Cara Membuat Bonsai Serut Untuk Para Pemula (Panduan Lengkap)

2 min read

√ Cara Membuat Bonsai Serut Untuk Para Pemula (Panduan Lengkap)

Cara Membuat Bonsai Serut Untuk Para Pemula (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat bonsai serut untuk para pemula, yang akan berkebun pandu secara singkat dan lengkap melalui artikel berikut ini :

Cara Membuat Bonsai Serut Untuk Para Pemula (Panduan Lengkap)

Tanaman bonsai sebenarnya adalah salah satu tanaman yang terbilang mahal. Salah satunya adalah bonsai serut, bonsai serut ini adalah tanaman yang memiliki daun berwarna hijau segar dan memiliki batang atau bonggol berwarna agak keputihan atau terlihat pucat. Tanaman ini memiliki bahasa latin Streblus Asper  dan daun bonsai ini berukuran kecil berwarna hijau tua yang berjejer rapat tampak seperti lingkaran bola. Sedangkan di wilayah Indonesia kita akan sering menjumpai jenis tanaman bonsai ini di Pulau Jawa dan Sumatera.

Cara Membuat Bonsai Serut Bagi Anda Yang Masih Pemula

Salah satu tanaman hias yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat bawah sampai dengan ke kalangan atasan adalah bonsai. Untuk jenis bonsai sendiri juga banyak sekali, dan Bonsai Serut lebih banyak mendominasi jenis yang banyak diminati. Oleh sebab itu anda bisa jadikan ini salah satu ladang bisnis sampingan yang menjanjikan, berikut ini adalah proses dan langkah-langkah yang harus anda siapkan.

1. Mempersiapkan Bonggol Bonsai Serut yang Baik

Langkah pertama untuk membuat bonsai serut adalah memilih bakalan atau bonggol bonsai serut yang unggul dan baik. Anda juga bisa mendapatkannya di tempat penjualan benih tanaman di kota-kota terdekat atau melalui online untuk mendapatkan kualitas bonsai serut yang baik.

Baca Juga:  Cara Menanam Buah Tin

Setelah mendapatkan bonggol bonsai serut dengan kualitas yang baik, maka langkah selanjutnya anda pangkas semua daun yang ada pada bonggol menggunakan gunting khusus. Potong juga akar-akar berlebihan pada bonggol bonsai untuk mengontrol pertumbuhan akar bonsai tersebut.

Kemudian anda langsung cuci bersih akar dari bonggol bonsai serut tersebut dengan menggunakan air dan olesi dengan perangsang pertumbuhan secara merata. Obat atau pupuk perangsang ini bisa anda temukan dengan mudah di tempat yang menjual tanaman hias pastinya.

2. Mempersiapkan Media Tanaman

Setiap tanaman yang tumbuh membutuhkan olahan tanah yang baik sesuai kebutuhan tanaman yang akan ditanam, untuk jenis olahan tanah bonsai serut ini yakni dengan menggunakan campuran antara pupuk kandang, tanah humus, dan tanah gunung dengan menggunakan perbandingan 1:1:1. Anda juga bisa menggunakan media tanam dari sekam padi maupun cacahan sabut kelapa. Media tanam ini akan membuat tanaman akan terjaga dan cepat dalam proses pertumbuhan.

3. Melakukan Penanaman Tanaman Bonsai Serut

Langkah selanjutnya adalah menanam bonggol bonsai serut di media tanamnya seperti pot besar. Sebelum anda membentuknya, anda perlu membutuhkan waktu untuk bonggol serut tumbuh dan beradaptasi dengan media tanam yang baru sebelum anda bentuk menggunakan kawat stainless steel.

Jika akar sudah mulai tumbuh perlahan dan usianya sudah cukup dewasa, anda bisa melanjutkan ke proses selanjutnya dengan membentuk bonsai serut tersebut sesuai dengan ke inginan anda.

4. Proses Pembentukan Bonsai Serut

Selanjutnya adalah waktunya proses pembentukan bonsai dengan seindah-indahnya, agar bonsai serut batang dan rantingnya terlihat lebih cantik, maka anda perlu lakukan pruning daun tanaman serut yaitu dengan cara :

  • Potong ranting atau dahan yang tumbuh kurang baik dengan menggunakan gunting khusus.
  • Lilitkan kawat pada dahan yang sudah diprunning untuk membentuknya anda perlu menyiapkan kawat lilit dari stainless steel atau kawat lainnya yang tidak mudah putus dan berkarat.
  • Bentuk tanaman sesuai dengan keinginan anda.
Baca Juga:  Cara Membuat Bonsai Tanaman Untuk Pemula (Panduan Lengkap)

5. Merawat Bonsai Serut

Setiap tanaman yang hidup perlu membutuhkan perawatan, jika anda menginginkan hasil bonsai yang indah, maka anda perlu melakukan perawatan yang maksimal, tanaman bonsai pohon serut ini adalah merupakan tanaman yang cukup membutuhkan cahaya matahari dalam waktu yang cukup lama.

Untuk merawat bonsai pohon serut, pertama adalah dengan menyiram tanaman ini setiap hari minimal satu kali. Selain itu juga, perawatan selanjutnya yang cukup penting adalah memberi pupuk dan memangkasnya. Tujuan dari memberikan pupuk dan pemangkasan adalah untuk merangsang pertumbuhan daun agar dapat tumbuh dengan lebih rimbun dan cepat.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Bonsai Serut Untuk Para Pemula (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang akan mencoba menanam bonsai serut, selamat berkebun semoga sukses dan terimakasih.