Budidaya Ikan Hias Untuk Pemula (Sukses)

2 min read

Budidaya Ikan Hias Untuk Pemula

Budidaya Ikan Hias Untuk Pemula (Sukses) Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang budidaya ikan hias, yang mana akan dijelaskan secara singkat dan terperinci melalui artikel berikut ini :

Budidaya Ikan Hias Untuk Pemula (Sukses)

Budidaya ikan hias air tawar ternyata mampu memberikan penghasilan yang sangat menjanjikan untuk setiap orang yang mau dan telaten dalam membudidayakan ikan hias ini, sebab sudah banyak para petani ikan yang berhasil dalam budidaya ikan hias, selain itu juga anda bisa membudidayakan selain ikan hias seperti ikan nila, ikan gurame, ikan lele, dan lain sebagainya.

Dengan pola pemeliharaan dan pemberian pakan ikan yang hampir sama dengan ikan konsumsi, budidaya ikan hias ternyata mampu menghasilkan pemasukan yang lebih besar, sebab harga ikan hias lebih mahal. Kunci dalam membudidayakan ikan hias adalah telaten dan senang di dalam memeliharanya.

Untuk budidaya ikan hias anda tidak memerlukan tempat yang luas, anda bisa menggunakan aquarium atau bak semen dan usaha ini juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan.

Oleh sebab itu kami akan memberikan beberapa jenis ikan hias yang populer dan dapat anda budidayakan, ada beraneka ragam ikan hias yang bernilai ekonomi dan cukup tinggi pemasaranya antara lain adalah ikan Koi, Manfish, Koki, Niasa, Redfin, Lemon, Komet, Sumatra barb, Black Ghost , Aligator, Arwana dan masih banyak ikan hias jenis lainnya.

Ikan-ikan hias tersebut merupakan ikan hias yang biasa dicari penghobi dan dibudidayakan para petani ikan.

1. Budidaya Ikan Koi

Anda bisa melakukan budidaya ikan koi, Ikan koi ini termasuk jenis ikan mas atau karper yang memiliki nama ilmiah Cyprinus caprio. Usaha budidaya ikan koi berkembang di berbagai wilayah di Indonesia. Ikan koi  populer di Indonesia sejak tahun 1960-an.

Baca Juga:  7 Cara Budidaya Lobster Air Tawar Dengan Mudah (Panduan Lengkap)

Pangsa pasar ikan koi ini semakin besar seiring berjalannya waktu walaupun dahulu keberadaan ikan ini kurang diminati oleh masyarakat Indonesia tetapi kali ini ikan ini semakin di minati. Ikan koi impor semakin mahal harganya sehingga harga ikan koi lokal menjadi lebih bersaing, jadi ini bisa anda jadikan sebagi peluang usaha.

2. Budidaya Ikan Manfish

Ikan manfish atau disebut juga dengan istilah Angel Fish ini berasal dari perairan Amazon Amerika Selatan, ikan manfish ini tergolong dalam keluarga Cichilidae. Untuk ciri – ciri ikan manfish ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Memiliki bentuk tubuh yang sangat pipih, dan berbentuk seperti anak panah
  • memiliki jenis dan warna yang beragam
  • Sirip perut dan sirip punnggungnya membentang lebar ke arah ekor

Ada beberapa jenis ikan manfish yang dikenal dan sudah berkembang di Indonesia antara lain adalah Diamon (berlian), Imperial, marble, dan Black-White.

3. Budidaya Ikan Koki

Ikan koki ini juga sangat potensial untuk dikembang biakan sebab ikan koki ini sangat banyak penggemarnya, dan tidak terlalu susah dalam membudidayakannya anda bisa belajar melalui petani ikan yang sudah berpengalaman. Ikan koki ini memiliki warna dan bentuk tubuh yang sangat indah dan unik, sehingga banyak penggemarnya.

4. Budidaya Ikan Niasa

Selanjutnya Ikan Niassa, jenis ikan mudah dipijahkan sebab ikan ini bersifat menyimpan telur dan anaknya didalam mulut (mouthbreder) sehingga tanpa adanya sarang untuk pemijahan, pemijahan pun dapat berlangsung, ikan ini selalu memijah sepanjang tahun dan mudah dibudidayakan. Di wilayah beriklim panas, ikan Niasa dapat hidup di perairan sampai suhu 36 derahat C.

Untuk ciri – ciri ikan Niasa diantaranya adalah memiliki postur tubuh memanjang dan agak datar, memiliki sirip dipunggungnya yang memanjang, memiliki bentuk ekor yang agak membulat dan memiliki warna dasar kuning cerah.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Betok : Persiapan Kolam, Pembibitan, Pemanenan dan Panduan Sukses Budidaya

5. Budidaya Ikan Redfin

Selanjutnya anda juga bisa membudidayakan ikan redfin, Ikan Redfin adalah salah satu diantara type ikan hias yang mempunyai keindahan dari sisi warna serta bentuk badannya, maka tidak heran jika ikan redfin banyak juga penggemarnya. Ikan ini berasal dari negara Vietnam tetapi saat ini telah banyak yang membudidayakannya di Indonesia.

6. Budidaya Ikan Komet

Budidaya Ikan komet, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang sedang hits dan populer. Ikan ini masih satu family dengan jenis ikan mas koki. Sehingga secara bentuk dan penampakan keduanya memiliki kesamaan dan terlihat sama.

7. Budidaya Ikan Black Ghost

Selanjutnya adalah membudidayakan ikan black ghost. Bagi penggemar ikan hias pemula mungkin terdengar asing dengan ikan bernama Black Ghost. Ikan hias jenis air tawar yang satu ini namanya memang terdengar sedikit menakutkan.

Namun hal itu tak seperti keadaanya, sebab ikan ini memiliki tubuh yang memang nampak agak sedikit aneh, tapi keanehan itulah yang menjadikan salah satu daya tariknya.

Usaha budidaya ikan hias merupakan salah satu usaha yang memberikan alternatif sumber penghasilan untuk meningkatkan pendapatan para petani/pengusaha ikan hias. Dan masih banyak lagi jenis ikan hias yang dapat di budidayakan dan cukup prospek untuk dikembangkan.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Ikan Hias Untuk Pemula (Sukses) yang dapat di bahas oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan menambah wawasan bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.