Cara Budidaya Bunga Dandelion Yang Tepat

3 min read

Cara Budidaya Bunga Dandelion Yang Tepat
  • Cara Budidaya Bunga Dandelion Yang Tepat – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Bunga Dandelion. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Cara Budidaya Bunga Dandelion Yang Tepat


Dandelion ataupun Randa Tapak yakni salah satu bagian dari jenis bunga Taraxacum, sesuatu genus besar dalam keluarga Asteraceae.

Jenis tanaman bunga yang memiliki nama latin Taraxacum Officinale, bukan jenis bunga asli di Indonesia, bunga ini di temukan pada wilayah Amerika Utara dan dataran Eropa.

Nama Randa Tapak itu sendiri biasa digunakan buat merujuk kepada sesuatu tumbuhan yang sudah memiliki“ bunga” yang memiliki“ bunga- bunga” kecil yang terbang ditiup angin.

Bunga dandelion yakni jenis bunga yang dini mulanya berasal dari tanaman liar. Dandelion sendiri bukan yakni bunga yang berkelopak indah semacam mawar, maupun bunga yang berwangi harum semacam bunga melati.

Lebih dari itu bunga dandelion ialah bunga yang melambangkan kesederhanaan, kesetiaan dan kekuatan semacam pula tata cara menanam bunga balsam.


Morfologi Bunga Dandelion

Pada dikala masa awal- dini berbunga, bunga dandelion mempunyai corak kuning. Sebaliknya bunga yang bercorak terus jadi putih menunjukkan usia bunga dandelion terus jadi menua.

Bunga dandelion umumnya mempunyai diameter 2 sampai 5 centimeter serta seluruhnya terdiri dari cahaya kuntum.

Sehabis itu bunga yang matang hendak berganti jadi kepala jam, berupa bundar semacam jam serta kala buah dari bunga dandelion masak, hendak diterbangkan oleh angin dengan jarak yang jauh.

Bunga dandelion memiliki sebagian vit serta mineral berarti, semacam vit A, D, E, B zona, C, fosfor, mangan, magnesium, kalium, seng, kalsium, natrium serta tembaga.

Dandelion dapat tumbuh di tempat manapun, dari tebing yang curam, semak belukar hingga tempat tempat yang tidak mudah di jangkau oleh makhluk hidup.

Baca Juga:  Budidaya Jintan Hitam

Dari sinilah dandelion memiliki keistimewaan sendiri di mata para pecintanya. Warna bunganya yang putih dengan bentuk bulat, dengan biji biji buah yang banyak.

Biji inilah yang digunakan bagaikan benih buat memperbanyak tanaman dandelion.

Asal asli dari tumbuhan ini yakni negara Eropa dan Asia, namun sudah menyebar ke segala tempat. Yang diucap bagaikan bunga dari tumbuhan ini ialah hendak jadi semacam jam hayati yang secara tertib melepaskan banyak bijinya. Biji- biji ini sesungguhnya ialah buahnya.

Bagian dandelion semacam pangkal dan bunga yakni salah satu bagian yang terdapat mempunyai banyak zat berarti yang bermanfaat.

Dandelion pula mempunyai berbagai vit dan mineral berarti. Vit yang dikandung oleh bunga dandelion yakni vit A, D, E, B area, dan C.


Cara Menanam Bunga Dandelion


  • Persiapan Posisi Tanam

Posisi yang dipilih buat dapat menanam bunga dandelion sebaiknya disesuaikan dengan habitat aslinya yakni pada posisi yang terbuka dan terkena cahaya matahari secara langsung semacam di pekarangan.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran dekat 20cm x 20cm x 20cm. Sehabis itu, tambahkan 1kg- 2kg pupuk kandang ke dalam lubang tanam dan biarkan sejauh 1 minggu.

Gemburkan tanah yang ada disekitar lubang tanam. Apabila sudah 1 minggu, lubang tanam sudah siap ditanami bibit bunga dandelion.

  • Mempersiapkan Benih

Terdapat berbagai bermacam varietas dandelion namun yang sangat sering maupun banyak dibudidayakan yakni jenis dandelion umum( T. officinale).

Ketahui pengetahuan dasar mengenai tanaman dandelion biar kalian tidak mudah tertipu. Biasanya benih yang di jual berisi 50 biji/ bungkus, dengan harga 10 ribu an.

Pastikan benih yang dibeli sudah siap di tanam, dan tidak memerlukan perlakuan bonus yang lain. Buat informasi yang sangat lengkap mengenai benih kalian bisa menanyakannya kepada penjual dengan sedetail detailnya.

  • Penanaman Bunga Dandelion

Penanaman pada bunga dandelion ini dapat dicoba dengan 2 tata cara yakni dengan biji benih dandelion ditanam langsung ke dalam lubang tanam maupun bisa pula biji benih bunga dandelion disemai terlebih dahuludi polybag baru sehabis tumbuh ditanam ke lahan tanam.

Baca Juga:  √ Cara Menanam Dan Merawat Buah Mangga Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap)

Namun dapat diajarkan dalam pembibitan dandelion dicoba dengan tata cara menyemaikan benihnya terlebih dahulu karena angka kehidupan bibit lebih besar.

Tata cara menyemai benih bunga dandelion yakni bagaikan berikut:

Benih ditaruh terlebih dahulu ditempat yangh sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Selanjutnya, siapkan polybag berisi media tanam berupa campuran tanah halus, pupuk kandang dan sedikit pasir. Bagian dasar polybag dilubangi biar air dapat keluar.

Apabila sudah siap, semaikan biji dandelion tersebut ke media tanam dalam polybag. Sehabis disemai, lakukan penyiraman dengan air seperlunya. Namun apabila biji tersebut keluar disaat penyiraman, sampai timbun kembali dengan media tanamnya.


Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Dandelion

Sama halnya dengan perawatan tanaman hias yang lain, perawatan bunga dandelion tidak begitu sulit. Laksanakan proses penyiraman secara tertib sebanyak 2 kali 1 hari.

Pemupukan bisa dilaksanakan masing- masing 3 minggu 1 kali dengan menggunakan pupuk kandang, pemupukan ini dilaksanakan pada bagian tajuk tanaman.

Tidak cuma itu, laksanakan pula proses penyiangan pada gulma maupun tanaman pengganggu yang lain secara tertib.

Cara Budidaya Bunga Dandelion Yang Tepat

  • Masa Berbunga

Sehabis 3 bulan sehabis tanam, tanaman dandelion ini hendak mulai berbunga. Meski dalam cuaca yang cukup ekstrim bunga dandelion hendak tetap dapat menghasilkan bunga.

Pada disaat dini berbunga, bunga hendak bercorak kuning. Kebalikannya bunga hendak terus jadi putih disaat mulai menua. Kepala bunga berdiameter dekat 2- 5 cm dan seluruhnya terdiri dari sinar kuntum.

Bunga yang matang sehabis itu hendak berubah jadi kepala jam, berbentuk bulat semacam jam. Buah buah ini disaat masak sehabis itu hendak diterbangkan oleh angin jarak- jauh.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Bunga Dandelion , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih