Budidaya Cabe Rawit Organik : Pembibitan, Pemindahan Media Tanam, Perawatan dan Cara Panen

3 min read

Budidaya Cabe Rawit Organik : Pembibitan, Pemindahan Media Tanam, Perawatan dan Cara Panen

Budidaya Cabe Rawit Organik : Pembibitan, Pemindahan Media Tanam, Perawatan dan Cara Panen – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Cabe Rawit Organik.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Budidaya Cabe Rawit Organik : Pembibitan, Pemindahan Media Tanam, Perawatan dan Cara Panen


Cabe adalah salah satu bumbu sangat laris dipasaran mengingat bumbu yang satu ini ialah bumbu harus ada di tiap dapur, tidak hanya itu banyak sekali orang merintis bisnis santapan pedas.

Jadi tidak heran lagi bila kebutuhan warga Indonesia akan cabe senantiasa bertambah.Sayangnya Bukan cuma keadaan cuaca saja yang jadi aspek utamanya, tetapi terpaut dengan berkurangnya petani cabe.

Maka untuk itu tidak tidak sering orang lebih banyak yang mengatasinya dengan metode menyimpan cabe,Mulai dari mencernanya jadi cabe kering maupun menaruhnya di lemari es.

Tetapi pastinya ini tidak dapat bertahan lama, mengingat di lemari es sekalipun cabe cuma sanggup bertahan dekat 1 sampai 2 minggu saja.

Berbeda dengan cabe kering yang bisa bertahan sampai 1 bulan. Meski metode ini terbilang lumayan baik serta efektif, masih banyak pula orang yang kekurangan cabe.

Untuk mengatasinya adalah dengan menanam cabe sendiri. Terdapat banyak sekali tipe cabe yang dapat kamu tanam sendiri. Mulai dari tipe cabe berdimensi kecil semacam cabe rawit sampai cabe berdimensi besar.

Tetapi dari seluruh tipe cabe yang terdapat, tipe cabe rawit ialah salah satu tipe cabe yang banyak digemari. Tidak hanya itu menanam cabe rawit pula sangat gampang serta tidak banyak menghabiskan banyak biaya.


Metode Menanam Cabe Rawit Organic

Tidak hanya menanamnya sendiri kamu pula dapat menjadikannya salah satu ladang bisnis, perihal ini sebab satu tumbuhan cabe rawit sanggup menciptakan banyak sekali buah cabe. Supaya cabe kamu lebih sehat serta nutrisinya terpelihara dengan baik, kamu dapat menanam cabe rawit organic.

Buat itu berikut ialah metode menanam cabe rawit organic dengan instan serta gampang. Tidak cuma itu, kamu pula wajib melaksanakan metode menjaga cabe rawit organic supaya nantinya hasil panen kamu melimpah.

Baca Juga:  √ Cara Mudah Budidaya Petai Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap)

Pemilihan Benih Cabe Rawit Organic

Perihal terutama yang wajib kamu perhatikan dan jalani dengan baik ialah sediakan benih cabe organic.

Metode awal yang dapat kamu jalani buat memperoleh benih cabe organic dengan instan ialah membelinya di toko benih maupun toko pertanian.

Buat itu kamu butuh membenarkan mutu benih serta kelayakan tanamnya, kamu dapat bertanya terlebih dulu kepada penjualnya.

Tidak hanya itu, kamu dapat memperoleh benih cabe organic secara langsung dari buahnya.Memilih buah cabe yang telah tua yang dihasilkan dari tanaman cabe sehat serta tidak terserang hama maupun virus.

Keringkan cabe organic diterik matahari ataupun kamu dapat langsung membelah buahnya dengan pisau secara lama- lama.Kumpulkan biji cabe organic dalam satu wadah serta angin- anginkan sepanjang 1 sampai 2 hari.

Pembibitan Cabe Rawit Organic

Langkah berikutnya dalam metode menanam cabe rawit organic ialah melaksanakan proses pembibitan ataupun penyemaian. Buat melaksanakan proses tersebut, terlebih dulu kamu dapat mempersiapkan media tanamnya.

Awal, kamu dapat mempersiapkan media semai serta bermacam perlengkapan semai yang lain terlebih dulu.Buat media tanamnya, kamu dapat memakai tanah gembur tanpa pupuk terlebih dulu.

Masukkan benih cabai dalam suatu mangkuk berdimensi lagi serta masukkan air hangat, tunggu sampai temperatur air berganti dingin serta tiriskan benih cabe organic kamu,nginkan sebentar sampai air mengering.

