Budidaya Ikan Lele Dengan 11 Cara Dijamin Berhasil

2 min read

11 Cara Budidaya Ikan Lele Yang Tepat Agar Hasil Memuaskan

Budidaya Ikan Lele Dengan 11 Cara Dijamin Berhasil – Cara membudidaya ikan lele itu sangat mudah, hanya saja kita perlu pengetahuannya dalam membudidaya ikan lele tersebut. Dengan membudidaya ikan lele yang dibarengi dengan cara yang pas dan mudah dilakukan untuk untuk para peternak ikan lele agar dapat menghasilkan kualitas yang terbaik dan menghasilkan keuntungan dari budidaya ikan lele tersebut.

Kali ini berkebun akan membahas mengenai cara membudidaya ikan lele agar hasilnya memuaskan. Untuk mengetahui pembahasannya, simak penjelasannya sebagai berikut:

Budidaya Ikan Lele Dengan 11 Cara Dijamin Berhasil

Adapun cara budidaya ikan lele agar hasil yang didapat memuaskan adalah sebagai berikut:

1. Persiapan Buat Kolam Lele

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan persiapan membuat kolam lele beserta ukurannya agar dalam membudidayakan ikan lele dapat berhasil dengan maksimal. Buatlah kolam lebih dari 1 atau 2, yang bertujuan untuk pembibitan benih baru kembali dan kolam untuk proses pembesaran anak ikan lele. Akan lebih bagus lagi jika anda membuat kolam khusus untuk induknya saja, agar mereka tetap menghasilkan keturunan yang berkualitas.

Sebaiknya, dalam pembuatan kolam ikan lele menggunakan bahan terpal atau dari tembok agar mudah dibuat. Serta hal tersebut memiliki banyak manfaatnya. Adapun manfaatnya adalah

  • Ikan lele akan terhindar dari pemangsa
  • Hidup ikan lele akan lebih aman
  • Penggunaan lahan tidak akan begitu besar
  • Akan menghasilkan kualitas lele yang tinggi
Baca Juga:  Budidaya Lele Untuk Pemula (Pengetahuan Lengkap)

2. Siapkan Modal

Selanjutnya adalah siapkan modal yang cukup dan siapkan segala kebutuhan yang anda butuhkan untuk memulai usaha ikan ternak tersebut.

3. Memilih Induk Ikan Lele Yang Berkualitas

Sebaiknya sebelum membeli bibit ikan lele, tanya terlebih dahulu mana ikan lele yang bagus untuk dijadikan budidaya dan usaha agar cepat berkembang. Karena dengan memilih ikan lele yang berkualitas akan menghasilkan suatu usaha yang maksimal.

4. Bedakan Antara Jantan dan Betina

Untuk membedakan antara ikan lele jantan dan betina, kita harus terlebih dahulu mengetahui ciri-cirinya:

Ciri ikan lele betina

  • Kepalanya terlihat cembung
  • Gerakannya biasa dan perlahan
  • Warna terlihat lebih cerah
  • Perutnya akan terlihat lebih besar

Ciri ikan lele jantan

  • Memiliki kepala yang pipih
  • Gerakannya lincah
  • Warnanya gelap
  • Memiliki perut yang ramping

5. Saatnya Pendederan

Saat pelepasan ikan lele, kita harus tau dan bisa memilih ikan mana yang harus disatukan dalam satu kolam. Dan perlu anda ketahui bahwa satukanlah ikan sesuai dengan ukuran besar kecilnya. Hal tersebut dilakukan agar tidak saling memangsa, sebab tidak menutup kemungkinan ikan lele yang besar akan memangsa ikan lele yang kecil.

6. Kualitas Air

Pemilihan kualitas air juga sangat penting, karena jika kita salah memilih air yaitu air yang kotor atau terkena zat berbahaya maka resikonya akan mati. Maka pilihlah jenis air yang ada disekitar kolam, adapun warna air yang disukai ikan lele adalah air yang berwarna hijau, maka carilah warna air yang sekiranya terlihat hijau.

7. Kedalaman Air Pada Kolam

Jangan sesuka kita untuk memasukkan air ke dalam kolam sedangkal mungkin karena itu akan membuat resiko lele menjadi mati. Buatlah ketinggian air yang secukupnya agar ikan lele tidak terlalu panas ketika siang hari disinari oleh matahari.

Baca Juga:  Panduan Sukses Pemula Cara Memelihara Ikan Mujair

8. Tambahkan Tumbuh-Tumbuhan

11 Cara Budidaya Ikan Lele Yang Tepat Agar Hasil Memuaskan
Budidaya Ikan Lele Dengan 11 Cara Dijamin Berhasil

Sebagai peternak yang cerdas, tidak hanya air yang dibutuhkan dalam kolam tersebut namun juga dibuthkan tumbuh-tumbuhan agar lele tidak stress dan ada tempat berlindung di siang hari. Adapun tanaman yang bisa digunakan adalah seperti talas air, eceng gondok, dan lain sebagainya.

9. Pakan

Pakan dalam membudidayakan ikan lele haruslah diperhatikan agar perkembangannya cepat. Adapun pakan yang dianjurkan adalah pelet, sisa nasi dan lain sebagainya.

10. Pengendalian Hama

Kita harus jeli dengan berbagai penyakit ikan lele, sehingga peternak harus dapat melihat keadaan ikan lele agar tidak terkena penyakit. Sebaiknya minimal sebulan sekali, ikan lele diberi obat khusus yang disediakan atau dicampur bersama pakannya.

11 Cara Budidaya Ikan Lele Yang Tepat Agar Hasil Memuaskan
Budidaya Ikan Lele Dengan 11 Cara Dijamin Berhasil

11. Saatnya Panen

Masa panen umumnya dilakukan selama 3 bulan sekali dengan memilih ukuran lele yang sudah besar baru bisa dipanen dan yang masih kecil dibiarkan dikolam dan tunggu sampai besar nanti.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Budidaya Ikan Lele Dengan 11 Cara Dijamin Berhasil  Yang  dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id mudah – mudah bermanfaat, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih 🙂