Cara Memilih Bibit Karet Unggul (Panduan Lengkap)

1 min read

Cara Memilih Bibit Karet Yang Bagus dan Subur

Cara Memilih Bibit Karet Unggul (Panduan Lengkap) – Tanaman karet ada banyak tumbuh di daerah Indonesia, tanaman yang menghasilkan getah lateks dengan sifat yang mirip dengan karet. Untuk bibit karet sendiri ada dua jenis yang dapat digunakan untuk menanam dan mengembangkan pohon karet, diantaranya adalah bibit karet yang alami dan bibit dari hasil stek.

Pada kesempatan kali ini Berkebun akan memberikan informasi mengenai bagaimana sih cara memilih bibit karet yang unggul, untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Memilih Bibit Karet Unggul (Panduan Lengkap)

Sebelum anda akan melakukan penanaman phon karet, sebaiknya anda harus mempersiapkan terlebih dahulu bibit karet yang baik, sehingga ketika pohon karet anda sudah berusia enam sampai  delapan tahun dan tiba saatnya akan melakukan penderesan getah (Lateks), maka anda tidak akan sia-sia. Sebab pohon karet yang akan mengeluarkan lateks banyak itu pasti berasal dari pemilihan bibit yang unggul.

Berikut ini adalah cara memilih bibit karet yang unggul dan baik :

1. Pilih Batang dengan Warna Hitam Kecoklatan

Pertama adalah pilih bibit karet dengan batang yang berwarna hitam kecoklatan, dan perhatikan juga pengambilan bagian batangnya, pastikan batang tersebut diambil dari pohon karet yang sehat.

Baca Juga:  Budidaya Kacang Tunggak

2. Pilih Tunas Yang Besar

Kemudian, pilihlah tunas yang besar agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

3. Pilih Batang Berukuran Sedang

Batang yang digunakan untuk bibit karet alangkah baiknya jika berukuran sedang. Pilih sumber tanaman yang sudah cukup tua atau tidak terlalu muda.

4. Pilih Bibit Karet Yang Memiliki Daun Sehat

Bibit karet yang digunakan sebaiknya memiliki daun yang sehat. Jika sumber tanaman sehat, maka akan menghasilkan tanaman yang sehat juga. Tanaman yang sehat adalah tanaman yang berdaun hijau segar, tidak kuning dan juga tidak berbintik.

5. Ambil Bibit Karet dengan Akar Tunjang

Pilihlah bibit karet yang memiliki akar tunjang yang cukup panjang agar dapat tumbuh dengan baik.

Cara Memilih Bibit Karet Yang Bagus dari Hasil Stek

Tidak jauh berbeda dengan penjelasan diatas, berikut ini adalah cara memilih bibit karet yang bagus atau unggul dari hasil stek:

1. Pilih Bibit Stek Yang Batangnya Berwarna Hitam Kecoklatan

Perhatikan bagian batang steknya, pilih bibit stek dengan batang yang berwarna hitam kecoklatan. Warna tersebut dapat menunjukkan stek batang yang sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Jika batang yang sehat digores kulitnya maka akan mengeluarkan getah karet yang kental.

2. Pilih Tunas yang Berkulit Tebal dan Lurus

Pilih tunas yang memiliki kulit tebal agar dapat tumbuh dengan baik. Pilih tunas yang tumbuh lurus ke atas atau tidak menyamping dan tidak bengkok.

3. Pilih Batang Yang Berukuran Sedang

Batang yang digunakan untuk stek bibit karet adalah berukuran sedang. Jangan terlalu besar juga jangan terlalu kecil.

4. Ambil Stek Yang Memiliki Daun Sehat

Pilih bibit stek yang memiliki daun sehat, agar tanaman yang dihasilkan pun sehat. Jangan pilih daun yang kering dan berwarna kuning, terlalu lebar, panjang dan juga kriting. Pilih lah warna daun yang hijau dan juga segar.

Baca Juga:  Manfaat Pare : Efek Samping Dan Cara Mengolahnya

5. Ambil Bibit Stek dengan Akar Serabut yang Banyak

Cara Memilih Bibit Karet Yang Bagus dan Subur
Cara Memilih Bibit Karet Unggul (Panduan Lengkap)

Pilihlah bibit stek yang memiliki akar serabut yang cukup banyak. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Nah itulah tadi penjelasan singkat mengenai Cara Memilih Bibit Karet Unggul (Panduan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan membantu yaa. Terimakasih 🙂