Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Baik Dan Benar

4 min read

Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Baik Dan Benar

Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Baik Dan Benar – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Singkong Gajah. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Baik Dan Benar


Singkong gajah merupakan singkong varietas unggul dari Kalimantan Timur yang bisa berproduksi sampai 40 kilogram per tumbuhan.

Singkong gajah bisa berkembang baik di dataran rendah ataupun dataran besar, namun tidak bisa berkembang baik di wilayah rawa ataupun yang terus menerus kerap tergenang air.

Dengan perkembangan yang wajar, tumbuhan singkong gajah bisa menggapai besar 4 hingga dengan 5 m.Penciptaan rata- rata Singkong Gajah fresh tipe ini per hektar merupakan 120 ton, Usia tumbuhan 10 bulan telah bisa dipanen.


Ciri Identitas Singkong Gajah

  • Daun muda bercorak ungu kemerahan;
  • Nyaris 99 persen pada singkong gajah usia 3- 4 bulan ujung tunas hendak bercabang 3( 3);
  • Batang muda bercorak ungu kemerahan;
  • Daun nampak lebih lebar dari singkong biasa.

Syarat Tumbuh Singkong Gajah

Posisi yang bagus buat menanam singkong gajah ialah yang terletak di ketinggian 10 hingga 700 m di atas permukaan laut.

Sebaliknya curah hujan yang turun berkisar 1. 500- 2. 500 milimeter/ tahun dengan keadaan temperatur hawa minimun 10°C serta kelembaban 60- 65%.

Sebaliknya apabila ditanam di temperatur kurang dari 10°C hendak menimbulkan terhambatnya proses perkembangan.

Upayakan lahan tempat menanam terletak di tempat yang terserang cahaya matahari sepanjang 10 jam tiap harinya. Perihal ini hendak berakibat baik buat perkembangan serta kesuburan tumbuhan singkang gajah.

Singkong gajah ialah tipe tumbuhan yang gampang dibudidayakan di seluruh tipe lahan, asalkan tidak terendam air serta terdapat naungan.

Energi berkembang tumbuhan ini lumayan luar biasa, apalagi di lahan tanah berpasir kurang produktif masih dapat menciptakan umbi rata- rata 15 kilogram/ batang.

Buat memperoleh hasil terbaik Kamu dapat menanamnya di tanah dengan tekstur remah, gembur, tidak sangat liat, tidak sangat berpori serta kaya bahan organik.

Tidak hanya itu Kamu pula wajib mencermati keasaman tanah cocok buat budidaya singkong berkisar antara 4, 5– 8, 0 dengan pH sempurna 5, 8.


Langkah Cara Menanam Singkong Gajah


  • Memilah Bibit Unggul

Singkong ialah tumbuhan yang sangat gampang proses pembibitannya sebab tidak membutuhkan media lain semacam pot ataupun polybag.

Proses pembibitannya pula tidak memerlukan waktu yang lama, sebab bibit diambil dari batang tumbuhan induk. Hendaknya indukan yang diambil buat bibit minimun berumur 10- 20 bulan.

Baca Juga:  Manfaat Mangan

Memilih batang yang kokoh serta leluasa dari penyakit, mempunyai perkembangan wajar, sehat serta seragam.

Seleksi batang yang sudah berkayu dengan diamater± 2, 5 centimeter, lurus serta belum terdapat berkembang tunas- tunas baru.

Mutu dari bibit yang digunakan hendak sangat mempengaruhi pada perkembangan serta hasil budidaya singkong gajah, oleh kerena itu yakinkan Kamu buat memilah bibit terbaik.

  • Membuat Lahan Budidaya Singkong Gajah

Lahan yang baik hendak membuat tumbuhan dapat berkembang dengan produktif sehingga dapat menciptakan umbi singkong yang bermutu.

Langkah dini dalam mempersiapkan lahan tanam merupakan dengan memberishkan lahan dari bermacam tumbuhan gulma, batu dan sisa- sia pangkal tumbuhan.

Perihal ini bertujuan buat meminimalisir kendala yang dapat membatasi perkembangan singkong gajah.

Sehabis lahan dibersihkan langkah berikutnya merupakan membuat tanah jadi lebih gembur dengan metode di bajak.

Butlahlah bedengan buat memudahkan perawatan tumbuhan singkong gajah. Pada proses ini bagikan kaptan( dolomite) sebanyak 1- 2. 5 ton/ ha, bagikan kapur ini bertepatan dengan pemberian pupuk kandang.

Sebaliknya buat masa pemupukan hendaknya memakai pupuk cair organik MiG- 6 Plus.

Dengan begitu hingga pemakaian pupuk kimia hendak menurun hingga dengan 50%. Secara tidak langsung perihal tersebut hendak mengirit bayaran buat pemupukan.

Tiga hari saat sebelum proses penanaman bagikan 2 liter MiG- 6 Plus dengan dosis 1 liter MiG- 6 Plus dicampur 200 liter air. Semprotkan pupuk tersebut pada lahan yang hendak ditanami singkong.

