Budidaya Ikan Bawal Untuk Pemula (Sukses)

Posted on

Budidaya Ikan Bawal Untuk Pemula (Sukses) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan bawal untuk pemula, yang mana pada kesempatan kali ini akan kita uraikan mealui artikel berikut ini :

Budidaya Ikan Bawal Untuk Pemula (Sukses)

Sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini yaitu ikan bawal. Ikan bawal adalah salah satu jenis ikan tawar yang banyak dikonsumsi, sehingga banyak rumah makan atau warung – warung kecil yang menyediakan masakan berbagai macam citarasa.

Ikan bawal memiliki tekstur daging yang tebal dan rasanya yang khas, selain itu juga ikan ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, karena permintaan pasar yang terus meningkat.

Oleh sebab itu, kami akan membagikan ilmu kepada anda semua terutama yang masih pemula yang ingin membudidayakan ikan bawal hingga sukses. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Mempersiapkan Kolam Ikan

Ikan bawal dapat dibudidayakan di kolam terpal, kolam semen, maupun kolam tanah. Buatlah kolam dengan ukuran minimal 4×6 meter.

Jika anda menggunakan kolam tanah, maka anda siapkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup. Setelah dasar kolam benar-benar kering, dasar kolam perlu dikapur dengan kapur tohor maupun dolomit dengan dosis 25 kg/100 meter persegi.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pH tanah, juga dapat untuk membunuh hama maupun patogen yang masih tahan terhadap proses pengeringan.

Selanjutnya isilah dengan air sungai minimal sedalam 50 cm, usahakan jangan menggunakan air sumur bor, jika anda menggunakan air sumur bor maka anda harus biarkan air tersebut selama 3-7 hari, dengan mencampurkan daun pepaya atau daun ketepeng sebagai antiseptic.

Baca Juga:  Pakan Belut : Jenis Pakan Alami dan Buatan

Pemilihan Bibit Ikan Berkualitas

Jika ingin mendapatkan hasi panenan yang maksimal, maka carilah bibit yang berkualitas. Sebab salah satu kunci keberhasilan dalam berbudidaya ikan adalah dengan melakukan seleksi bibit. Pilihlah bibit yang berukuran kurang lebih 5-12 cm, yang terlihat sehat dan tidak terlihat cacat.

Penebaran Benih

Dalam melakukan penebaran benih perlu diadaptasikan terlebih dahulu, dengan tujuan agar benih ikan tidak dalam kondisi stres saat berada dalam kolam dan kepadatan pemberian benih ikan bawal dalam kolam adalah 100–150 ekor per-meter.

Cara mengadaptasikannya ialah ikan yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup rapat dimasukan kedalam kolam, biarkan sampai dinding plastik mengembun. Ini tandanya air kolam dan air dalam plastik sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plastiknya secara perlahan dan biarkan ikan keluar dengan sendirinya.

Pemberian Pakan

Untuk memberikan pakan ikan yang masih balita anda harus memberikan dengan ukuran pakan yang terkecil. Pilihlah pakan yang berkualitas baik, agar perkembangan sesuai dengan yang diharapkan.

Pakan yang baik adalah pakan yang memiliki nilai gizi yang seimbang, baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Apalagi jika anda melakukan penebarannya di kolam terpal.

Karena ikan bawal bersifat omnivora maka makanan yang diberikan bisa berupa dedaunan maupun berupa pelet. Pakan diberikan 3-5 % berat badan (perkiraan jumlah total berat ikan yang dipelihara). Pemberian pakan dapat ditebar secara langsung.

Untuk menghasilkan ikan tumbuh besar dengan merata, maka lakukan pemberian pakan setiap hari pagi dan sore hari, dengan penyebaran pakan yang merata di area kolam. Pemberian pakan pelet sesuaikan dengan besarnya ikan, karna setiap hari ikan semakin besar.

Dalam melakukan budidaya ikan bawal di kolam terpal anda harus selalu memperhatikan air, agar air tetap dalam kondisi baik lakukan pergantian air setiap air terlihat sudah menghitam (tidak segar),  dan agar oksigen dalam air tetap berkualitas.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Sepat Siam Yang Menguntungkan Dijadikan Ikan Asin

Pemanenan

Jika umur ikan bawal sudah mencapai kurang lebih 5-6 bulan, atau berat ikan mencapai 400-500 gram per ekor maka anda bisa melakukan pemanenan.

Dalam melakukan pemanenan anda bisa menggunakan dengan jaring (waring) yang bersekala besar. Lakukan dengan perlahan jika anda akan memanennya dengan cara selektif. Jika anda akan memanen dengan cara total maka pastikan ikan sudah ada yang siap untuk menampungya.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Ikan Bawal Untuk Pemula (Sukses) yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.