Cara Menanam Anggrek Bulan Yang Tepat dan Selalu Berbunga Indah

4 min read

Cara Menanam Anggrek Bulan Yang Tepat dan Selalu Berbunga Indah

Cara Menanam Anggrek Bulan Yang Tepat dan Selalu Berbunga Indah – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Anggrek Bulan .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Anggrek Bulan Yang Tepat dan Selalu Berbunga Indah


Anggrek bulan yang biasa juga disebut dengan Butterfly Orchid memiliki wujud yang unik, menyamai wujud sayap kupu- kupu. Rupanya juga demikian, terang menyegarkan.

Anggrek bulan termasuk dalam salah satu bunga nasional Indonesia. Puspa pesona Nusantara ini memanglah telah tidak diragukan lagi keelokannya.

Saking indahnya, anggrek bulan tercantum salah satu dari 3 bunga nasional Indonesia. Dia dinobatkan bagaikan bunga pesona, bersanding dengan bunga langka( Rafflesia Arnoldi) serta bunga bangsa( Melati).

Di habitat aslinya, anggrek bulan hidup dengan metode melekat di pepohonan yang terdapat di hutan rimbun. Anggrek ini berkembang di ketinggian 600 m di atas permukaan laut.

Dengan keelokan dari bunganya, membuat para pecinta bunga merasa harus buat mempunyai anggrek ini di rumah mereka. Perihal ini buatnya jadi tipe anggrek yang sangat banyak dicari keberadaannya..

Menanam anggrek bulan sesungguhnya gampang- gampang susah, dibutuhkan sebagian metode spesial supaya tumbuhan anggrek dapat sukses tumbuhnya.


Metode Menanam Anggrek Bulan Yang Tepat

Buat memperoleh bunga anggrek hasil tumbuhan Kamu sendiri dapat Kamu jalani dengan 2 metode. Ialah menanamnya dengan media pot ataupun menempelkannya pada tumbuhan.

kedua metode ini dapat jadi opsi untuk Kamu buat mendapatkan tumbuhan anggrek bulan hasil tumbuhan sendiri. Penjelasannya bagaikan berikut:

  • Cara Menanam di dalam pot

Pertama- tama seleksi pot yang cocok dengan tumbuhan anggrek. Umumnya di tanam pada pot kecil yang transparan, pot tanah, pot kayu ataupun pot plastik.

Baiknya memakai pot transparan supaya dapat mengendalikan perkembangan akarnya.Buat media tanah,pakai sabut kelapa, pecahan genteng, batu- bara, arang, kayu ataupun potongan pakis.

Media tanam anggrek biasana terdiri dari sabuk kelapa, pakis serta arang.Umumnya anggrek hendak berkembang produktif pada media tanam yang terdiri dari sabuk kelapa, pakis serta arang.

Siapkan bibit anggrek yang dapat Kamu miliki di toko- toko pertanian. Umumnya ada bibit anggrek botolan yang daunnya telah berdimensi 1 centimeter serta akarnya telah timbul 2 hingga 3 helai.

Tidak hanya bibit botolan, Kamu pula dapat membeli bibit anggrek muda. Bibit ini ditanam pada tray( wadah bibit anggrek, banyak di toko pertanian).

Baca Juga:  Hama Cabe : Jenis Hama, Jenis Penyakit dan Cara Pengendaliannya

Penanaman bibit muda pada pada tray bertujuan supaya bisa memindahkan bibit anggrek dengan gampang ke tempat- tempat yang disinari sinar matahari di pagi hari. Penanaman ini selama 3 bulan.

Sehabis seluruh media tanam ada, penanaman dapat dicoba. Buat penanaman bibit anggrek botolan, dapat dicoba dengan memindahkannya langsung pada pot, upayakan jangan mengganggu helaian akarnya.

Unrtuk menghasilkan bibit dari botol, pakai kawat yang telah dilengkungkan terlebih dulu.

Serta buat penanaman bibit dari tray yang telah berumur 3 bulan, pula dapat dipindahkan ke dalam pot berdiameter 15 centimeter dengan 3 hingga 5 tumbuhan.

Setelah itu, pada 3 bulan selanjutnya, dicoba tahapan repotting. Ialah memindahkan tanaman- tanaman anggrek tadi ke dimensi pot yang lebih besar. Satu pot berisi satu tumbuhan anggrek.

  • Cara Menanam dengan metode ditempel

Sebab anggrek ialah tumbuhan merambat serta tercantum tumbuhan epifit yang hidup dengan metode melekatkan diri pada tumbuhan lain, jadi media penanamannya pula memakai tumbuhan saja.

Triknya, ikat anggrek tersebut pada tumbuhan dengan memakai tali plastik ataupun tali ijuk ataupun tali rapia.

Setelah itu dengan sendirinya, anggrek hendak menyesuaikan diri dengan menjalarkan helaian- helaian akarnya ke permukaan tumbuhan yang ditempelinya.

Sehabis menanamnya, bunga anggrek yang ditunggu- tunggu mekarnya inipun kadangkala tidak seindah bunga anggrek kepunyaan orang sebelah. Artinya, sehabis berkembang, hasilnya tidak begitu optimal.

