Budidaya Jintan Hitam

3 min read

Budidaya Jintan Hitam

Budidaya Jintan Hitam – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Jintan Hitam. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Budidaya Jintan Hitam


Habbatussauda yakni nama lain dari biji jintan hitam yang asal dari tumbuhan berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae, tumbuhan asli Asia Selatan dan Asia Barat.

Di negeri asalnya, jintan hitam kerap digunakan bagaikan bumbu penyedap dan pengawet alami buat masakan India dan Timur Tengah.

Jintan hitam mempunyai rasa dan aroma khas pahit-pedas semacam campuran bawang merah, lada hitam, dan oregano.

Biji jintan hitam agak keras, berupa limas ganda dengan kedua ujungnya meruncing, limas yang satu lebih pendek dari yang lain.

Bersudut 3-4 dengan panjang 1, 5-2 milimeter, lebar lebih kurang 1 milimeter permukaan luar bercorak hitam kecoklatan, hitam kelabu sampai hitam, berbintik-bintik, agresif, mengkerut, terkadang dengan sebagian rusuk membujur maupun melintang.

Bijinya dianggap bagaikan bumbu yang menarik serta ditanam secara komersial. Meningkatkan satu ataupun 2 tumbuhan Caraway ke kebun Kamu membenarkan bunga serta rasa yang indah buat masakan Kamu.

Tidak terdapat kebun herbal yang sepatutnya tanpanya. Ini sangat kuat bertahan hidup didaerah subtropis serta tidak sangat rumit selama disiram serta diberi makan.

Tetapi mengerti kah kamu metode budidaya jintan hitam? Bila belum maka berikut kami hendak membahas tentang metode budidaya jintan hitam yang benar.


Lokasi serta Perawatan

Supaya dapat menanam jintan hitam dengan mutu panen yang baik hingga berikut sebagian perihal yag wajib Kamu tahu:

  • Jintan hitam memerlukan cahaya matahari penuh buat berkembang dengan baik.
  • Dia menggemari tanah yang dikeringkan dengan banyak bahan organik serta pupuk.
  • Tidak berkembang dengan baik di tanah yang tergenang air ataupun tanah liat yang berat.
  • Sebagian sumber berkata itu suka tanah berpasir, yang lain berkata itu wajib dihindari sebab menciptakan timbulnya benih hampa, opsi terbaik merupakan tanah berpasir dengan banyak bahan organik buat melindungi kelembaban yang dibutuhkannya.
  • Jintan hitam memerlukan banyak air, irigasi menetes ataupun sistem sprinkler di halaman paling utama di hawa panas serta selama masa panas. Dia bahagia di tanah yang lumayan asam ataupun basa yang mentolerir bermacam pH dari 4,8 sampai 7,8.
  • Tumbuhan bisa rusak akibat cuaca yang sangat dingin. Tumbuhan ini mungkin hendak senantiasa dalam kondisi vegetatif buat tahun itu serta tidak berbunga sampai masa selanjutnya.
  • Sehabis tumbuhan diresmikan, mereka hendak menemukan khasiat dari pupuk tambahan hampir 2 kali per bulan dengan kompos samping kompos dekat pertengahan masa buat menciptakan daun serta bunga terbaik.
  • Tumbuhan jintan bisa nampak sangat mirip dengan gulma ditahap dedaunan, jadi berhati-hatilah supaya Kamu tidak berpikir Kamu lagi meningkatkan gulma.
  • Pada tahun awal semenjak jintan itam umumnya tidak berkembang lebih besar dari 24 centimeter gampang buat melihat perbedaannya, karena gulma hendak naik lebih tingi. Tetapi di tahun kedua serta bisa jadi tahun ketiga, kewaspadaan lebih dibutuhkan buat membedakan mereka.
Baca Juga:  Cara Ternak Anak Ayam Baru Menetas Agar Tidak Cepat Mati (Panduan Lengkap)

Metode Menumbuhkan Bibit

Metode menumbuhkan bibit jintan hitam lumayan dengan memakai bijinya:

