Cara Membuat Bonsai Tanaman Untuk Pemula (Panduan Lengkap)

2 min read

Cara Membonsai Tanaman Untuk Pemula Agar Berhasil (Panduan Lengkap).

Cara Membuat Bonsai Tanaman Untuk Pemula (Panduan Lengkap). Tanaman Bonsai adalah sebuah tanaman yang dikerdilkan untuk sebagai pajangan dihalaman rumah, dan bentuk tanaman ini tergolong relatif mahal karna keunikannya dan keindahannya, sehingga banyak yang menyukai bentuk tanaman bonsai ini, untuk dijadikan koleksi pajangan disekitar rumah kita.

Pada dasarnya, tanaman apapun dapat dijadikan tanaman bonsai, tetapi harus memiliki ketekunan dan ketelatenan untuk menciptakan sebuah tanaman hias. dengan ini berkebun akan memberikan penjelasan dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara membonsai tanaman untuk pemula agar berhasil. Hampir sama dengan menanam pohon pada umumnya, dengan menyediakan berbagai bahan, dari mulai bibit tanaman itu sendiri.

Cara Membuat Bonsai Tanaman Untuk Pemula (Panduan Lengkap)

Berikut ini adalah cara bonsai tanaman bagi pemula.

1. Menyiapkan Tanah Yang Baik

Mempersiapkan atau untuk mendapatkan tanah yang ideal untuk pohon bonsai bisa didapatkan dari toko khusus tanaman lokal atau online. Tanah yang baik harus memiliki nutrisi dan daya serap air yang baik juga. Pastikan juga tanah yang gembur untuk aliran udara yang pas.

Untuk mendapatkan drainase dan aliran udara pada tanah pohon bonsai, material komposit bisa berupa pecahan batu kecil dan material alam lainnya yang ditempatkan di bagian paling bawah pot. Fungsinya adalah untuk membantu pembuangan air sekaligus ventilasi oksigen yang paling maksimal, sehingga tanaman anda dapat tumbuh dengan baik.

2. Menyiapkan Bibit Tanaman Yang Bagus

Mempersiapkan bibit tanaman yang akan dijadikan bonsai, pastikan bibit yang anda pilih adalah bibit yang baik dan unggul, untuk mendapatkan bibit yang baik bisa anda dapat dari toko khusus tanaman di kota terdekat anda atau online. Sebab bibit yang baik jika dilakukan perawatan yang maksimal maka hasilnyapun akan memuaskan.

Baca Juga:  Cara Menanam Kelapa Hijau Yang Tepat bagi Pemula

3. Menyiapkan Pot Yang Tepat

Mempersiapkan pot yang tepat adalah salah satu kunci dalam menanam dan merawat pohon bonsai secara sukses. Anda bisa memulai dengan pot tanaman berdimensi lebar dan berbentuk kotak atau bulat. Dan pastikan pot bonsai yang anda dapat sudah memiliki akses drainase yang memadai untuk mengeringkan air dan pupuk ekstra dari bagian akar pohon.

4. Menyiapakn Peralatan Pendukung

Untuk peralatan pendukung selain tanah, bibit dan pot yang ideal, anda perlu menyiapkan peralatan berikut agar dapat membantu membuat dan merawat pohon bonsai sesuai keinginan. Selalu tersedia sumber air bersih, misalkan air hujan atau air keran serta pupuk. Saat merawat pohon bonsai, pastikan ada gunting tanaman, kawat aluminium atau timah untuk membentuk arah pertumbuhan pohon bonsai, dan tang untuk styling kawat sekaligus membuang bagian akar, dahan dan pokok yang tebal.

Selanjutnya anda perlu perawatan yang maksimal untuk mendapatkan hasil yang baik, untuk perawatan tanaman bonsai itu sendiri anda harus lakukan sebagai berikut :

Pemeliharaan Tanah Bonsai

Sistem akar pohon bonsai yang kecil, pohon bonsai akan sangat mudah mengalami kekeringan. Selain itu, media tanah yang sedikit pasti akan memiliki kadar nutrisi yang lebih minim. Oleh karena itu, anda harus rajin dalam memindahkan keluar, mengganti tanah, mengairi dan memberi pupuk dalam frekuensi yang seimbang.

Sebab tanah adalah media tempat hidupnya pohon bonsai, pastikan anda sudah menggunakan jenis tanah dengan kualitas yang terbaik. Sehingga dapat mendukung kualitas tanah pohon bonsai, pastikan setidaknya ada satu lapisan material komposit misalnya kerikil, pasir atau material alam berukuran kecil lainnya yang ada dalam pot bonsai.

Penempatan Dan Pengairan Tanaman Bonsai

Pohon bonsai ini bisa ditempatkan di bagian luar dan dalam rumah atau secara rotasi, sepanjang sudah terpapar sinar matahari yang sesuai dengan spesifikasi pohon asalnya. Jangan anda melakukan penyiraman secara berlebihan karena akar dapat berisiko berjamur atau membusuk. lakukan penyiraman dengan air bersih tanpa unsur kimia berbahaya.

Baca Juga:  Jenis Bonsai : Media Tanam, Kriteria Bibit dan Perawatan Bonsai

Saat anda ingin mengetahui jenis pohon bonsai dengan harga yang mahal atau berlomba-lomba mempunyai pohon bonsai ada baiknya anda mulai dengan menguasai cara membuat dan merawatnya. Dengan begitu, apapun jenis pohonnya, anda pasti dapat menjaganya agar tumbuh besar dan harga pohon bonsai pun akan menjadi mahal dengan sendirinya.

Adapun jens tanaman yang biasanya baik untuk dijadikan pohon bonsai, adalah tipe tanaman yang memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :

  • Tanaman Berumur Panjang. Karena pada dasarnya, tanaman bonsai adalah tanaman yang bersifat seni dan terus tumbuh, jadi bakalan bonsai adalah tanaman yang sekiranya dapat bertahan puluhan, hingga ratusan tahun apabila diperlukan, dan biasanya pohon bonsai semakin tua akan menjadi semakin mahal.
  • Tanaman Yang Kuat. Maksud dari tanaman yang kuat adalah tanaman bonsai tanaman yang dapat bertahan hidup dari hujan serta panas. Dan juga, tanaman tersebut dapat menahan kondisi dari kecilnya lahan menanam karena hanya mengunakan pot yang kecil. Selain itu, sebagai bonsai, bakalan bonsai diharapkan juga dapat hidup lama meskipun makanan yang didapatkan dari luar hanya sedikit dengan pertumbuhan terhadap akar dan batang yang tergolong terbatas.
  • Tanaman Dikotil.  Tanaman dikotil atau yang disebut juga tanaman biji berkeping dua yang pada umumnya memiliki batang dan dahan yang keras dan memiliki kambiun. Tipe dan jenis seperti inilah yang paling baik untuk dijadikan tanaman bonsai.

Demikian penjelasan dari berkebun tentang Cara Membuat Bonsai Tanaman Untuk Pemula (Panduan Lengkap), mudah-mudahan berguna bagi pembacanya dan tidak lupa saya ucapkan salam sukses.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read