Budidaya Ikan Sidat Untuk Pemula (Berhasil)

2 min read

√ Cara Budidaya Ikan Sidat 100% Berhasil (Panduan Lengkap)

Budidaya Ikan Sidat Untuk Pemula (Berhasil)Hai sobat berkebun, yok kali ini kita akan membahas mengenai cara budidaya ikan sidat yang akan di jelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id. Dengan pembahasan melalui artikel berikut ini :

Budidaya Ikan Sidat Untuk Pemula (Berhasil)

Budidaya ikan sidat banyak sebagian masyarakat Indonesia yang belum sepenuhnya mengetahui dan memahami keuntungan budidaya ikan sidat ini, dalam menjalankan usaha ikan jenis ini di samping perawatanya yang cukup mudah dan juga cepat meningkatkan pendapatan bagi sebagian para petani ikan, oleh sebab itu dengan membudidayakan ikan sidat banyak yang sukses dan mendapatkan hasil keuntungan yang cukup lumayan.

Untuk permintaan ikan sidat di dalam negeri (Indonesia) sebenarnya cukup tinggi, hanya saja jumlah petani ikan sidat di Indonesia masih sangat rendah, sebab ketidak tahuan cara budidaya ikan ini. Oleh sebab itu harga ikan sidat di negara kita Indonesia menjulang tinggi. Bagi anda para pemula yang baru dan ingin belajar menekuni budidaya ikan sidat, kini kita akan berikan metode-metode cara membudidayakan ikan sidat 100 % berhasil yang pastinya akan menghasilkan keuntungan berlipat dan tentunya dengan biaya produksi tidak terlalu besar.

1. Mempersiapkan Tempat Budidaya Ikan Sidat

Sarana untuk budidaya ikan sidat yang terbaik adalah air yang mengalir sob, jika anda tinggal di dekat sungai atau rawa yang mengalir, maka anda bisa membuat semacam saluran yang mengalirkan air sungai atau rawa ke kolam buatan anda. Pastikan tidak celah untuk ikan sidat kabur.
Jika di sekitar rumah anda tidak terdapat aliran sungai yang mengalir, maka anda bisa merekayasanya dengan menggunakan alat aerator atau pompa aquarium yang bisa hidup 24 jam, direndam dalam air dan bisa membuat air seolah terus bergerak, tetapi sebenarnya ikan sidat juga bisa dibudidayakan tanpa air yang tidak mengalir, tetapi sebaiknya memang air yang mengalir agar ikan sidatnya bergerak dan banyak makan.
Untuk suhu air yang di perlukan untuk budidaya ikan sidat adalah antara 25-40 Drajat °C dengan kadar oksigen se minimal mungkin 5 ppm,Ph, netral, amoniak maksimal 0,1 ppm, dan alkalinitas 40-300 ppm, karbon maksimal 20 ppm ini adalah cara yang sudah banyak di lakukan oleh para petani ikan atau pembudidaya ikan sidat dan sampai sekarangpun masih di gunakan cara ini karna sudah terbukti.

2. Pendederan tahap satu

Yang pertama adalah pada tahap pendederan satu, atau biasa juga disebut dengan tahap pengenalan untuk benih ikan sidat supaya bisa beradaptasi dengan kondisi kolam buatan baru, dan dapat mengkonsumsi pakan yang homogen atau pakan buatan. Tujuan tahapan pendederan satu ini untuk pembesaran glass eel sampai benih ikan sidat memiliki ukuran elver. Setelah melewati tahap pendederan satu maka elver siap dilanjutkan ke tahapan pendederan dua.

Baca Juga:  Panduan Pemula Budidaya Ikan Butterfly Fish Mudah Dan Tepat

Untuk ukuran benih ikan sidat glass eel yang ditebar memiliki ukuran 0,17 gram per ekor dengan jumlah kepadatan untuk masing-masing tempat pemeliharaan sekitar 6 ekor per 1 liter air. Setelah ini selanjutnya anda melangkah ke tahap pendederan dua.

3. Pendederan tahap dua

Untuk tahapan ini setelah benih ikan sidat berukuran sejempol atau 10 gr/ekor, maka anda bisa melakukan tahapan pembesaran ikan sidat siap untuk proses selanjutnya.

4. Tahap pembesaran dan cara pemberian pakan

Tahap selanjutnya yang anda lakukan adalah proses pembesaran ikan sidat. Proses ini memiliki tujuan untuk membesarkan ikan sidat sampai pada ukuran yang siap konsumsi yaitu memiliki ukuran lebih dari 200 gram per ekor. Untuk waktu yang dibutuhkan dalam budidaya ikan sidat sampai siap untuk konsumsi sekitar kurang lebih 5-6 bulan, tergantung ukuran benih yang anda tabur. Misal ukuran benih 200 gram, untuk bisa menghasilkan panen ikan sidat berukuran 500 gram maka anda memerlukan waktu sekitar kurang lebih 5 bulan. Sebagai gambaran jika anda menaburkan 1 ton benih anda bisa menghasilkan panen sekitar 5 ton ikan sidat.

Dalam pemberian pakan anda bisa memberikanya pakan larva, Penebaran larva sebaiknya di lakukan pada pagi hari dan biarkan larva sidat di biarkan di kolam terlebih dahulu selama kurang lebih 9 jam, dan setelah itu berikan pakan yang berprotein tinggi seperti plankton, pemberian plankton adalah cara yang terbaik untuk mempuasakan si glass eel tersebut selama 2 sampai 3 hari, setelah itu anda bisa membuat pakan buatan dengan campuran pakan berupa dedak, tepung ikan, tepung tulang, bekatul, kedelai, minyak ikan dan pakan tambahan berupa pur atau sentrat yang dihaluskan, lalu kalo ada di campurkan dengan sedikit cacing sutera dengan diblender hingga halus dan tercampur dengan merata.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Bawal Untuk Pemula (Sukses)

untuk pemberian pakan bisa di lakukan pada pukul 07:30, sedangkan sore hari pada pukul 16:30 dan untuk malam hari pukul 21:00 pemberian pakan pada ukuran kolam lebar 7 dan panjang 9 meter di lakukan minimal 1 kilo gram untuk larva sebanyak 1000 ekor.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Ikan Sidat Untuk Pemula (Berhasil) yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah mudahan bermanfaat selamat mencoba semoga sukses dan trimakasih.