Cara Menanam Anggrek Bulan Yang Tepat dan Selalu Berbunga Indah

Perawatan Anggrek Bulan Agar Senantiasa Berbunga

Perawatan tumbuhan pada biasanya, ialah dengan memperhatiakan keseriusan cahayanya, serta melaksanakan sesi penyiraman pula pemupukan.

Memanglah bagian yang sangat menarik dari tumbuhan ini merupakan bunganya.

Namun sayangnya, banyak dari anggrek yang ditanam ini malas buat berbunga ataupun apalagi cuma berkembang produktif saja tanpa berbunga.

Ada pula salah satu aspek berarti yang menimbulkan tumbuhan ini giat berbunga merupakan pemilihan bibit unggul pada dikala proses pembibitan.

Bibit anggrek dapat dikatakan baik apabila tumbuhan ini mempunyai bunga yang banyak dengan dimensi bunga yang besar, bercorak terang serta pula tahan lama.

Sesungguhnya terdapat pula metode menjaga anggrek bulan layu, sebab memanglah bunga ini sedikit gampang buat layu.

Beberapa aspek pendukung supaya bunga tersebut giat buat berbunga, adalah sebagai berikut:

  • Pemilihan rumah lindung yang sesuai.

Tumbuhan ini wajib ditanam dalam ruangan yang mempunyai keseriusan sinar 50 sampai 70%. Oleh karenanya, atap dari rumah tersebut wajib ditutup dengan paranet.

  • Penataan anggrek.

Hendaknya sebagian rak anggrek diletakkan secara datar pada ketinggian 1m serta pula jangan menyimpan secara berjenjang sebab hendak menggangu proses perputaran hawa.

  • Tingkatan kelembaban hawa.

Dibutuhkan kelembaban antara 60 sampai 80%. Supaya kelembaban senantiasa terpelihara, hingga tiap dasar rak dapat terbuat kabut dalam rumah lindung dengan melaksanakan pemasangan sprinkle.

  • Media tanam yang digunakan.

Media tanam yang cocok supaya tumbuhan ini giat berbunga merupakan dengan wujud tersusun 2 bagian.

Baca Juga:  Manfaat Gambas

Buat satu pertiga bagian dasar, dapat diisi dengan potongan batu serta sisanya dapat diisi dengan memakai pakis.

  • Konstruksi pot.

Pemakaian pot pula sangat mempengaruhi tumbuhan hias hendak kerap berbungaataupun tidak. Hendaknya, kamu memakai pot yang dibuat dari tanah liat semacam yang telah kami jelaskan pada bagian dini.

  • Intensitas cahaya

Tumbuhan anggrek merupakan tumbuhan yang tidak memerlukan banyak paparan cahaya matahari langsung. Cuma dekat 20%– 30% rata- rata kapasitas sinar yang diperlukan, itupun dari sinar matahari pagi.

Jadi hendaknya bagikan naungan berbentuk paranet ataupun jaring peneduh. Dapat pula dengan strategi menempelkannya pada tumbuhan besar yang cukup rindang, jadi, tumbuhan anggrek senantiasa teduh.

  • Jumlah Kandungan air.

Isi air ini nyatanya pula hendak pengaruhi serig ataupun tidaknya tumbuhan ini berbunga. Kala cuaca lagi panas, kamu butuh melaksanakan penyiraman sebanyak 2 kali.

Serta kala cuaca lagi hujan, kamu tidak wajib melaksanakan penyiraman. Nah waktu penyiraman yang baik merupakan pada jam 7 sampai 9 pagi ataupun jam 3 sampai 5 sore.

Proses pemupukan pula hendak mempengaruhi pada kerap ataupun tidaknya tumbuhan ini berbunga.

Untuk itu, kamu butuh melaksanakan pemupukan dengan memakai pupuk yang mempunyai isi faktor hara P yang besar.

Ada pula proses pemupukan ini sendiri dapat dicoba dengan metode penyemprotan ataupun penyiraman.

  • Pemupukan

Pemberian nutrisi berbentuk pupuk hendaknya di arahkan pada daun. Sebab, kutikula ataupun pembuluh daun dapat menerima 90% konsumsi nutrisi sedangkan pangkal cuma sanggup menerima 10% saja.

Pupuk yang biasa diandalkan merupakan dekastar. Dekastar sanggup memesatkan perkembangan tunas, memicu pertumbungan cabang- cabangnya, serta menyuburkan tumbuhan.

Tidak hanya itu pula dapat memakai pupuk NPK maupun pupuk spesial tumbuhan anggrek( Namira).pemupukan anggrek dicoba dengan memakai sprayer dengan menyemprotkan cairan pupuk arah daunnya.

Triknya ialah dengan langsung menyemprotkan cairan pupuk pada daun. Jalani 2 kali satu hari pada pagi serta sore.

Butuh dicermati, kala tunas anggrek telah nampak penuhi pot, semut mulai mengkerubungi tumbuhan dan juga terselimuti oleh lumut, maka media tanamnya wajib ditukar dengan yang baru.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Anggrek Bulan Yang Tepat dan Selalu Berbunga Indah , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read