Bunga Tulip Di Indonesia

3 min read

Bunga Tulip Di Indonesia

Bunga Tulip Di Indonesia – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Bunga Tulip Di Indonesia. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Bunga Tulip Di Indonesia


Di Indonesia, bunga tulip ini kerap ditemukan pada halaman bunga ataupun perkebunan bunga didaerah pegunungan.

Memanglah tidak seluruh wilayah sesuai buat ditanami bunga ini. Utamanya bunga ini hendak berkembang dengan bak di wilayah pegunungan.

Dampaknya memanglah tidak sering ditemukan terdapat bunga tulip yang dapat berkembang dengan baik di dataran rendah Indonesia kecuali dengan perlakuan spesial.

Sebab keelokan bunganya, maka tumbuhan bunga tulip ini sesuai dijadikan bagaikan penghias taman yang luas maupun halaman.

Itu sebab kepribadian tanamannya yang berkembang menjulang tegak sebagaimana tumbuhan jagung.

Jadi bunga ini tidak sesuai buat ditanam satuan dalam pot dimensi sedang ataupun kecil.

Dia hendak nampak lebih indah jika ditanam dalam jumlah banyak pada suatu zona ataupun pada pot yang besar. Harga bibit bunga tulip ini pula terkategori mahal dipasaran.


Terdapat 2 (dua) metode sangat penting bila mau sukses menanam tulip di hawa tropis, ialah:

  • Proses mendinginkan ataupun cold treatment
  • Proses menanam supaya pangkal dengan sehat

Melaksanakan Cold Treatment

Biasanya tulip hadapi 3-4 bulan periode dingin buat bisa berkembang dengan baik serta menciptakan bunga tulip yang diidam-idamkan banyak orang.

Perihal ini pasti jadi hambatan besar di Indonesia, tetapi bukan berarti tidak terdapat jalan keluarnya.

Kamu dapat melaksanakan cold treatment terhadap tulip dengan gampang, ialah dengan menaruh umbi-umbi tulip di kulkas.

Sebagian perihal yang wajib diperhatilkan kala melaksanakan cold treatment terhadap tulip:

  • Temperatur yang dianjurkan merupakan 1,7 sampai 12,8 derajat Celsius.
  • Lama penyimpanan merupakan hampir 1,5–4 bulan.
  • Bungkus umbi tulip terlebih dulu memakai plastik cetik (ziplock) supaya tidak terserang gas etilen yang dikeluarkan oleh sayur mayur yang terdapat dalam kulkas.
  • Hindarkan pula penyimpanan umbi dari buah-buahan, paling utama buah apel.
  • Secara teratur cek keadaan umbi di dalam plastik cetik sebab umumnya timbul embun dalam plastik semacam air yang menetes, perihal ini bisa memunculkan jamur pada umbi. Rajinlah mensterilkan jamur tersebut.
Baca Juga:  Budidaya Cabe Rawit Organik : Pembibitan, Pemindahan Media Tanam, Perawatan dan Cara Panen

Menanam Tulip dengan Baik serta Benar

Kala telah berakhir lewat proses pendinginan dalam kulkas sesuai poin yang sudah disebutkan di atas, saat ini waktunya kita menanam umbi yang sudah kita simpan lumayan lama di kulkas.

  • Menanam umbi tulip cukup 2-3 centimeter saja dari permukaan media tanam yang digunakan. Di luar negeri tulip ditanam sampai 10 centimeter di dasar permukaan tanah buat menjauhi temperatur yang sangat ekstrim kala masa salju datang.
  • Lebih baik memakai media tanam yang sudah dicampur dengan kompos.
  • Saat sebelum meletakkan umbi, mengadakan selapis tipis pasir agresif pada media tanam kemudian letakkan umbinya. Perihal ini hendak membuat umbi lebih sejuk.
  • Perhatikan drainase wadah yang digunakan buat menanam tulip. Pada dasarnya wadah wajib mempunyai lubang di dasar supaya air yang kelewatan dapat keluar. Umbi tulip sangat rentan busuk.
  • Menyiram umbi tulip hendaknya jangan dari atas supaya tidak langsung kena umbi. Hendaknya rendam bagian sangat dasar pot yang berlubang ke wadah berisi air sepanjang 2-3 menit, air hendak merembes masuk ke media tanam dari dasar serta langsung kena pangkal. Perihal ini meminimalisir resiko umbi busuk.

Bunga Tulip Di Indonesia


Apakah Tulip Butuh Dipupuk?

Buat proses pemupukan, banyak sumber di internet yang berkata tidak butuh melaksanakan pemupukan pada tulip, sebab umbi tulip sendiri sudah memiliki santapan yang cukup buat proses pembuatan daun serta perakarannya.

Bila Kamu mau memberikan pupuk maka hendaknya diberikan kala tumbuhan tulip telah besar ataupun siap berbunga, manfaatnya supaya nutrisi tumbuhan tulip lumayan buat bisa berbunga pada tahun selanjutnya.

Begitulah metode menanam tulip yang baik serta benar di Indonesia. Terdapat sebagian panduan lagi yang kami berikan sebgaia berikut:

  • Umbi tulip rentan busuk, umumnya sebab ditanam sangat cepat (kurang cold treatment)
  • Banyak kebuners yang gagal mengembangkan tulip sebab kala proses cold treatment terjadi padam listrik (proses cold treatment tidak menentu serta kurang maksimal)
  • Bila umbi tulip busuk maka coba buka susunan luar serta cari anakan dalam umbi busuk tersebut. Terkadang, umbi luar busuk tetapi nyatanya anakannya sehat sehingga bisa dipisah serta ditanam kembali.
Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Tulip Sukses

Panen Bunga Tulip

Langkah pamungkas di dalam menanam sesuatu tumbuhan yakni proses pemanenan.

Dalam proses pemanenan tumbuhan bunga tulip ini kamu wajib menunggu sampai bunga tulip mempunyai usia yang lumayan ialah hampir 8 bulan sehabis proses penanaman.

Pada umur 8 bulan ini bunga tulip sepatutnya telah timbul bunga nya, apabila tumbuhan bunga tulip yang kamu tanam tidak berkembang bunga kala telah tiba umur 8 bulan, maka tentu ada yang salah dari metode kamu menanam nya.

Ada pula metode yang dicoba dalam memicu tumbuhnya bunga pada tumbuhan bunga tulip ini yakni dengan berikan pancaran cahaya matahari, baik itu di ruangan terbuka maupun tertutup semacam rumah kaca.

Kamu bisa berikan semacam naungan berbentuk rumah jaring buat kurangi terbentuknya penguapan pada dikala tengah hari.

Apabila kamu menanam bunga tulip buat dijual kembali ke pasaran demi mendapatkan keuntungan, maka pada dikala buka mekar.

Kamu wajib langsung lekas memotongnya serta lekas pindahkan ke sesuatu ruangan buat setelah itu diawetkan demi menciptakan bunga tulip yang fresh serta siap buat dijual ke pasaran.

Demikian ulasan mengenai Bunga Tulip Di Indonesia, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.