Bunga Dahlia : Cara Menanam, Jenis, Persiapan Dan Perawatan

3 min read

Bunga Dahlia : Cara Menanam, Jenis, Persiapan Dan Perawatan

Bunga Dahlia : Cara Menanam, Jenis, Persiapan Dan Perawatan – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Bunga Dahlia. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Bunga Dahlia : Cara Menanam, Jenis, Persiapan Dan Perawatan


Bunga Dahlia ialah tumbuhan perdu berumbi yang sifatnya tahunan, berbunga di masa panas sampai masa gugur. Bunga Dahlia pula jadi bunga nasional negeri Meksiko yang mana ialah negeri asal bunga ini.

Dahlia ialah tumbuhan bunga hias berbentuk tanaman tahunan yang tegak. Tumbuhan ini berasal dari pegunungan Meksiko. Bunga Dahlia tercatat tumbuhan hias yang telat dibudidayakan.

Di Eropa budidaya diawali tahun 1789, dari Royal Botanical Garden di Madrid, Spanyol serta menyebar ke seluruh Eropa Barat. Walaupun perkembangannya sangat lelet, di tahun 1841 sudah ada 1.200 varietas.

Bunga Dahlia dihadirkan ke Jawa Barat dari negara Belanda pada masa penjajahan di abad ke-19. Saat ini Tumbuhan ini jadi komoditi bunga potong/bunga pot yang berarti pada beberapa belahan dunia.

Tumbuhan ini tercatat bunga yang telat dikembangbiakkan. Di tahun 1872, negara Belanda menerima sekotak umbi Dahlia yang dikirim dari Meksiko.

Dari sekotak umbi bunga Dahlia nyatanya hanya satu umbi yang sukses berbunga namun menciptakan bunga indah rupanya merah dengan daun bunga yang runcing.

Pakar tumbuhan sukses mengembangbiakkan bunga Dahlia yang setelah itu dinamakan Dahlia juarezii. Dahlia juarezii ialah nenek moyang segala bunga Dahlia hibrida (persilangan) yang ada saat ini.


Cara Menanam Bunga Dahlia

Ketahui Jenis Bunga Dahlia Yang Kerap Ditanam

Terdapat lebih 1.200 jenis bunga dahlia, dari sekian banyak bunga dahlia ini terdapat 4 jenis bunga dahlia yang banyak disukai orang sebab kencantikannya.

  • Hanakerusai Dahlia: Mempunyai ciri bunga yang bercorak merah dengan semburat kuning pada bagian tengah bunga, kedua corak ini menciptakan perpaduan corak yang sempurna serta sangat menawan. Mahkota bunga mempunyai wujud runcing serta mengumpul.
  • Dahlia Kuning: Mempunyai karakterisitik bunga yang bercorak kuning dengan sebagian corak putih pada bagian ujungnya sehingga menciptakan corak yang terang. Mahkota bunga mempunyai wujud kecil serta mengumpul.
  • Hibotan Dahlia: Mempunyai ciri corak merah muda yang sangat menawan. Tipe dahlia ini mempunyai kuncup kecil pada bagian tengah bunga. Sangat indah serta menawan buat menghias rumah Kamu.
  • Yukitemari Dahlia: Mempunyai ciri corak putih bersih dengan corak kuning pada bagian tengah menjadikan kesan menawan serta suci. Meski namanya mempunyai kesan Jepang, tetapi tipe dahlia ini bukan berasal dari Jepang.
Baca Juga:  6 Cara Menanam Hidroponik Kangkung dengan Mudah dan Baik

Jika saat ini Kamu tertarik buat bunga yang sangat menawan dengan bermacam corak ini, berikut merupakan metode menanam bunga dahlia yang benar.


Tentukan Posisi Tanam

Salah satu perihal yang sangat penting dalam menanam bunga dahlia merupakan sistem pengairan serta cahaya matahari. Ciri bunga dahlia sedikit berbeda dengan bunga lain pada biasanya.

Jika pada bunga lain cenderung gampang pudar saat terserang cahaya matahari, lain halnya dengan bunga dahlia yang wajib terserang cahaya matahari langsung biar dapat tumbuh dengan baik.

