Budidaya Cabe Rawit di Polybag : Cara Mudah Tanam Cabe di Rumah

3 min read

Budidaya Cabe Rawit di Polybag : Cara Mudah Tanam Cabe di Rumah2

Budidaya Cabe Rawit di Polybag : Cara Mudah Tanam Cabe di Rumah – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Cabe Rawit di Polybag.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Budidaya Cabe Rawit di Polybag : Cara Mudah Tanam Cabe di Rumah


Cabe Rawit( Capsicum frutescens) yang diketahui pula dengan nama thai pepper ataupun bird’ s eye chilli( Inggris) ialah tumbuhan perdu dari famili Solanaceae serta genus Capsicum.

Tetapi terdapat pakar botani yang menyebut cabe rawit bagaikan kultivar dari Capsicum annuum( cabe merah).

Cabe rawit merupakan salah satu dari tipe buah serta tanaman anggota genus Capsicum. Tidak hanya di Indonesia, dia pula berkembang serta terkenal bagaikan bumbu masakan di negara- negara Asia Tenggara yang lain.

Cabe rawit bercorak hijau berganti merah dikala matang. Walaupun berdimensi kecil, cabe rawit cukup pedas sebab mempunyai tingkatan kepedasan sampai 50. 000- 100. 000 pada skala Scoville.

Buah genus Capsicum ataupun cabe memiliki capsaicin, sesuatu bahan kimia yang memicu ujung saraf penerima pedas di lidah, serta satuan pedas Scoville( SHU) menampilkan jumlah capsaicin yang terdapat.

Tidak butuh khawatir bila rumah Kamu tidak mempunyai taman yang luas buat berkebun. Kamu bisa menggunakan polybag buat menanam cabe dirumah.

Metode menanam cabe rawit di polybag lumayan gampang serta instan lho. Metode menanam cabe rawit di polybag, Kamu cukup mempersiapkan benih, serta media tanam berbentuk polybag dan tanah..

Tumbuhan ini jadi komoditas dengan nilai ekonomis yang besar. Harga cabe rawit di Indonesia bisa melambung besar pada waktu- waktu tertentu semacam hari raya keagamaan.

Cabe rawit merah berbuah sejauh tahun serta bisa berkembang di dataran rendah serta dataran besar dengan kisaran pH tanah 5- 6. Cabe rawit mempunyai dimensi berkisar antara 2cm sampai 4 centimeter.

Sebagian alterasi tipe cabe rawit yang terdapat di Indonesia antara lain cabe rawit kecil, bird pepper, cabe ceplik, cabe domba/ cengek domba, cabe kathur, cabe jemprit, serta cabe putih.

Bila Kamu berminat buat menanam cabe rawit di rumah, berikut sebagian tahapan metode penanaman yang bisa Kamu simak diantaranya :


Langkah Persiapan Tanam Cabe Rawit di Polybag

Perihal yang awal butuh dicoba merupakan pembibitan cabe rawit. Langkah pembibitan ini diawali dari pilih biji serta penyemaian biji.

  • Memilah Benih Cabe Rawit

Langkah awal dalam metode menanam cabe rawit di polybag merupakan memilah benih cabe rawit bermutu. Lumayan gampang memilah benih cabe rawit.

Baca Juga:  Tanam Cabai Keriting : Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen Sukses(Panduan Lengkap)

Bila Kamu hendak menanam cabe dalam skala kecil semacam dalam polybag, lebih baik membuat bibitnya sendiri. Bibit cabe yang dijual di toko umumnya dalam sekala besar serta pasti saja mahal.

Rendam bibit cabe ke dalam air. Buang benih yang terapung. Cuma benih yang tenggelam di dalam air yang hendak bisa disemai. Bungkus benih dalam kertas ataupun kain lembab sepanjang 24- 36 jam saat sebelum disemai.

Biji cabe rawit direndam dalam air( hendaknya air hangat) sepanjang kurang lebih 30 hingga 60 menit.

  • Penyemaian Biji.

Biji yang sudah lewat sesi pilih hendak disemai buat memperoleh bibit cabe rawit. Penyemaian bisa dicoba dengan bermacam wadah semai semacam baki/ tray, polybag mini, gelas plastik sisa ataupun petakan tanah.

Media semai berbentuk tanah bagian atas( top soil) yang terdiri dari kombinasi lempung serta pasir pupuk kandang yang sudah matang ataupun pupuk kompos.

Perihal yang berarti merupakan haluskan pupuk tersebut dengan metode diayak.Tanah top soil dicampur dengan pupuk kompos dengan perbandingan 1: 1.

Tanah top soil merupakan tanah bagian atas yang merupakan  kombinasi tanah lempung serta pasir.

Pupuk kompos wajib dihaluskan terlebih dulu supaya pangkal biji yang masih lembut bisa menembus media tanah serta meresap faktor hara.

