Cara Budidaya Bunga Hortensia Berbunga Indah Lebat

3 min read

Cara Budidaya Bunga Hortensia Berbunga Indah Lebat

Cara Budidaya Bunga Hortensia Berbunga Indah Lebat – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Bunga Hortensia . Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Budidaya Bunga Hortensia Berbunga Indah Lebat


Hortensia maupun Hydrangea yakni tanaman hias yang populer, disukai orang karena bunganya yang besar. Spesies yang sangat banyak ditanam ialah Hydrangea macrophylla yang terdiri dari dekat 600 kultivar.

Pada umumnya Hydrangea macrophylla memiliki bunga yang besar tetapi seluruhnya steril.

Hortensia pula dikenal dengan nama kembang bokor, kebalikannya dalam bahasa Melayu dikenal dengan nama bunga 3 bulan. di sulawesi selatan dikenal dengan nama bunga masamba

Tanaman ini sebaiknya dipangkas setahun sekali kala kuncup bunga mulai terlihat. Tanaman bisa tumbuh sangat besar ke atas bila tidak dipangkas.

Apabila tanaman sudah sangat besar, tanaman bisa doyong hingga patah karena berat batang yang melebihi kekuatan tanaman buat menyangganya.

Bunga hanya keluar pada batang yang lama, sehingga bunga tidak hendak keluar di batang baru hasil pemangkasan.

Hortensia yakni salah satu nama genus yang kurang lebih dari 70- 75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari wilayah Asia Timur dan Asia Selatan


Morfologi serta Ketentuan Berkembang Bunga Hortensia

Sebagian besar spesies ini berasal dari Jepang dan Tiongkok. Tanaman semak dengan besar kurang lebih 1 sampai 3 meter, tetapi ada pula yang dapat merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter.

Daun berbentuk bulat telur, tepi beringgit dan warna hijau muda berkilau.

Tidak cuma dari salah satu spesies yang tumbuh di daerah beriklim sejuk yang pula memiliki sifat dengan menggugurkan daun( tumbuhan peluruh), sebagian besar spesies yakni tumbuhan hijau yang abadi.

Hortensia pula dikenal dengan nama bagaikan kembang bokor, kebalikannya dalam bahasa Melayu yakni dikenal dengan nama bunga 3 bulan. Di sulawesi selatan dikenal dengan sebutan bunga masamba.

Baca Juga:  √ Cara Menanam dan Perawatan Semangka (Panduan Lengkap)

Bunga yang bercorak putih pada sebagian besar spesies, tetapi sebagian spesies sangat utama H. macrophylla mempunyai bunga yang biasa bercorak biru, merah, merah jambu, maupun pula ungu bergantung pada tingkatan pH tanah.

Pada waktu masih kuncup, bunga bercorak hijau, berubah jadi putih, sewaktu mekar bercorak biru muda maupun warna merah jambu yang secara bertahap berubah jadi motif yang jauh lebih tua tua( biru tua maupun merah) dikala saat sebelum bunga rontok.

Tanah yang bersifat asam dapat menghasilkan bunga bercorak biru, tanah dengan pH normal menghasilkan bunga bercorak putih krem, dan tanah yang bersifat basa hendak menghasilkan bunga bercorak merah jambu maupun ungu.

Hortensia yakni salah satu dari tanaman yang pada daun bunga pula mengumpulkan aspek aluminium yang dilepaskan tanah yang bersifat asam sehingga bunga ini hendak jadi bercorak biru.


Langkah Cara Menanam Bunga Hortensia

Sehabis mengidentifikasi morfologi bunga hortensia, sehabis itu gimana tata cara biar bunga hortensia kilat berbunga. Langkah yang sepatutnya dicoba biar tanaman ini kilat berbunga yakni:

  • Pemilihan jenis hortensia

Kalian harus mengidentifikasi jenis hortensia yang cocok buat ditanam di Indonesia dikala saat sebelum mengidentifikasi tata cara menanam bunga panca warna maupun bunga hortensia.

Jenis mophead hydrangea ialah salah satu jenis bunga hortensia yang cocok buat ditanam di hawa panas dengan tanah agak kering.

Jenis ini relatif lebih mudah tumbuh di Indonesia dibandingkan denga jenis yang lain yang membutuhkan temperatur dingin.

Kebalikannya apabila Kalian ingin menanam bunga hortensia pada cuaca dingin, Kalian dapat memilah jenis Annabelle. Hydrangea Annabelle yakni jenis yang mampu membiasakan diri dengan cuaca sangat dingin sekali pula.

  • Perawatan Disaat Baru Tumbuh

Disaat tanaman baru tumbuh, sampai siram tanaman bunga hortensia secara tertib hingga tanaman ini menyesuikan diri dengan tanah dan zona tumbuh.

Selanjutnya, siram tanaman ini sehabis tanahnya dikeringkan sejauh 2– 3 minggu sehabis penyiraman terakhir. Basahi tanah di dekat tanaman, bukan cocok di tempat tumbuh tanaman.

Baca Juga:  Cara Menanam Daun Bawang Hidroponik : Tahapan Penanaman dan Masa Panen

Bagikan lebih banyak air buat tanaman yang tumbuh di tempat yang terkena sinar matahari langsung dibandingkan tanaman yang tumbuh di tempat yang lebih teduh.

Bagikan 1 sendok makan pupuk organik di dekat tanaman masing- masing 3 bulan sekali.

  • Perawatan Disaat Bunga Baru Mekar

Disaat masa berbunga usai, sampai pangkas tangkai daun yang sudah tua. Mengenai ini bertujuan buat memberikan ruang tumbuh buat tunas- tunas daun yang baru.Pemangkasan tertib membantu tanaman ini berbunga lebih lebat.

  • Pencahayaan bunga

Kalian perlu memberikan pencahayaan yang cukup, tetapi tidak kelewatan. Cahaya matahari yang sangat kelewatan hanya hendak mematikan pertumbuhan batang tanamannya.

Mengenai tersebut nyatanya hendak berdampak pada kilat maupun tidaknya tanaman ini berbunga. Bagikan pencahayaan tidak lebih dari jam 10 pada pagi hari.

  • Perlindungan hama

Cek kondisi tanaman masing- masing 2 hari sekali buat mengidentifikasi apakah ada hama yang menempel pada daun. Apabila menghasilkan hama, gunakan pestisida dengan takaran yang seperlunya buat mengusir hama tersebut.

  • Penyiraman Bunga

Penyiraman bunga hortensia dapat dicoba masing- masing 2 kali satu hari secara tertib. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Jangan menyiram tanaman secara berlebih, lakukan penyiraman seperlunya.

Bunga hortensia dapat tumbuh produktif dengan kelembapan yang cukup besar. Apabila Kalian melakukan penyiraman secara kelewatan sampai bunga hortensia hendak jadi busuk.

Cara Budidaya Bunga Hortensia Berbunga Indah Lebat

  • Pemupukan Bunga

Supaya bunga mekar sempuran, sampai lakukan pemupukan secara tertib. Lakukan pemupukan minimal masing- masing satu bulan sekali. Sebaiknya gunakan pupuk kompos.

Kalian dapat membuat pupuk kompos dengan mengidentifikasi tata cara membuat pupuk kompos dari buah busuk, tata cara membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga, dan tata cara membuat pupuk kompos dari ampas kopi.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Bunga Hortensia , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih