Bonsai Bunga Kertas, Proses Pembuatannya (Sukses)

2 min read

Bonsai Bunga Kertas, Proses Pembuatannya (Sukses)

Bonsai Bunga Kertas, Proses Pembuatannya (Sukses) – Sobat berkebun.co.id kali ini kita akan bahas tentang cara membuat bonsai bunga kertas yang indah, yang mana akan kita tuliskan secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Bonsai Bunga Kertas, Proses Pembuatannya (Sukses)

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan yang di tanam di sebuah pot yang berukuran kecil atau sedang. Bonsai bunga kertas atau bougenville sangat digemari dikalangan masyarakat, sehingga banyak pecinta bunga yang membuat bonsai karna mudah dalam perawatannya.

Selain itu juga, tanaman hias bunga kertas yang satu ini memiliki jenis dan varietas warna yang beragam, sehingga anda bisa berkreasi dengan berbagai jenis warna untuk membuat taman bunga yang cantik dan indah.

Tertarik untuk untuk memiliki bunga kertas yang indah di taman rumahmu. Oleh sebab itu berkebun akan memberikan ilmu cara proses pembuatan bonsai bunga kertas agar hasilnya memuaskan mari kita simak langkah-langkah berikut ini.

Menyiapkan Bakalan Bonsai

Hal yang harus anda lakukan adalah mencari bakalan bonsai bunga kertas, bakalan bonsai yang harus anda cari adalah bakalan yang tua sehingga tidak membutuhkan waaktu yang lama untuk menghasilkan bonsai berbunga lebat.

Sietem ini dilaakukan dengan teknik stek batang. Untuk memakai teknik stek batang ini anda harus memilih batang bunga yang telah dewasa. Selanjutnya lakukan pemotongan batang bunga kertas dengan posisi menyerong atau runcing. Kemudian anda dapat langsung menanamnya pada media tanam dengan kedalaman 3-5 cm di dalam pot.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Kertas

Mempersiapkan Media Tanam Dan Pot

Selanjutnya adalah menyiapkan media tanam dalam pot, media tanam yang baik adalah berupa tanah yang subur, yang banyak terkandung humus, atau anda dapat mencampurnya tanah yang sudah digemburkan dengan pupuk kandang.

Untuk pot yang digunakan sebaiknya menggunakan pot dangkal yang berukuran berkisar 35-45 cm. Pot dangkal ini bertujuan untuk membatasi pertumbuhan akar bonsai.

Jika anda menggunakan jenis pot yang dalam dan besar, maka tanaman bunga ini akan tumbuh terlalu besar dan akan kesulitan untuk mengubah bentuk daun dan bunga menjadi ukuran yang kecil. Setelah anda melakukan penanaman bakalan bonsai dalam pot, biarkan tanaman tersebut tumbuh hingga mengeluarkan tunas-tunas baru.

Membuat Pola Bonsai

Jika bunga bougenvil  sudah memperlihatkan pertumbuhan yang baik, maka saatnya anda mulai mendesain bentuk bonsai yang sesuai dengan keinginan anda.

Cara umum yang digunakan adalah dengan melilitkan kawat – kawat yang telah disediakan sebelumnya pada batang bunga, cabang atau ranting bonsai.
Pelilitan ini tujuannya adalah untuk mengubah bentuk batang atau cabang bougenvil dari bentuk alaminya menjadi bentuk bonsai yang diinginkan sehingga akan menjadi miniatur yang indah.
Proses pelilitan bonsai ini bisa memakan waktu yang cukup lama dan berbeda – beda sesuai dengan tingkat ketuaan dari batang atau cabang bougenvil tersebut. Selain itu juga anda bisa menyambung pucuk ranting dengan ranting bunga yang berbeda – beda warna.

Perawatan Bonsai

Sebenarnya tidak terlalu susah dalam melakukan perawatan bonsai bunga kertas ini, anda cukup lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari secukupnya jangan berlebihan karna penyiraman yang berlebihan hanya akan membuat pembusukan akar saja.

Selain itu juga anda lakukan pemupukan secukupnya untuk merangsang perkembangan tanaman bougenville anda. anda juga bisa menambahkan berbagai macam bahan organik.

Baca Juga:  Ternak Kelinci : Tujuan Usaha, Pembibitan, Reproduksi, Pemanenan dan Metode Pemeliharaan

Tambahan pupuk rendah nitrogen sebanyak 2 hingga 3 kali dalam setahun, itu juga sudah mencukupi kebutuhan nutrisi dari tanaman bougenville.

Pemangkasan

Pemangkasan daun secara teratur dapat anda lakukan agar tanaman tampak lebih indah dan sering berbunga. Anda dapat memangkas bunga kertas pada bagian ranting atau cabang yang sudah terlalu panjang dan daun yang lebat dengan masih memeprhatikan keindahaan tanaman.

Jangan sampai bonsai anda ini ditumbuhi daun yang terlalu lebat karena nutrisi yang didapatkann tanaman hanya akan tersebar ke daun saja, sehingga dapat menghambat munculnya bunga baru.

Demikian ulasna mengenai Bonsai Bunga Kertas, Proses Pembuatannya (Sukses) yang dapat dijelaskan secara singkat dan padat oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya semoga menambah ilmu dan wawasan anda, selamat mencoba semoga sukses dan trimakasih.