Siapkan wadah semai berbentuk tray ataupn polybag serta isi dengan tanah, sehabis itu taburkan benih cabe organic kamu serta tutup benih pada media semai memakai tanah secara tipis.

Sehabis itu semprotkan sedikit air buat melembabkan tanah pada media, serta letakkan pada ruang dengan sedikit sinar matahari. Ini hendak menolong proses perkembangan benih dengan kilat.

Pemindahan Media Tanam

Sehabis kamu menyemai benih, rawatlah benih dengan melaksanakan penyiraman secara tertib buat melembabkan keadaan tanah.

Dalam metode menanam cabe rawit organic  kamu wajib sediakan media tanam kala benih cabe telah berkembang dengan ketinggian dekat 5- 7 centimeter serta berikut penjelasannya:

Buat media tanam, kamu dapat memilah 2 tipe ialah menanamnya secara langsung di tanah ataupun menanamnya dalam pot.

Bila kamu menanam secara langsung, hingga kamu wajib melaksanakan pembersihan, penggemburan, pemupukan lahan terlebih dulu.

Jangan lupa mengukur pH tanah, pH yang baik buat menanam cabe organic ialah dekat 5 sampai 7. Bila pH tanah sangat asam, hingga kamu dapat menaburkan kapur dolmit terlebih dulu.

Tetapi, bila kamu menanamnya di dalam pot hingga akan lebih instan lagi sebab kamu cuma butuh mengisi pot dengan tanah yang dicampur pupuk,perbandingan tanah serta pupuk yang baik ialah 1: 1.

Baca Juga:  Cara Menanam Rumput Gajah Dengan Mudah & Benar (Panduan Lengkap)

Jangan lupa membuat lubang tanam serta memasukkan bibit cabe organic secara lama- lama. Tutup lubang tanam serta padatkan.


Perawatan serta Panen Cabe Rawit Organic

Tidak hanya menanam, dalam metode menanam cabe rawit organic terdapat pula metode menjaga yang baik supaya hasil panen kamu bermutu serta berikut penjelasannya:

  • Penyiraman dapat kamu jalani secara teratur serta sesuaikan dengan cuaca dikala itu. Penyiraman dicoba cuma buat melindungi kelembaban tanah saja.
  • Jalani pemupukan lanjutan tiap 2 minggu sekali buat melindungi kesuburan tumbuhan cabe kamu.
  • Jalani penyiangan serta pembersihan media tanam tiap 2 minggu sekali.
  • Spesial buat cabe organic, kamu cuma boleh memakai pupuk kompos maupun pupuk kandang serta tidak menyemprotkan pestisida.
  • Buat menanggulangi hama, kamu dapat menyemprotkan air kunyit serta jahe, ini menolong menanggulangi hama serangga.
  • Jalani perawatan sampai cabe merambah masa panen, panenlah dengan hati- hati jangan mencabut buah cabe secara langsung sebab dapat mengganggu struktur tumbuhan.

Budidaya Cabe Rawit Organik : Pembibitan, Pemindahan Media Tanam, Perawatan dan Cara Panen

Cara Panen atau Memetik Cabe yang Benar

Pemetikan yang salah dapat menyebabkan cacat pada buah cabe muda sehingga pertumbuhan buah cabai muda terganggu. Hal tersebut pasti akan mempengaruhi hasil panen cabai periode masa berikutnya.

Berikut ini langkah memetika cabe yang baik dan benar seperti yang dianjurkan oleh para petani profesional, diantaranya adalah:

  • Pemetikan buah cabai sebaiknya dilakukan pada waktu siang hari menjelang sore, atau sore menjelang waktu petang (senja).
  • Pemetikan buah cabai bukan dicabut atau ditarik ke arah atas, tapi yang benar adalah dipluntir searah jarum jam. Karena jika pemanenan dilakukan dengan ditarik ke arah atas, maka biasanya bunganya akan banyak yang berguguran sebelum terjadi fertilisasi (penyebukan bunga) yang dilakukan oleh serangga seperti kumbang, dan hewan sejenisnya.
  • Pemetikan buah cabai sebaiknya diprioritaskan pada buah yang sudah tua atau telah matang dipohonnya, sesuaikan dengan kebutuhan.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Cabe Rawit Organik : Pembibitan, Pemindahan Media Tanam, Perawatan dan Cara Panen , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.