Berikutnya masuk ke dalam proses penyemaian. Buat menyemai, terdapat sebagian opsi yang dapat Kamu seleksi, berikut opsi yang kami jelaskan satu per satu.

    • Semai dalam Baki/ Tray

Media kombinasi tanah dimasukkan dalam tray( 3/ 4 bagian tray) setelah itu padatkan( jangan sangat padat). Buat lubang- lubang di tray dengan jarak tiap- tiap 7- 8 centimeter.

    • Semai dalam Polybag/ Gelas Plastik

Media tanam tanah dicampur dengan arang sekam( rasio 1: 1) sampai 3/ 4 polybag/ gelas. Buat lubang ditengah polybag ataupun gelas.

    • Semai dalam petak tanah/ bedengan

Buat bedengan. Letakkan media tanah kombinasi di atas bedengan dengan tebal dekat 5- 7 centimeter. Padatkan tanah kemudian sirami dengan air seperlunya( hingga basah tap tidak tergenang).

Buat lubang- lubang dengan jarak antar lubang 10 centimeter. Buat tiang bambu dengan besar dekat 30- 45 centimeter pada 4 sisi petak. Kemudian pasang paranet buat menutupi petak.

Sehabis media tanam siap, tanam 1 biji pada tiap lubang. Kemudian tutup permukaan dengan koran sisa ataupun karung goni.

Basahi koran ataupun karung goni tiap pagi serta sore hari( dengan metode semprot supaya basahnya rata) sampai 3- 4 hari ataupun hingga timbul bibit. Setelah itu buka koran/ karung goni.

Baca Juga:  Cara Menanam Cabe Rawit Untuk Pemula (Sukses)

Lanjutkan penyiraman bibit sampai bibit siap dipindahkan kurang lebih sehabis 3- 4 minggu ataupun timbul 4 helai daun.

Budidaya Cabe Rawit di Polybag : Cara Mudah Tanam Cabe di Rumah

Sesi Penanaman dan Perawatan

Pada prinsipnya sama dengan menanam cabe biasa ,media tanam ditambah arang sekam sebanyak 50% dari media tanah.

Sehabis penanaman, cabe rawit dipelihara dengan baik. Penyiraman dicoba seperlunya ialah dapat 3 hari sekali ataupun tiap hari bila masa kemarau( panas matahari terik).

Perompesan( pemetikan) daun anakan yang berkembang dari ketiak daun sangat perlu dilakukan supaya tumbuhan cabe rawit tidak ke samping.

Ajir( batang bambu) pula butuh dipasang disamping tumbuhan cabe dengan jarak 7- 10 centimeter dengan kedalaman 20- 30 centimeter.

Pengajiran bisa dicoba pada tumbuhan yang telah menggapai besar minimun 20 centimeter. Beri pupuk NPK ataupun pupuk organik tiap 2 minggu sekali sepanjang 2 bulan. Sehabis itu pemupukan lumayan sebulan sekali.

Sepanjang masa penanaman, rajinlah berikan pupuk. Pakai pupuk kompos sehingga cabe jadi lebih organik. Kamu tidak butuh mempersiapkan banyak ruang buat bertanam cabai dengan polybag. Lumayan letakkan polybag di teras rumah dengan cahaya matahari yang cukup


Masa Panen Cabe Rawit Polybag

Kala cabe rawit sudah berkembang dengan sempurna serta berbuah, Kamu bisa memanen cabe rawit Kamu sendiri di rumah. Tidak perlu takut lagi harga cabe meroket di pasaran.

Pemetikan yang salah dapat menyebabkan cacat pada buah cabe muda sehingga pertumbuhan buah cabai muda terganggu. Hal tersebut pasti akan mempengaruhi hasil panen cabai periode masa berikutnya.

Berikut ini langkah memetika cabe yang baik dan benar seperti yang dianjurkan oleh para petani profesional, diantaranya adalah:

  • Pemetikan buah cabai sebaiknya dilakukan pada waktu siang hari menjelang sore, atau sore menjelang waktu petang (senja).
  • Pemetikan buah cabai bukan dicabut atau ditarik ke arah atas, tapi yang benar adalah dipluntir searah jarum jam. Karena jika pemanenan dilakukan dengan ditarik ke arah atas, maka biasanya bunganya akan banyak yang berguguran sebelum terjadi fertilisasi (penyebukan bunga) yang dilakukan oleh serangga seperti kumbang, dan hewan sejenisnya.
  • Pemetikan buah cabai sebaiknya diprioritaskan pada buah yang sudah tua atau telah matang dipohonnya, sesuaikan dengan kebutuhan.

Budidaya Cabe Rawit di Polybag : Cara Mudah Tanam Cabe di Rumah2

Demikian ulasan mengenai Budidaya Cabe Rawit di Polybag : Cara Mudah Tanam Cabe di Rumah , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.