Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula (Sukses)

Posted on

Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula (Sukses) – Hai sobat berkebun.co.id, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan patin, yang akan dijelaskan secara singkat dan terperinci melalui artikel  berikut ini :

Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula (Sukses)

Di Indonesia ikan patin sudah banyak sekali yang membudidayakannya, karena ikan patin ini sangat banyak sekali peminatnya. Ikan patin memiliki kandungan terdapat lemak tak jenuh hingga mencapai 50 % dari total keseluruhan gizi yang ada dalam ikan patin.

Kandungan lemak tak jenuh yang ada dalam daging patin dapat membantu mengurangi jumlah kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Dalam membudidayakan ikan patin sebenarnya tidak terlalu sulit, namun tidak sedikit orang yang gagal dalam membudidaya ikan patin karena tidak tau cara yang tepat dan baik dalam membudidayakan ikan patin.

Pada kesempatan kali ini Berkebun akan memberikan informasi mengenai cara budidaya ikan patin yang benar agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Untuk mengetahui informasinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Tempat Budidaya

Yang pertama anda harus mempersiapkan tempat yang baik, sebab tempat pembibitan adalah hal yang paling penting dalam budidaya ikan patin. Adapun tempat yang paling bagus untuk pembibitan ikan patin adalah kolam alami atau terbuat dari bahan permanen.

Selain itu, tempat yang dijadikan budidaya ikan patin harus luas agar dalam perkembangannya patin dapat berkembang dan tumbuh dengan cepat.

Baca Juga:  Cara Memijahkan Ikan Lele Panduan Lengkap (Berhasil)

2. Bibit Yang Unggul

Yang ke dua adalah mempersiapkan bibit ikan patin yang unggul sebab dalam pemilihan bibit unggul juga tak kalah pentingnya. Karena pemilihan bibit yang unggul dalam pembibitan akan menujukkan proses pembibitan yang akan mempengaruhi  keberhasilan. Selain itu juga anda harus memiliki dengan modal yang cukup.

3. Penebaran Benih

Setelah anda mendapatkan benih yang unggul  dari tempat pembibitan yang terpercaya maka selanjutnya penebaran benih dilakukan, ikan patin yang masih kecil yang sudah disediakan atau sudah dipijah dari kolam lain. Tebarlah benih patin secukupnya dalam satu kolam secara perlahan agar ikan tidak stres.

4. Kondisi Air

Jika dalam perikanan, kondisi air yang bagus tidak hanya air jernih saja, namun warna air yang hijau juga baik untuk kehidupan ikan salah satunya ikan patin.

Kondisi air juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan ikan patin, ikan patin suka dengan air yang memiliki banyak biota-biota air atau kotoran layaknya ikan lele yang suka dengan kotoran, baik kotoran organik maupun buatan.

Sebelum membudidayakan ikan patin, harus terlebih dahulu mempersiapkan kondisi air yang pas untuk ikan patin.

5. Pemberian Pakan

Pemberian pakan pada ikan patin dilakukan pada pagi dan sore hari. Berikan pakan ikan patin yang bagus kualitasnya yakni pakan ikan seperti untuk ikan mas, yaitu pelet, layer, bekatul beras, singkong bubuk, dan lain sebagainya.

Berikanlah jenis makanan yang baik agar perkembangannya cepat dan bagus. Pakan ikan pastin ada juga yang organik dan ada yang khusus untuk ikan patin. Tetapi dari semua itu lebih baik dengan menggunakan organik karena vitamin yang dihasilkan berkualitas walaupun pertumbuhannya sedikit lambat.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Gurame Dan Cara Memijahkan (Panduan Lengkap)

6. Panen

6 Cara Budidaya Ikan Patin Yang Benar Agar Hasil Melimpah
Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula (Sukses)

Dalam proses pemanenan membutuhkan waktu 3 bulan, sehingga harus lebih sabar dalam membudidaya ikan patin. Proses panen adalah proses yang sangat ditunggu-tunggu pastinya, setelah 3 bulan pilihlah ikan patin yang dapat dipanen yakni ikan patin yang sudah besar-besar, sedangkan ikan yang masih kecil biarkan tetap dikolam.

Nah itulah tadi informasi mengenai Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula (Sukses) Semoga informasi ini dapat membantu untuk membudidaya ikan patin bagi pemula, dan semoga berhasil yaa. Terimakasih 🙂