Panduan Pemula Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah

2 min read

Panduan Pemula Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah

Panduan Pemula Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Panduan Pemula Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah


Strawberry ialah buah dari tanaman herba yang memiliki rata- rata 200 biji kecil per satu buah. Terdapat lebih dari 700 jenis strawberry.

Salah satu jenis spesies bernama Fragaria chiloensis L. Jenis ini menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Kebalikannya jenis yang lain yakni F. vesca L yakni salah satu jenis yang menyebar hingga ke Indonesia.

Strawberry memiliki warna buah hijau keputihan apabila masih muda dan hendak bercorak merah kala masak.

warna merah tersebut disebabkan karena buah ini kaya hendak melamin warna antosianin dan mempunyai antioksidan besar.

Strawberry menyimpan nutrisi yang luar biasa. Tidak cuma antioksidan tersebut, ia pula kaya serat, rendah kalori, dan mempunyai vit C, folat, kalium, dan asam ellagic.

Rasanya yang manis bercampur dengan sedikit rasa asam membuat buah ini sangat lezat disaat dimakan, sehingga buah ini sangat disukai masyarakat.

Tidak cuma dimakan secara langsung, buah strawberi pula sering dijadikan toping maupun hiasan santapan tertentu, semacam kue, salad, dan yang lain.


Klasifikasi Serta Ketentuan Berkembang Strawberry

Secara umum, stroberi dapat dibudidayakan di daerah dataran besar( 1000– 1500 dpl), memiliki temperatur hawa relative dingin( 22- 28 C).

Dengan sinar matahari yang tidak sangat kokoh, mempunyai kelembaban hawa 80– 90% dan curah hujan 600– 700 mm/ tahun.

Walaupun begitu, bertepatan perkembangan ilmu pengetahuan, disaat ini buah strawberi pula sudah bisa ditanam pada dataran rendah maupun daerah yang memiliki temperatur lebih panas.

Baca Juga:  Cara Menanam Sawo Manila : Teknik Tepat Penanaman, Perawatan Dan Masa Panen

Apabila ingin menanam stroberi yang bernilai gizi besar, baik buat kesehatan dan ramah zona, sampai bisa mempraktikkan tanam tanpa tanah( soilless), tata cara ini bisa meminimalkan konsumsi pupuk dan pestisida.

Klasifikasi dari strawberry merupakan bagaikan berikut:

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Rosales
  • Famili: Rosaceae
  • Upafamili: Rosoideae
  • Genus: Fragaria

Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah( Soilless) Buat Pemula


  • Persiapan Peralatan dan Bahan

Peralatan dan bahan yang perlu disiapkan buat menanam strawberry tanpa tanah antara lain yakni:

    • Serbuk cocopeat( sabut kelapa)
    • Arang sekam
    • Dolomit
    • Benih strawberry
    • Pupuk kandang
    • Pot plastik/ polybag
    • Tempat perendam cocopeat
    • Timba
    • Pengaduk pupuk.

  • Persiapan Media Tanam Strawberry

Dini, siapkan serbuk cocopeat sesuai kebutuhan, sehabis itu rendam cocopeat dalam air bersih sejauh sebagian hari setelah itu aduk hingga air berbusa putih.

Selanjutnya, buang air dan ganti dengan air yang bersih. Ulangi perendaman sebagian kali hingga busa tidak keluar lagi, sehabis itu jemur cocopeat hingga kering.

Sehabis itu, buatlah media tanam dengan mencampurkan cocopeat dan arang sekam dengan perbandingan 60%: 40% setelah itu siram media dengan 1 liter dolomit( 1- 2 sendok dolomit/ liter air) secara merata dan biarkan sejauh dekat 5 hari.

  • Persiapan Benih Strawberry

Bibit strawberry dapat diperoleh dengan membelinya di toko bibit secara langsung maupun online. Tidak cuma itu bisa pula buatnya sendiri dengan stolon maupun anakan.

Induk yang digunakan buat perbanyakan benih sebaiknya dipilih yang sehat, unggul, penciptaan dan mutu buah baik serta berumur dekat 6- 10 bulan.

Tata cara mempersiapkan benih dari anakan:

Benih dari anakan disiapkan dengan memisahkan anakan dalam rumpun tanaman indukan jadi sebagian bagian setelah itu masing- masing anakan ditanam langsuk pada media tanam dalam pot maupun polybag.

Tata cara mempersiapkan benih dari stolon( geragih):

Stolon yang sudah memiliki akat 1- 2 cm dipotong dari tanaman indyk setelah itu di tanam di tray maupun baki

Setelah itu diisi media tanam berupa endapan pasir halus, sekam dan pupuk kandang maupun kompos dengan perbandingan 1: 1: 1.

Baca Juga:  Panduan Lengkap Cara Budidaya Kurma Untuk Pemula Di Indonesia

Biar kilat tumbuh, tray dipasang penaung maupun sungkup plastik dan jaga biar tanah dan ruang dalam sungkup tetap lembab dengan tata cara disemprotkan air.

  • Penanaman Strawberry

Dini, buatlah lubang tanam sedalam 3- 2 cm maupun sesuaikan dengan perakaran beih strawberry. Ambil benih dengan hati- hati setelah itu masukkan benih ke lubang tanm.

Atur akarnya biar menyebar ke segala arah setelah itu timbun pangkal benih dengan media tanam. Sehabis itu, lakukan penyiraman seperlunya buat melindungi kelembaban media tanam.

Panduan Pemula Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah


Perawatan Tanaman Strawberry

Lakukan pemupukan dengan mengenakan teh pupuk kandang. Tata cara membuat teh pupuk kandang yakni masukkan pupuk kandang yang sudah matang sebanyak 1/ 3 bagian isi timba setelah itu tambahkan air ke timba hingga dekat 5 cm dari permukaan timba.

Biarkan rendaman sejauh 3- 4 hati setelah itu aduk pada pagi dan sore hari. Sehabis itu saring teh pupuk dengan mengenakan kain tipis maupun kain berpori kecil.

Buat mengaplikasikan pupuk, encerkan dengan air dengan perbandingan 1 hasil penyaringan dengan 5- 10 air buat teh. Siramkan teh pupuk kandang kurang lebih dekat 200- 250 ml di daerah pangkal seminggu sekali.

Semprot tanaman dengan 1- 2 ml citromik/ liter da minggu sekali.

Pada fase pembesaran dan pematangan buah, semprotkan pupuk KNO3 buat memperbesar ukuran buah dan buat tingkatkan rasa manis sampai semprotkan pupuk kiserit.

Tidak cuma itu, lakukan pemangkasan, penjarangan buah dan penyiangan gulma yang tumbuh disekitar tanaman strawberry.

Demikian ulasan mengenai Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih