4 Cara Budidaya Bunga Kamboja Yang Baik Dan Benar

6 min read

4 Cara Budidaya Bunga Kamboja Yang Baik Dan Benar

4 Cara Budidaya Bunga Kamboja Yang Baik Dan Benar – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Bunga Kamboja. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


4 Cara Budidaya Bunga Kamboja Yang Baik Dan Benar


Bunga kamboja maupun yang memiliki nama keren Adenium berasal dari Afrika dan Asia barat yang terkenal dengan nama desert rose( mawar padang pasir).

Tanaman yang berasal dari gurun pasir ini berkembang dengan baik pada tempat kering daripada media yang sangat basah. Bunga kamboja dapat ditanam dengan 2 tata cara yakni stek pada batang dan tata cara okulasi.

Dahulu bunga kamboja identik dengan bunga kuburan karena memanglah di daerah jawa, bunga ini tumbuh liar di dekat pemakaman. Namun dikala ini bunga kamboja sudah jadi prospek bisnis yang menggiurkan.

Kamboja anakan bisa dihargai 20 hingga 200 ribuan di pasaran sehingga banyak orang membudidayakan jenis tanaman ini.

Bunga kamboja memiliki banyak jenis warna antara lain putih, kuning, orange, merah, dan kekuningan.

Bunga kamboja bisa dibudidayakan dalam sesuatu pot yang bisa Kalian letakkan di mana pula sangat utama di halaman rumah bagaikan hiasan.

Sebagian tata cara berikut ini bisa Kalian langsung praktikkan buat budidaya tanaman kamboja.


Metode Tanam Stek Batang Bunga Kamboja

Kamboja tercantum jenis tanaman yang lebih menggemari cahaya matahari daripada ditempatkan di dalam ruangan tanpa cahaya matahari langsung.

Tidak cuma itu ada sebagian Mengenai yang harus Kalian pertimbangkan dalam memilah bibit kamboja ialah warna serta jenis daun yakni berdaun lancip dan berdaun bulat.

Buat mendapatkan bibit yang baik Kalian sebaiknya membungkus akar- pangkal dengan mengenakan polybag maupun karung biar kesehatan batang- batangnya tetap terpelihara.

Berikut ini ialah langkah- langkah tata cara menanam kamboja dengan tata cara stek batang:

Siapkan lahan buat penanaman, sehabis itu gali lubang yang cukup dalam hingga 80 centimeter.

Bilas zona tanam sehingga tidak ada sisa- sisa bongkahan batu bata maupun apapun yang dapat menghalangi pertumbuhan tanaman ini.

Pilih induk kamboja yang ukurannya besar, tua secara umur serta sehat maupun tidak memiliki cacat. Sehabis itu potong batang kamboja dekat 20 cm.

Sehabis itu biarkan hinggasatu minggu setelah itu letakkan di tempat teduh yang lembab.

Buat batang bagian atas apabila memiliki daun yang banyak, buang daunnya dan tinggalkan 2 daun saja biar penguapan menyusut disaat penyetekan dicoba.

Sehabis batangnya dipotong, celupkan maupun oles sisa luka akibat potongan tersebut dengan obat perangsang pangkal yang ada di toko pertanian sesegera dapat jadi buat merangsang tumbuhnya pangkal secara kilat.

Buat media tanam, gunakan sekam bakar yang dicampur dengan arang setelah itu aduk hingga rata.

Tanaman yang telah dipotong bisa ditanam pada pot dengan media tanam sehabis satu minggu buat menjauhi timbulnya bakteri, jamur dan cendawa pada ujungnya yang masih belum halus.

Sehabis batang ditanam sampai siramlah tanaman seperlunya yakni 3 kali satu hari karena tanaman ini tidak bisa menerima banyak air buat menjauhi kebusukan batang tanaman biar proses pembuatan pangkal lebih kilat.

Kala kamboja ditanam, lepaskan pembungkus pangkal dan biarkan tanah yang menempel pada akar- akarnya biar bibit kamboja ini membiasakan diri sehingga bunga kamboja bertahan hidup dengan baik.

Mengenai berarti yang lain dalam membudidayakan bunga kambojamerupakan Kalian sebaiknya memilah jenis tanah porus bagaikan media tanam bunga kamboja.

Karena tanah porus tidak mudah menyerap air sehingga sangat cocok buat bunga kamboja yang tidak sangat menggemari air.


Metode Tanam Okulasi Bunga Kamboja

Berikut ini ialah langkah- langkah tata cara menanam kamboja dengan tata cara okulasi:

Cari kamboja yang sehat dan mempunyai batang yang besar. Potong mata tunas dengan pisau tajam.

Baca Juga:  10 Jenis Tanaman Hias Yang Bisa di Stek

Cari batang bagian dasar pada tanaman yang tunasnya ingin ditempelkan, setelah itu iris semacam irisan mata tunas biar bentuknya sesuai disaat melakukan penempelan.

Tempelkan mata tunas ke batang dasar dengan posisi mata tunas menghadap ke atas.

Ikatlah tanaman dengan kuat menggunakan tali plastik. Ingatlah disaat melakukan pengikatan, mata tunas tidak boleh tertutup.

Sehabis segala berakhir dan siap, batang dasar tanaman dipotong buat memesatkan pertumbuhan mata tunas.

Letakkan tanaman ini di tempat yang teduh, kering dan memiliki perputaran hawa yang baik.

Kalian harus perhatikan posisi mata tunas. Banyak orang yang terbalik disaat penempelan mata tunas sehingga tunas tidak hendak tumbuh.

Teliti lagi dikala saat sebelum melekatkan mata tunas biar okulasi tanaman ini dapat terlaksana sesuai dengan harapan Kalian.


Metode Tanam Puasa Air

Tata cara ini bertujuan buat merontokkan daun sehingga merangsang tumbuhnya tunas baru yang dibarengi dengan munculnya kuncup bunga.

Melalui tata cara ini hendak keluar bunga secara serempak, tanaman adenium hendak aktif berbunga yakni 3- 4 kali dalam setahun.

Tanaman adenium tidak wajib disiram sejauh seminggu. Sehabis puasa air sejauh satu minggu, tanaman disiram larutan pupuk NPK berkalium besar dengan perbandingan N- P- K: 10: 10: 55 maupun 6: 30: 30.

Dosis konsumsi pupuk harus sesuai anjuran dari pabrik pupuk yang dipakai. Sehabis itu tanaman berpuasa lagi sejauh seminggu. Sehabis itu, beri lagi pupuk NPK berkalium besar.

Apabila kuncup bunga belum keluar, perlakuan puasa siram harus diulangi terus hingga kuncup bunga mencuat.

Biasanya sehabis tata cara puasa siram dicoba sebanyak 2 kali, kuncup bunga sudah hendak mencuat. Sehabis itu Kalian hanya harus melindungi biar bunga tahan lama.

Pola penyiraman dan pemupukan sangat berarti biar kebutuhan hara tetap tepenuhi.

Frekuensi penyiraman ini dapat dicoba dengan frekuensi 2 hari sekali. Pemupukan dicoba sejauh satu minggu sekali dengan komposisi NPK yang berbeda.

Apabila minggu dini dengan pupuk besar N, minggu berikutnya dipupuk dengan isi N yang rendah sehingga tanaman adenium hendak berbunga bagus serta daunnya sehat dan segar.


Metode Tanam Bunga Kamboja Dengan Biji

Dikala saat sebelum mendapatkan biji dari bunga kamboja yang baik dan sehat, terlebih dahulu Kalian harus melakukan penyerbukan buatan biar tanaman lebih kilat berbuah dan menciptakan biji yang siap buat ditanam.

Sebetulnya, proses penyerbukan ini dicoba secara alami oleh dorongan angin yang dapat menerbangkan serbuk sari bagaikan organ kelamin jantan pada kepala putik selaku organ kelamin wanita.

Tidak hanya itu saja, tata cara alami pula dapat dicoba oleh serangga yang berpindah tempat membawa serbuk sari hingga ke kepala putik kamboja.

Namun rupanya tata cara alami tersebut tidaklah cukup efektif karena angin belum tentu tetap timbul dan begitu pula dengan serangga yang belum tentu ada.

Oleh sebab itu banyak yang mengenakan tata cara buatan buat memindahkan serbuk sari pada kepala putik.

Kalian dapat melaksanakannya dengan mengenakan kuas kecil yang menyapu halus serbuk sari dan menempelkannya diatas kepala putik.

Buat pemilihan jenis tanaman serbuk sari dan kepala putik sebaiknya dipilih dari jenis tanaman kamboja yang memiliki raga baik, sehat, tumbuh kilat, dan yang berarti sangat unggul.

Apabila proses penyerbukan tersebut maupun yang pula diucap dengan perkawinan antara bunga kamboja telah dicoba sampai Kalian dapat memandang apakah ada alterasi baru yang mencuat.

Jadi Kalian dapat memandang alterasi tersebut pada bentuk dan corak daun serta warna bunga yang dapat berubah dari sebelumnya.

Buat dapat memandang perubahannya memerlukan waktu hingga proses tumbuh kembang buah benar benar matang.

Buah adenium memiliki bentuk semacam tanduk yang didalamnya berpolong dan terdapat biji biji baru yang hendak tumbuh didalam tanduk tersebut.

Kala buah sudah masak sampai telah siap dipanen yang sehabis itu dilanjutkan pada proses penyemaian hingga pada penanaman dan berakhir pada perawatan bunga kamboja.

Buat buah kamboja yang sudah masak sampai hendak memiliki raga kulit yang mengering dan lebih terbuka cocok di bagian atas polong yang memanjang.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Lili

Kala dilihat Kalian hendak tahu jika biji biji yang terdapat didalamnya masih menyatu bersamaan bulu bulu halus yang yakni peralatan terbangnya.

Apabila biji biji tersebut dibersihkan sampai bentuk fisiknya yang memanjang tersebut memiliki ujung yang datar.

Tidak segala biji yang dihasilkan memiliki kualitas tumbuh yang baik oleh sebab itu perlu melakukan proses penyemaian terlebih dahulu.

  • Proses Penyemaian Biji

Proses penyemaian buat memilah antara biji bunga kamboja yang dapat tumbuh dengan baik dan perkembangan nantinya sangat kilat dengan biji bunga kamboja yang tidak dapat tumbuh dengan sempurna.

Tata cara penyemaian dapat dicoba bagaikan berikut:

Dini siapkan wadah bersih buat wadah penyemaian.

Gunakan air yang bersih buat proses perendaman biji. Setelah itu masukkan air tersebut kedalam wadah penyemaian.

Sehabis itu masukkan biji- biji bunga kamboja ke dalam wadah penyemaian yang telah diisi dengan air.

Rendamlah biji terlebih dahulu pada air yang memiliki kedalaman 10 menit.

Apabila biji nampak mengapung dan terlihat sangat kopong maupun berarti kosong dan tidak berisi sampai buang dan jangan digunakan. Kalian dapat memilah mengenakan biji yang tenggelam yang artinya biji tersebut bermutu dan hendak tumbuh dengan baik.

  • Proses Penanaman Biji

Dini, siapkan media yang hendak digunakan yakni cocopeat dan sekam bakar yang mengenakan perbandingan 1: 1. Sehabis itu masukkan media tanam tersebut ke dalam pot.

Apabila tidak ada media tanam semacam cocopeat, dapat diganti dengan mengenakan serutan kayu yang lebih halus maupun dapat pula mengubahnya dengan mengenakan sekam bakar.

Sehabis pot terisi dengan media tanam dengan dimensi¾ sampai biji biji dapat diletakkan dengan posisi terbaring. Jarak yang digunakan yakni kurang lebih 1 cm.

Kalian dapat mengenakan pot yang memiliki ukuran diameter 20 dan dalam satu pot tersebut dapat memuat 100– 150 biji kamboja.

4 Cara Budidaya Bunga Kamboja Yang Baik Dan Benar

  • Proses Penaburan Biji

Sehabis itu Kalian dapat menaburkan biji pada media tanam dan diusahakan biar biji tidak sangat dalam terbenam dalam media tanam.

Sehabis itu lakukan penyemprotan air bersih dengan mengenakan spray halus. Setelah itu tutuplah benih bibit pada media tanam dengan mengenakan plastik yang transparan dan letakkan pada tempat yang teduh.

Mengenai tersebut diakibatkan pada disaat penyemaian ini, biji tidak dapat terkena sinar matahari secara langsung.

Sehabis itu semprotkan kembali dengan air sedikit demi sedikit setelah itu tunggu hingga usia biji mencapai 1 minggu dan disaat semacam itu biji hendak berubah jadi kecambah.

  • Perhatikan Pertumbuhan Bibit

Biji bunga kamboja yang telah ditanam hendak tumbuh dengan batangnya yang kecil namun sudah memperlihatkan strukturnya yang berbonggol.

Daun sejatinya pula mulai tumbuh sebagian helai. Apabila sudah semacam ini, bisa dipindahkan pada wadah

Sehabis berumur 2 bulan, biji bunga kamboja yang telah ditabur hendak tumbuh dengan batangnya yang kecil namun sudah memperlihatkan strukturnya yang berbonggol.

Daun sejatinya pula mulai tumbuh sebagian helai. Apabila sudah semacam ini, bisa dipindahkan pada wadah polybag maupun pot berukuran lebih besar.

Apabila daun sudah mulai tumbuh sampai penutup plastik yang sebelumnya dapat dilepaskan, namun tanaman tetap diletakkan pada tempat yang teduh sehabis itu jangan kurang ingat buat menyiramnya dengan mengenakan spray.

Kala usianya sudah mencapai 2 bulan sampai jumlah daun hendak mencuat dekat 6– 8 helai dan disaat semacam itu Kalian dapat memindahkan tanaman ke dalam polibag yang berukuran kecil.

maupun dapat pula dengan mengenakan gelas plastik sisa air mineral dengan mengenakan komposisi media tanam pasir malang dan sekam bakar dan perbandingannya ialah 1: 1.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Bunga Kamboja , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.