Tidak hanya cahaya matahari, perihal lain yang tidak kalah pentingnya merupakan sistem pengairan yang mudah. Ini sangat berarti buat membenarkan bunga dahlia memperoleh lumayan konsumsi air saat terletak dibawah cahaya matahari langsung.

Bunga Dahlia : Cara Menanam, Jenis, Persiapan Dan Perawatan


Persiapan Bibit Bunga

Bibit bunga dahlia terkategori gampang ditemui serta tidak sangat sulit didapat. Kamu dapat membelinya kepada orang dagang tumbuhan hias yang umumnya menjual tumbuhan hias di pinggir jalan.

Bila mau lebih hemat, Kamu pula dapat memperoleh bibit bunga dengan cara manual memakai bagian tumbuhan semacam biji, batang, maupun umbi dari tumbuhan ini.


Persiapan Media Tanam

Bila mau menanam bunga di lahan, maka Kamu wajib mensterilkan lahannya terlebih dulu. Tetapi jika tidak mempunyai lahan yang lumayan luas, maka bunga dahlia pula dapat ditanam didalam pot.

Media tanam yang diperlukan buat menanam bunga ini ialah kombinasi tanah humus serta pula pupuk kandang. Persiapkan media tanam dekat 7 hari saat sebelum melaksanakan penanaman.


Proses Penanaman Bunga Dahlia

Kala bibit dahlia sudah berkembang serta lumayan besar maka setelah itu dipindahkan ke wadah yang lebih besar, Dan kamu cuma butuh mempersiapkan wadah berikutnya. Pakai pupuk kimia supaya dapat mendukung perkembangan dari dahlia tersebut. Berikut cara pemeliharaan bunga dahlia:

  • Pisahkan dengan hati – hati bibit dari polybag tersebut dengan cara melonggarkan media tanam terlebih dulu supaya tidak terdapat pangkal yang rusak serta putus.
  • Pangkas daun dahlia supaya tidak terfokus seluruh nutrisi pada pertumbuhan daun serta nantinya banyak bunga dahlia yang hendak bermekaran. Ini akan meneyababkan fokus nutrisi cuma ke area bunga.
  • Pakai stimulasi perkembangan dengan cepat dengan cara pemupukan baik pemupukan dengan memakai pupuk kimia ataupun pemupukan dengan pupuk kompos.
  • Perhatikan sinar dari cahaya matahari, sebab perkembangan dahlia membutuhkan cahaya matahari.
Baca Juga:  Jenis Tanaman Pagar

Perawatan Bunga Dahlia

Supaya bisa memperoleh bunga dahlia yang sehat serta berbunga dengan indah, maka kamu wajib melakukan serangkaian perawatan kepada bunga dahlia tersebut, dengan langkah – langkah sebagai berikut:

  • Bila bunga dahlia sudah berkembang dengan baik maka kamu dapat kurangi keseriusan pemupukan.
  • Kamu cuma butuh melakukan pemangkasan dengan menganti keseriusan pemupukan tersebut.
  • Potonglah daun serta ranting yang kelewatan ataupun yang sudah membusuk dengan memakai gunting tumbuhan ataupun pisau yang tajam.
  • Jaga bunga dahlia dari beragam serbuan hama serta penyakit semacam ulat.
  • Jangan sangat sering menyiram tumbuhan dahlia sebab dapat menimbulkan pembusukan.
  • Tetapi, bila cuaca berganti jadi sangat kering serta panas maka kamu wajib lebih kerap menyiram tumbuhan tersebut. Simaklah kelembaban dari tanah ataupun media tanam tempat dahlia ditanam, jangan perkenankan air menggenang serta tanah sangat lembab dalam jangka waktu yang lama. Tetapi, pula jangan perkenankan media tanam nampak sangat kering.
  • Jangan perkenankan bunga dahlia berkembang sangat besar, pangkaslah dengan teratur.
  • Selalu membenarkan kalau kamu meletakan bunga dahlia diarea yang terkena cahaya matahari secara langsung.
  • Buanglah bermacam – macam gulma ataupun hama yang melanda tumbuhan dahlia.
  • Pisahkan tunas baru supaya perkembangan mereka tidak sangat padat bila memakai pot.
  • Berikan penyemprotan anti hama bila tumbuhan terkena hama tidak terkontrol.

Demikian ulasan mengenai Bunga Dahlia : Cara Menanam, Jenis, Persiapan Dan Perawatan, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read