  • Menanam Singkong Gajah

Proses penanaman singkong gajah dicoba 3 hari sehabis persiapan lahan berakhir. Waktu menanam yang baik ialah kala dini masa hujan, ataupun pada masa sehabis panen padi. Kamu dapat menanam bibit singkong dengan

jarak tanam 80 x 120 centimeter, dimana dalam satu hektar lahan dapat ditanami dekat 7. 500- 10. 000 batang.

Saat sebelum bibit ditanam hendaknya dicoba perendaman dulu dengan memakai pupuk biologi MiG- 6 Plus yang sudah dicampur dengan air sepanjang 3- 4 jam.

Metode menanam bibitnya dicoba dengan meruncingkan bagian ujung stek. Setelah itu tanam bibit dengan kedalaman dekat 5- 10 centimeter ataupun sepertiga panjang bibit.

Apabila keadaan tanah lumayan keras, stek dapat ditanam dangkal saja.


Pemeliharaan Singkong Gajah

Saatnya masuk pada proses sangat berarti dalam budidaya singkong, ialah pemeliharaan tumbuhan. Proses pemeliharaan ini mencakup pemupukan, pengairan, pembersihan lahan dari tumbuhan gulma, hama serta penyakit.

Buat pemupukan susulan diberikan kala tumbuhan berusia 2 bulan ialah dengan membagikan MiG- 6 Plus sebanyak 2 liter, setelah itu pemebrian pupuk dicoba tiap 2 bulan sekali dengan dosis yang sama hingga tumbuhan berusia 8 bulan.

Tidak hanya membagikan pupuk organik, kala tumbuhan berusia 60- 90 hari pula diberikan pupuk kimia. Pupuk yang diberikan berbentuk Urea: 85 kilogram serta KCL: 85 kilogram.

Lima hari sehabis masa tanam hendaknya pula diberikan pupuk NPK berbentuk kombinasi TSP/ SP36: 75 kilogram serta KCL: 50 kilogram pada lahan 1 hektar.

Baca Juga:  Cara Menanam Sengon : Pembibitan, Penyiapan Lahan, Penanaman, Pemeliharaan dan Penanggulangan Penyakit

Dosis buat satu bibit tumbuhan diberikan pupuk sebanyak 22. 5 gr dengan metode ditugal. Bagikan jarak antara lubang pupuk dengan tumbuhan dekat 15 centimeter dengan kedalaman 10 centimeter.

Sepanjang proses pemupukan ini cek pula apakah terdapat bibit yang mati ataupun tidak berkembang tunas, apabila terdapat lekas ubah dengan bibit yang baru.

Perawatan berikutnya merupakan penyiangan serta pembersihan tumbuhan gulma. Dalam satu kali masa tanam umumnya dicoba penyiangan sebanyak 2 kali.

Sepanjang masa penyiangan jalani pula pengemburan tanah di dekat tumbuhan supaya tumbuhan dapat berkembang dengan optimal.

Metode menanam singkong gajah berikutnya merupakan dengan melaksanakan pemangkasan cabang yang tidak dibutuhkan.

Perihal ini dicoba supaya cuma tersisa cabang yang bermutu sehingga kala panen cabang dapat digunakan bagaikan bibit.

Usahakan buat membuat tumbuhan singkong supaya dalam kondisi lembab namun tidak tergenang air hingga usia 5 bulan sehabis tanam.

Kala datang masa kemarau jalani penyiraman dengan metode mengenangkan air di selah- selah bedengan.

Perihal ini bertujuan supaya air menyerap ke dalam tanah serta gampang diserap oleh pangkal tumbuhan. Metode penyiraman ini dapat dicoba tiap 2 minggu sekali.

Buat hama serta penyakit tidak butuh takut, sebab tumbuhan ini mempunyai ketahanan yang baik terhadap serbuan hama serta penyakit.

Jadi Kamu tidak butuh memakai pestisida. Kalaupun terdapat semut Kamu dapat memakai Decis dosis 2 ml per liter air.

Cara Budidaya Singkong Gajah Yang Baik Dan Benar


Masa Panen Singkong Gajah

Sehabis berakhir menekuni metode menanam singkong gajah yang baik, datang saatnya buat memanen hasil dari budidaya tumbuhan ini.

Singkong gajah telah mulai dapat dipanen kala merambah umur 8 bulan apabila tujuannya buat dijadikan bahan santapan. Namun apabila mau dijadikan tepung hendaknya penen dicoba kala singkong berumur 10 bulan.

Salah satu karakteristik tumbuhan singkong telah siap buat dipanen dapat dilihat dari daunnya yang mulai menguning serta berguguran.

Jalani pemangkasan batang hingga sepertiganya ataupun dekat 15 centimeter sehingga mempermudah buat mencabutnya. Jangan memakai cangkul sebab dikhawatirkan hendak menimpa umbi singkong.

Pada dikala panen ini Kamu sekalian dapat mengambil bibit dari batang- batang singkong opsi. Memilih cabang yang tidak sangat tua serta pula tidak sangat muda.

tebang dengan pisau tajam, kemudian potong- potong jadi dimensi dekat 20 centimeter. Kala hendak dikirim, bibit lumayan diikat tali rafia serta dikemas dalam karung plastik.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Singkong Gajah, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.