  • Taburkan benih jintan hitam 2 centimeter jauh di masa gugur ataupun masa semi. Sehabis biji jintan hitam berkecambah, tipiskan tumbuhan jinten hitam jadi 8 sampai 12 centimeter secara terpisah.
  • Dalam hawa dingin, mulsa pangkal tumbuhan dengan memakai jerami ataupun mulsa organik, yang hendak menaikkan nutrisi ke tanah.
  • Perkecambahan jintan hitam merupakan lambat serta sporadis kala berkembang biji jintan, serta racikan tersebut bisa ditumpangsarikan buat menolong menghindari gulma serta mengelola keadaan tanah.
  • Cuma memerlukan sedikit penanaman yang dibutuhkan dalam perkembangan jintan hitam, hendak namun kelembapan yang lumayan ialah komponen yang sangat berarti pada tahun awal.
  • Dedaunan tumbuhan jintan hitam sangat butuh dilindungi supaya senantiasa kering selama irigasi, jadi memakai selang tetes ialah salah satu metode yang terbaik buat senantiasa melindungi tingkatan kelembaban tanah.

Budidaya Jintan Hitam


Hama

Jintan hitam tidak tersendat oleh banyak hama ataupun penyakit, akan namun terkadang diserbu oleh sebagian lalat pangkal wortel, ataupun kerap dikenal bagaikan lalat karat wortel (Psila rosae).

Metode menanggulangi lalat ini semacam metode menanggulangi penyakit pada tumbuhan sawi.

Jadi salah satu anggota dari keluarga peterseli itu dapat saja diserbu oleh ulat peterseli, serta metode mengatasinya umumnya dapat dibuang dengan memakai tangan.

Bunganya sangat menarik untuk tawon parasit yang mengatur kutu daun.

Belalang dapat jadi bagian badan hama serta belalang di ilustrasi benih bisa menimbulkan down-grading ataupun penolakan. Daun hopper bisa jadi pula penting sebab mereka mengirimkan penyakit kuning aster.

Sebagian upaya yang wajib dicoba buat menghindari penyebaran ganja daun ke tumbuhan jintan semacam metode menanggulangi penyakit tumbuhan semangka.

Baca Juga:  Cara Menanam Singkong Agar Hasil Melimpah (Sukses)

Pemanenan

Berikut hendak kami beritahukan metode memanen jinten hitam dalam postingan metode budidaya jinten hitam ini:

  • Daun bisa dipanen kapan saja selama tahun perkembangan sehabis tumbuhan sudah mencapai hampir 12 centimeter tingginya.
  • Bila lebih banyak daun yang di inginkan, kepala bunga bisa terjepit dikala timbul, ini hendak melindungi vegetasi tumbuhan serta hendak bertahan satu tahun tambahan.
  • Tetapi 3 tahun umumnya merupakan maksimum buat tumbuhan jintan, memungkinkannya buat berbunga di tahun ketiga.
  • Biji wajib dikumpulkan kala mereka kering pada hari yang terang serta kering buat menghindari permasalahan jamur.
  • Ini bisa digoyangkan dari kepala benih dikala berusia ataupun segala kepala benih bisa dipotong dengan pisau serta ditempatkan di dalam kantong buat membenarkan kalau benih ditangkap kala mereka turun namun masih mempunyai perputaran hawa serta tidak terjadi kelembaban.
  • Biji masak bercorak coklat, namun biji bisa dikumpulkan pas saat sebelum matang serta dikeringkan di dasar cahaya matahari ataupun di atas panas ataupun dehidrator yang lembut. Tata cara ini membenarkan kalau reseeding tidak terjadi di kebun.
  • Pastikan biji betul-betul kering saat sebelum ditaruh dalam wadah kedap udara, tiap kelembapan bisa menciptakan jamur pada biji. Lengkapi benih panen saat sebelum masa hujan. Buat digunakan di rumah satu ataupun 2 tumbuhan jintan umumnya lumayan buat menciptakan seluruh benih yang diperlukan.
  • Akar digali di akhir masa gugur ataupun awal masa dingin ataupun tahun awal kala sebagian besar materi ditaruh di dalamnya serta mereka terletak pada keadaan terbesarnya semacam metode mencangkok cengkeh.

Perkembangan jintan hitam berikan Kamu sumber rempah fresh yang bisa menyesuaikan diri serta berkembang dengan baik. Seluruh bagian tumbuhan jintan bisa dimakan.

Kala tumbuhan sudah menciptakan benih, gali akar tunggang serta pakai semacam yang Kamu lakukan pada sayur-mayur yang lain.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Jintan Hitam, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read