Cara Mudah Budidaya Ketumbar Untuk Pemula

2 min read

Cara Mudah Budidaya Ketumbar Untuk Pemula

Cara Mudah Budidaya Ketumbar Untuk Pemula – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Ketumbar. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Mudah Budidaya Ketumbar Untuk Pemula


Ketumbar atau latinnya  Coriandrum sativum ialah tumbuhan bumbu yang cukup populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak.

Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, semacam biji kecil- kecil berdiameter 1- 2 mm. Ketumbar mempunyai aroma yang khas. Aroma ini disebabkan oleh komponen kimia yang terdapat dalam minyak atsiri ketumbar.

Komponen utama minyak atsir ketumbar ialah linalool, dengan komponen pendukung yang lain semacam geraniol, geranil asetat dan camphor.

Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal bagaikan coriander dan di Amerika Latin dikenal bagaikan cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan dekat Laut Kaspia.

Ketumbar pula berguna buat meredakan pusing, muntah- muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang buah dada, campak, masuk angin, tekanan darah besar, dan lemah syahwat.

Minyak atsiri ketumbar mempunyai coriandrol( linalool). Linalool dapat dimanfaatkan bagaikan bahan baku parfum, farmasi, aroma santapan dan minuman, sabun mandi, bahan dasar lilin, sabun cuci, sintesis vit E, pestisida dan insektisida.

Ketumbar maupun Coriandrum sativum yakni tumbuhan bumbu yang sangat terkenal. Buahnya yang kecil dikeringkan dan sehabis itu diperdagangkan, baik digerus maupun tidak.

Bentuk yang tidak dihaluskan sama dengan lada, semacam biji kecil- kecil berdiameter 1- 2 mm.

Ketumbar memiliki aroma yang khas. Aroma ini diakibatkan adanya komponen kimia yang terdapat dalam minyak atsiri ketumbar.

Komponen utama dari minyak atsir ketumbar ialah linalool, dan komponen pendukungnya semacam geraniol, geranil asetat dan pula camphor.

Baca Juga:  Cara Merawat Ikan Guppy

Daun dari ketumbar yang majemuk semacam seledri itu sering diiris tipis dan dijadikan bagaikan taburan dimasakan semacam sup dan salad khas Thailand.

Di negara itu, ketumbar dinamai phak chee. Sama dengan bijinya, daun ketumbar pula memiliki aroma yang tajam.

Daun ketumbar hijau dengan memiliki tepian yang bergerigi. Kebalikannya, buat bunga majemuknya berbentuk semacam payung bersusun dan mempunyai warna putih pula merah muda.


Ketentuan Berkembang Ketumbar

  • Ketinggian yang sesuai buat budidaya ketumbar ialah 700- 2. 000 m dpl.
  • Curah hujan buat budidaya ketumbar yang sempurna ialah 1. 000– 2. 000 mm/ tahun.
  • Tingkatan keasaman( pH) dekat 6, 2—6, 8.

Langkah Cara Budidaya Tanaman Ketumbar


  • Persiapan Bibit Ketumbar

Bibit ketumbar bisa diperoleh dari biji yang sudah cukup umur dan sehat. Sehabis itu dikala saat sebelum ditanam biji dipilih terlebih dahulu.

Biji ketumbar direndam terlebih dahulu dengan air hangat sejauh 2– 12 jam.

Siapkan polybag dan sehabis itu isi dengan media tanam berupa campuran tanah yang gembur dan pupuk kandang/ kompos pada kedalaman 1- 2 cm.

Sehabis itu mulai semaikan biji dengan kedalaman 1/ 4 inchi. Biji hendak tumbuh dalam pada waktu 7- 10 hari.

  • Penanaman Bibit Ketumbar

Siapkan lahan dan kelolah lahan dengan tata cara mencangkul sedalam 30 cm sebanyak 2 kali dengan sela waktu 5- 7 hari.

Bilas gulma dan pula sisa tanaman yang ada di lahan. Sehabis permukaan lahan diratakan, Buatlah lubang tanam yang berjarak 10- 15 cm dengan kedalaman 3- 5 cm.

Jarak antar alur antara 35- 50 cm. Lakukan penanaman pada disaat sore hari supaya tanaman bisa membiasakan diri dengan baik.

Bibit dilepas dari media semai secara hati- hati biar tidak mengusik, setelah itu ditanamkan ke dalam lubang tanam. Jangan kurang ingat menyiram lahan buat tingkatkan kelembaban udaranya.

  • Pemanenan Ketumbar

Tanaman ketumbar sudah dapat dipanen apabila sudah memasuki usia 3- 3, 5 bulan dari waktu tanam. Memiliki warna coklat kuning, tanaman sudah mencapai besar 4 hingga 6 inchi.

Baca Juga:  Menanam Semangka di Polybag Untuk Pemula (Panduan Sukses)

Panen dikerjakan dengan tata cara memotong maupun mencabut tanaman setelah itu tanaman di ikat dan dijemur sejauh seminggu maupun lebih. Biji dilepaskan dari buah dan dijemur lagi sampai kering.


Perawatan Tanaman Ketumbar


  • Pemupukan

Berilah pupuk nitrogen larut dalam air sehabis tanaman yang mempunyai besar dekat 2 inchi. Dosis yang diberikan dekat¼ cangkir buat 7, 6 meter zona tanam.

  • Penyiraman

Apabila tanaman ketumbar sudah tumbuh secara kuat, jangan kelewatan dalam melakukan penyiraman, karena tanaman ketumbar sendiri yakni salah satu tumbuhan dari daerah yang beriklim kering.

Pastikan biar tanah tetap dalam kondisi lembab, namun tidak berair.

  • Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada tanaman ketumbar yang telah tumbuh besar dekat 2 hingga 3 inchi.

Jangan kurang ingat buat mencabut tanaman yang tumbuh kecil- kecil dan membiarkan tumbuhan besar yang tumbuh dengan jarak masing–masing dekat 8– 10 inchi.

Cara Mudah Budidaya Ketumbar Untuk Pemula

Hama serta Penyakit Ketumbar

  • Hama Stegobium paniuceum

ia hendak masuk ke dalam biji ketumbar dan menimbulkan biji ketumbar jadi bolong dan memakan isi dari ketumbar sehingga jadi bubuk biji.

Tata cara pencegahannya dengan mencari sumber dari kumbang tersebut. Penanganannya dengan menaruh predator alami buat hama ini, dan pula mengenakan pestisida sesuai dengan dosis yang dibutuhkan.

  • Penyakit Bintik daun bakteria

penyebabnya: Pseudomonas syringae Gejalanya: daun hendak berubah jadi hitam dan kurang baik.

Penanganannya: memetik dan membuang daun yang telah rusak, lakukan pemangkasan tanaman dimusim dingin hingga dini masa semi dan lakukan penyemprotan pestisida.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Ketumbar , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.