

Lakukanlah perawatan tanaman anggur ini dengan maksimal, sebab perawatan yang baik dan sesuai prosedur akan menghasilkan tanaman yang diharapkan, berikut ini adalah beberapa yang harus anda lakukan dalam melakukan perawatan :

Pemupukan,  tujuan pemupukan adalah untuk menjaga kualitas tanah, anda bisa gunakan pupuk kandang atau pupuk kompos, selain itu juga anda bisa memberikan pupuk NPK 16-16-16 dan Growmore 20-20-20, guna menyediakan nutrisi bagi tanaman. Pemupukan menggunakan pupuk kandang dilakukan 4 bulan pasca tanam, dan di ulangi 4 bulan selanjutnya. Sedangkan untuk pupuk NPK dan growmore diberikan 1 bulan pasca tanam.

Pengendalian hama dan penyakit, pencegahan adalah perlakuan yang lebih baik dari pada mengobati, oleh sebab itu anda bisa memberikan pestisida organik, salah satu pestisida yang lebih efektif adalah NEEM OIL, dan anda bisa dapatkan melalui online atau melalui toko pertanian di kota anda.

Penyiangan, penyiangan dilakukan penjarangan dan penyiangan dilakukan secara berkala. Fungsi dari penjarangan ini sendiri adalah untuk menjauhkan beberapa tanaman yang tumbuh terlalu rapat terhadap tanaman lainnya, sehingga akan ditakutkan mengganggu pertumbuhan antara tanaman yang satu dengan tanaman yang lainnya. Kemudian, fungsi lain dari penyiangan sendiri adalah membersihkan tanaman liar yang hidup disekitar tanaman anggur yang ditanam, guna unutk menjaga pertumbuhan dari tanaman yang ditanam. Oleh sebab itu, penyiangan sangat diperlukan karena akan menjaga tingkat kesuburan dari tanaman itu sendiri.

Demikian ulasan mengenai Cara Budidaya Anggur Merah Agar Buah Maksimal (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.