Budidaya Ikan Betok : Persiapan Kolam, Pembibitan, Pemanenan dan Panduan Sukses Budidaya

Posted on

Budidaya Ikan Betok : Persiapan Kolam, Pembibitan, Pemanenan dan Panduan Sukses Budidaya –Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Ikan Betok.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Budidaya Ikan Betok : Persiapan Kolam, Pembibitan, Pemanenan dan Panduan Sukses Budidaya


Ikan Betok ialah ikan air tawar yang mempunyai energi tahan dan keahlian menyesuaikan diri yang bagus.

Ikan ini sangat populer hendak kemampuannya bertahan hidup pada posisi yang cuma ada sedikit air. Di alam liar, ikan ini apalagi kerap naik kedarat dengan dorongan kopengnya( sirip insang).

Ikan Betok yang bjuga disebut bethik ini dapat bertahan di air yang sedikit oksigen. Keuntungan budidaya ikan Betok yang lain merupakan sedikitnya efek ikan mati dan ikan Betok tidak mempunyai watak kanibal

Perihal ini membuat proses budidaya serta perawatan ikan Bethok sangatlah gampang. Pangsa pasar ikan Betok pula sangat bagus sebab banyak peminatnya. Baca pula Metode Budidaya Cacing Tanah Buat Pakan Ternak


Langkah Budidaya Ikan Betok


Persiapan Kolam Budidaya Ikan Betok

Ikan Betok dapat dibudiyakan di kolam tanah ataupun kolam terpal serta semen. Tetapi hendak lebih baik bila memakai kolam tanah dengan sistem perputaran air.

Keunggulan kolam tanah buat budidaya ikan Betok merupakan mudahnya meningkatkan pakan natural semacam plankton, ganggang, cacing dll. Tidak hanya itu pula lebih hemat bayaran pembuatan kolam.

Ikan Betok ini tidak gampang sakit ataupun terinfeksi penyakit semacam ikan lele jadi pemeliharaan di kolam tanah juga tidak permasalahan. Supaya memuat banyak ikan hendaknya buat dimensi kolam yang lumayan besar.

Kamu dapat buatnya didekat sumber mata air, ditepi sawah ataupun ditepi sungai. Baca pula Metode Budidaya Cacing Sutra

Buat membuat air dalam kolam kaya faktor renik hingga isikan pupuk kandang dalam karung setelah itu karung tersebut direndamdalam kolam sepanjang 1 minggu.

Untuk memesatkan proses tumbuhnya plankton kamu dapat meningkatkan probiotik spesial kolam. Air yang telah berdegradasi hijau berarti siap buat ditebar ikan.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Guppy Untuk Pemula (Sukses)

Mencari Bibit Ikan Betok

Sampai saat ini bibit ikan Betok mayoritas masih diperoleh dari tangkapan di alam leluasa. Walaupun metode ini terkategori murah serta kilat tetapi yang jadi hambatan merupakan terpaut ukurannya yang tidak seragam.

Sementara itu bila kita ingin kita dapat melaksanakan pemijahan ikan Betok dengan menggabungkan sebagian ikan bethok jantan serta betina berusia dalam wadah aquarium.

Sehabis sebagian hari ikan betina dipindahkan pada aquarium tertentu sampai nampak anakan ikan Betok.

Baik dengan tata cara pemijahan maupun dengan tangkapan alam leluasa bersama dapat dicoba sebab walaupun berbeda dimensi tetapi tidak hendak terjalin kanibalisme.

Penebaran Bibit Ikan Betok

Penebaran bibit ikan bethok dicoba semacam penebaran bibit ikan air tawar pada biasanya ialah dipiih bibit yang telah lumayan berusia supaya lebih kilat menyesuaikan diri dengan air kolam.

Butuh ditentukan pada dini penebaran benih supaya perputaran air senantiasa mudah. Apalagi butuh kamu dapat meningkatkan aerator hawa buat meningkatkan kandungan oksigen larut dalam air.

