Budidaya Ikan Mas Dengan 12 Cara (Panduan Lengkap)

2 min read

12 Cara Budidaya Ikan Mas Yang Mudah dengan Hasil Yang Baik

Budidaya Ikan Mas Dengan 12 Cara (Panduan Lengkap) – Budidaya ikan mas ini adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan yang bisa dilakukan oleh siapapun. Tetapi, untuk memulai budidaya ikan mas harus melalui cara-cara yang khusus agar ikan mas yang dihasilkan unggul dan bagus.

Untuk mengetahui cara budidaya ikan mas dengan hasil yang baik, maka berkebun kali ini akan membahasnya secara terperinci. Berikut penjelasannya:

Budidaya Ikan Mas Dengan 12 Cara (Panduan Lengkap)

Adapun cara budidaya ikan mas agar memperoleh hasil yang baik dan bagus adalah

1. Modal

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah moda, karena modal akan sangat berpengaruh terhadap pembudidayaan kedepannya nanti.

2. Tempat Budidaya

Pada budidaya ikan mas kali ini akan berbeda dengan ikan lainnya, karena ikan mas lebih suka dengan air yang bersih, tidak kotor, dan yang terpenting adalah tempat ikan yang baik adalah kolam tembok yang sudah dirancang sedemikian rupa.

3. Persediaan Jaring

Adapun jaring yang digunakan untuk media ternak ikan mas yang disimpan dibawah kolam dan nantinya akan berguna ketika panen tiba.

4. Pilih Bibit Yang Berkualitas

Pemilihan bibit unggul dan berkualitas adalah hal yang sangat utama karena pemilihan bibit tersebut tidak dilakukan dengan baik maka akan memiliki pengaruh besar terhadap masa pembudidayaan nanti.

Baca Juga:  Makanan Ikan Nila Alami Murah Berkualitas Agar Cepat Besar

5. Membedakan Antara Ikan Jantan dan Betina

Agar dalam pembibitan tidak salah cara, maka kita harus bisa membedakan ikan mas jantan dan betina. Cara membedakannya adalah dengan melihat ciri-ciri sebagai berikut:

Ciri Ikan Mas Induk Jantan

  • Memiliki warna yang lebih gelap
  • Badan ikan jantan terlihat lebih ramping
  • Jika perutnya diurut maka mengeluarkan cairan putih
  • Gerakannya lebih lincah.

Ciri Ikan Mas Betina

  • Badan ikan mas lebih besar
  • Gerakannya lamban ketika dalam air
  • Jika perutnya diurut maka akan keluar cairan hitam.

6. Perkawinan

Selanjutnya adalah membuat tempa pijah yang dimana induk ikan mas jantan dan betina disatukan dalam 1 kolam agar proses perkawinan ikan mas tersebut dapat berjalan dengan baik. Proses perkawinan tersebut dapat dilakukan selama 2 sampai 3 minggu. Setelah waktu tersebut habis, langkah selanjutnya adalah ikan mas jantan dipisahkan kembali ke kolam yang lain sedangkan ikan mas betina biarkan berada dalam kolam tersebut dan tunggu sampai bertelur.

7. Media Pijah

Media pijah ini adalah dimana telur ikan betina bisa berada di media pijah. Dalam media pijah ini seharusnya dilakukan ketika proses perkawinan dimulai, karena tanpa media pijah telur ikan mas tidak akan berkembang biak dengan baik sebab akan terganggu oleh induk ikan betina yang bermain kesana kemari di dalam kolam. Maka media pijah tersebut berguna bagi telur ikan mas sebagai tempat penyimpanan telur nanti.

8. Pilih Air Yang Baik

Dalam pembudidayaan ikan mas, air juga sangat berpengaruh, air yang lebih bagus adalah air yang berasal dari sumber mata air pegunungan atau persawahan. Karena air yang berasal dari pegunungan mengandung zat yang sangat berguna bagi ikan mas.

Baca Juga:  Ikan Mas Hias Ras : Sejarah, Jenis dan Cara Memelihara

Ikan mas juga menyukai air yang deras dan lamban, sehingga pembudidaya ikan harus bisa menyiapkan kolam yang airnya deras dan lamban.

9. Pemberian Pakan

Pemberian pakan pada ikan mas juga sangat lah penting, karena ikan mas berbeda dengan ikan lainnya yaitu lebih suka makanan yang alami dan buatan. Untuk makanan alami dapat digunakan cacing tanah atau sejenisnya, dedaunan sayuran, bekatul beras dan masih banyak lagi.

10. Pengendalian Hama dan Penyakit

Ikan juga tidak terlepas dari berbagai macam penyakit, oleh karena itu, sebelum membudidaya ikan siapkan terlebih dahulu obat untuk ikan terhindar dari berbagai penyakit.

11. Proses Panen

Proses panen dapat dilakukan sekitar 3 bulan sekali setelah melakukan pendederan pertama setelah ikan masih burayak. Proses pemanenan ini dapat dilakukan dengan cara memilih ikan yang besar saja, sedangkan ikan kecil bisa dibudidayakan kembali dan tunggu hingga ikan besar.

12 Cara Budidaya Ikan Mas Yang Mudah dengan Hasil Yang Baik
12 Cara Budidaya Ikan Mas Yang Mudah dengan Hasil Yang Baik

12. Proses Pemasaran

Terakhir adalah memasarkan ikan mas ke pasar, atau memasoknya ke para penjual ikan.

Demikianlah pebjelasan mengenai Budidaya Ikan Mas Dengan 12 Cara (Panduan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂

Makanan Ikan Nila

admin
2 min read

Makanan Ikan Gurame

admin
2 min read