Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula Mudah (Panduan Lengkap)

2 min read

√ 5 Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula Mudah

Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula Mudah (Panduan Lengkap – Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki warna tubuh yang indah. Banyak sekali peminat ikan hias yang satu ini, oleh karena itu Berkebun akan memberikan informasi mengenai bagaimana si cara untuk membudidaya ikan louhan bagi pemula. Jika bagi pemula tentu harus lebih teliti dan dalam membudidaya ikan louhan dan pasti akan mengenal teknik yang belum diketahui sebelumnya. Namun sebenarnya tidak sulit untuk membudidayanya, hanya saja butuh ketelitian. Untuk itu langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula Mudah (Panduan Lengkap

1. Persiapkan Aquarium dan Perlengkapannya

Langkah pertama adalah dengan mempersiapkan aquraium beserta perlengkapannya. Siapkan aquarium kira-kira memiliki lebar 40 cm, dan panjang 70 cm, tinggi kurang lebih 40 cm. Untuk ukuran sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Lakukan juga persiapan untuk perlengkapannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lampu UV, yang berfungsi sebagai pencahayaan dan mengatur kebutuhan cahaya dalam kolam terpenuhi.
  • Aerator, yakni alat yang digunakan sebagai pencipta gelembung udara yang berperan dalam mengatur kadar oksigen dalam aquarium.
  • Filter, yakni penyaring air berfungsi sebagai pengontrol kebersihan kolam agar tetap terjaga.
  • Bebatuan dan tanaman kecil, supaya menyerupai tempat tinggal di habitat asli ikan louhan.

2. Siapkan Air Untuk Aquarium

Air yang akan ditaruh ke dalam air bukan sembarangan air, karena di dalam setiap daerah memiliki kadar pH yang berbeda-beda. Cara mengetahui kadar pH dapat dilakukan dengan cara mengeceknya, atau dengan memberikan air endapan terlebih dahulu. Cara pemberian air endapan dapat dilakukan dengan memberikan air ke dalam aquarium selama 1 hari kurang lebih. Hal ini dilakukan karena dapat mengatur kadar pH dalam aquarium.

Baca Juga:  Budidaya Lele Untuk Pemula (Pengetahuan Lengkap)

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatur kadar pH adalah menggunakan larutan trisufat 5 ppm, atau dengan menggunakan garam khusus ikan hias. Untuk kadar pH normal dalam air sebagai tempat tinggal ikan louhan adalah antara 6,5 hingga 7,5.

Kemudian setelah megatur kadar pH, selanjutnya adalah mengatur suhu agar ikan louhan merasa nyaman. Adapun suhunya antara 32 derajat celsius hingga 35 derajat Celsius.

3. Berikan Pakan Berkualitas

Untuk pakan ikan louhan sebaiknya harus benar-benar diperhatikan, agar dalam membudidaya ikan tersebut dapat berjalan dengan baik. Untuk pakannya sendiri disarankan memberikan jenis pakan yang alami, seperti udang kecil, jangkrik, dan cacing. Makanan tersebut mengandung gizi yang sangat baik bagi ikan louhan. Sebaiknya jangan berikan makanan buatan karena umumnya memiliki kandungan berwarna dan pelet, yang akan membahayakan kesuburan ikan louhan.

4. Memilih Induk Berkualitas

Untuk mendapatkan indukan yang berkualitas adalah dengan membeli ikan louhan dengan harga yang cukup tinggi dengan sudah memperhatikan beberapa faktor. Adapun beberapa ciri indukan yang berkualitas adalah sebagai berikut:

  • Memiliki anggota tubuh yang lengkap, tidak cacat serta bengkok
  • Memiliki jenong, karna ikan louhan memiliki khas jenong
  • saat berukuran kurang lebih 10 cm, ikan sudah memiliki tanda jenong dan sudah terlihat corak mutiara pada bagian jenongnya.

Namun ada beberapa cara lain untuk memperoleh indukan ikan louhan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengawinkan Ikan Louhan Jantan dan Betina

  • Masukkan ikan jantan dan betina ke dalam aquarium
  • Berikan penyekat di dalam aquarium, yang befungsi sebagai proses pendekatan
  • Jika keduanya ada gerak gerik untuk berkelahi, langsung tutup kembali sekat yang telah disediakan tadi, namun jika kedua ikan tersebut sudah mulai akrab, tenang dan aman maka tutup kembali sekat tersebut.
  • Jika ikan sudah menggesek-gesekkan badan dan ekornya berarti keduanya sudah siap untuk kawin
  • Jika sudah siap, tutup aquarium dengan menggunakan kertas atau apapun yang berwarna gelap, dan terlebih dahulu berikan pakan agar tidak kelaparan
  • Biarkan selama 1 hingga 2 hari, kemudian barulah buka penutup.
Baca Juga:  Budidaya Ikan Patin Untuk Pemula (Sukses)

5. Proses Pemijahan Telur

Setelah proses perkawinan selesai, biasanya telur akan mulai terlihat dibawah aquarium. Perhatikan telur yang berhasil dibuahi dengan ciri sebagai berikut:

  • Telur yang berhasil dibuahi ditandai dengan ciri berwarna bening dengan bintik hitam
  • Telur yang gagal dibuahi berwarna putih hampir menyerupai susu.
√ 5 Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula Mudah
√ 5 Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula Mudah

Kemudian biarkan kedua ikan tersebut tetap dalam aquarium selama kurang lebih 2 hari, untuk memberikan sirkulasi pada telurnya, dan jangan lupa untuk tetap memberinya pakan. Setelah 2 hari maka telur-telur tersebut mulai menetas, barulah pisahkan indukan dari anak-anaknya agar tidak mengancam keberlangsungan hidup anak-anaknya.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula Mudah (Panduan Lengkap). Semoga dapat membantu dan juga bermanfaat yaa.. Terimakasih 🙂