Kedalaman air kolam hendaknya dilindungi paling utama bila kamu membuat kolam dilokasi terbuka terik matahari. Buat sedangkan kamu dapat membuatkan naungan dulu.

Sebagai bonus merupakan kamu dapat meningkatkan tumbuhan air semacam ganggeng bila benih Betok yang ditebarkan masih berdimensi kecil.

Pemberian Pakan

cacahan keong bagaikan pakan alternatif ikanAturan pemberian pakan pada ikan Betok nyaris sama dengan ikan Nila ialah dapat 2- 3 kali satu hari.

Yang terutama total pakan yang diberikan dalam satu hari merupakan 4- 6% berat badannya. Jumlah itu dipecah 2 ataupun 3 kali pemberian.

Bila posisi kolam jauh dari rumah kamu dapat membagikan pakan 2 kali satu hari ialah pagi jam 9 serta jam 4 sore. Bila dekat rumah pakan diberikan 3 kali ialah pagi jam 9 kemudian siang jam 2 serta malam jam 8.

Jauhi membagikan pakan di pagi hari sebab nafsu makan ikan dipagi hari belum sangat kokoh. Buat bahan pakan sendiri hendaknya diseleksi bahan yang memiliki kandungan protein besar.

Pasti yang sangat bagus merupakan pelet. Tetapi harga pelet sangat mahal. Ikan bethok sendiri tercantum tipe omnivora sehingga gampang buat mencarikan pakan alternatifnya.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Tawes : Pemilihan Induk, Penetasan Telur, dan Pemeliharaan dalam Kolam Pembesaran

Keong emas, cacing tanah, cacing sutra, magot, serta jangkrik ialah contoh pakan alternatif yang memiliki protein besar.

Pakan alternatif tersebut dapat diberikan bersama pakan nabati semacam nasi sisa, bekatul, ampas kelapa, sisa sayur, ataupun ampas ketahui.

Budidaya Ikan Betok : Persiapan Kolam, Pembibitan, Pemanenan dan Panduan Sukses Budidaya

Pemanenan Ikan Betok

Ikan Betok dapat dipanen bila telah berusia dekat 4 Bulan. Tetapi bila kamu menghendaki buat panen usia 3 bulan juga tidak permasalahan. Bobot ikan Betok berusia di umur 4 bulan dekat 100- 200 gr/ ekor.

Metode pemanenan dapat dengan metode sekalian( bila bibit berasal dari pendederan) ataupun dengan panen selektif memakai jaring bila penebaran dini memakai bibit dari alam leluasa yang tidak seragam ukurannya.

Pemanenan sebagian ikan Betok tidak hendak memunculkan tekanan pikiran semacam halnya pada budidaya ikan lele. Sehingga kamu nyaris tidak menciptakan ikan yang mati sepanjang budidaya ikan Bethok.


Panduan Sukses Budidaya Ikan Betok

Sebagian panduan sukses metode budidaya ikan Betok untuk pendatang baru berikut sanggup membagikan hasil maksimal buat usaha budidaya ikan Betokmu.Diantaranya adalah :

  • Proteksi kolam dari serbuan predator memakai pagar waring( kelambu)
  • Secara teratur meningkatkan prebiotik tiap 1 ataupun 2 minggu sekali
  • Jatah pakan pelet dicampur dengan pakan alternatif dengan perbandingan 40% pelet– 60% pakan alternatif sampai 20% pelet– 80% pakan alternatif supaya terus menjadi hemat bayaran pakan
  • Buat aerator kamu dapat menggunakan aliran air dari sungai ataupun mata air yang dialirkan lewat selang supaya mengucur kedalam kolam.
  • Mulailah belajar melaksanakan pemijahan benih ikan Betok supaya lebih gampang mendapatkan bibit awal
  • Peliharalah ikan Betok yang bercorak hijau hitam sebab teruji sanggup menggapai dimensi maksimal yang lebih besar daripada Betok hijau kekuningan.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Ikan Betok : Persiapan Kolam, Pembibitan, Pemanenan dan Panduan Sukses Budidaya , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.