Budidaya Bekicot Dalam Drum

2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

Budidaya Bekicot Dalam Drum – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Bekicot Dalam Drum. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Budidaya Bekicot Dalam Drum


Dibalik penampilannya yang terbilang menjijikan untuk sebagian orang, hewan satu ini tidak hendak sepi peminat apabila diternakkan.

Pasalnnya isi protein yang besar menjadikan bekicot bagaikan salah satu pakan ternak khususnya ikan.

Bukan itu saja, tidak sedikit warga yang menikmati dan mengolah bekicot jadi pakanan nikmat misalnya sate, dendeng, ataupun juga sate serta lain-lainnya.

Bukan itu saja, tidak hanya diolah jadi sate, dendeng, ataupun juga sate, fauna yang sering kali timbul dengan jumlah banyak pada waktu masa penghujan datang ini apalagi dijadikan bagaikan makanan kelas atas asal Perancis yang diberi nama escargot.

Tidak hanya bisa dimanfaatkan bagaikan pakan ternak serta santapan, bekicot dapat pula dijadikan buat obat dalam menanggulangi bermacam berbagai penyakit.

Misalnya radang selaput mata, munculnya gatal-gatal, penyakit jantung, meredakan sakit kala haid serta masih banyak yang yang lain.

Ini tidak lepas dari terdapatnya, isi protein serta pula asam amino yang besar dalam badan bekicot.


Tahapan Metode Ternak Bekicot

Ketentuan Lokasi yang Baik buat Ternak Bekicot

Bekicot merupakan hewan yang gampang diternakkan, juga demikian pemilihan lokasi yang sangat cocok buat bekicot perlu dicoba.

Ketentuan posisi ternak bekicot merupakan tempat yang terlindung (tidak terserang cahaya matahari langsung), lembab serta basah.

Memilih lokasi yang tanahnya memiliki zat kapur sebab penting dalam pembuatan cangkang.

Baca Juga:  Cara Merawat Kucing Persia

Pembuatan Kandang Bekicot

Bekicot bisa diternakkan pada lubang tanah, kotak kayu, bak semen, drum ataupun wadah yang lain.

Pada bagian lantai kandang dilapisi tanah setebal 30 centimeter serta ditambahkan cacing biar tanah senantiasa gembur. Tidak hanya itu, cacing tanah pula berperan mensterilkan kotoran bekicot.

Pada bagian atas kandang dipasang kain kasa biar bekicot tidak keluar dari kandang. Biar bekicot berkembangbiak dengan baik, upayakan kandang senantiasa lembab serta teduh dengan temperatur berkisar 25–30 C.

Pemilihan Induk Bekicot

Gimana metode memilah bibit calon induk buat budidaya bekicot? Pemilihan indukan bekicot yang hendak diternakkan harus dicoba.

Sebab hendak memastikan apakah ternak bekicot yang dibesarkan sukses ataupun tidak nantinya.

Bekicot yang hendak dijadikan indukan hendaknya bekicot yang secara raga bagus (tidak cacat), sudah dewasa (panjang cangkang minimum 6-7 centimeter), berat kurang lebih 70 gr.

Calon indukan bekicot bisa diperoleh di alam ialah bekicot liar yang banyak ditemukan di kebun.

Budidaya Bekicot Dalam Drum


Pemeliharaan Ternak Bekicot

Kepadatan per m persegi optimal 80 ekor bekicot berusia serta anak 100-150 ekor. Indukan bekicot dimasukkan ke dalam kandang pada malam hari, diletakkan pada tempat yang dekat dengan pakan.

Pakan bekicot disediakan sepanjang waktu, makanan kesukaan bekicot berbentuk daun-daun fresh ataupun sayur-mayur, misalnya kol, kangkung, bayam, sawi, daun singkong, daun pepaya ataupun buah-buahan.

Bekicot bisa berkembangbiak dengan baik pada tembat yang lembab serta teduh, oleh sebab itu upayakan kandang bekicot tidak terserang cahaya matahari secara langsung.

Apabila keadaan kandang kurang lembab, dapat disiram dengan air seperlunya. Kandang dibuat sedemikian rupa supaya tidak dimasuki hewan lain ataupun pemangsa bekicot.

Masa Reproduksi Bekicot

Meski bersifaat hermafrodit (mempunyai 2 alat kelamin), bekicot senantiasa melaksanakan perkawinan dengan bekicot lain yang umumnya diawali jam 21.00 sampai 06.00.

Pada masa kawin bekicot hendak menyingkir ke tempat yang lebih nyaman serta bertelur disembarang tempat.

Baca Juga:  Manfaat Daun Sirih

Curah hujan yang besar hendak perbanyak kegiatan perkawinan, sebab sanggup tingkatkan kelembaban serta merendahkan temperatur udara.

Sepanjang hidupnya bekicot mempunyai 3 periode bertelur dengan selang waktu 6 bulan. Dalam satu periode bertelur bekicot sanggup menciptakan 100-200 butir telur.

Perawatan Telur serta Anak Bekicot

Sehabis bertelur induk bekicot hendaknya dipindahkan ke kandang yang lain. Dalam waktu 5–15 hari umumnya telur hendak menetas.

Anak bekicot yang baru menetas hendak tinggal di dalam tanah sepanjang 5-15 hari. Sehabis itu anak bekicot butuh diberi makan buah-buahan ataupun sayur-mayur yang dihaluskan.


Pemisahan Anak Bekicot ke Kandang Pembesaran

Sehabis 2 hingga 3 bulan, anak bekicot di letakkan pada kandang pembesaran serta diberikan pakan semacam bekicot dewasa.

Bekicot memerlukan zat kapur buat berkembang serta pembuatan cangkang, sehingga dibutuhkan akumulasi kapur dalam pakan yang diberikan mulai usia 4 ataupun 5 bulan.

Bekicot aktif pada malam hari sehingga pemberian pakan dicoba pada sore hari.

Metode Panen Bekicot

Bekicot bisa dipanen kala berusia 5 hingga 8 bulan. Panen bekicot dicoba dengan metode memungut satu persatu, setelah itu ditaruh pada kotak kardus ataupun kotak kayu.

Setelah itu disiram dengan air buat mensterilkan kotoran yang melekat pada cangkang bekicot. Buat memudahkan pemanenan, hendaknya panen dicoba pada malam hari.

Bekicot diberi pakan yang sudah dicampur dengan terasi, aroma tajam terasi hendak menarik bekicot buat berkumpul serta memudahkan pemanenan.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Bekicot Dalam Drum, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.