Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak (Panduan Lengkap)

1 min read

4 Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak (Panduan Lengkap)

Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak (Panduan Lengkap) – Pohon karet atau bahasa latinnya Hevea brasiliensis merupakan salah satu tanaman penghasil getah lateks alami. Tanaman karet ini termasuk ke dalam anggota famili Euphorbiaceae di genus Hevea. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 15-25 meter dan berbatang cukup besar. Pohonnya tumbuh lurus serta mempunyai percabangan yang tinggi di atas.

Adapun tingkat produktivitas pohon karet sangat dipengaruhi oleh jarak tanam, kerapatan tanaman, dan faktor lainnya. Idealnya tingkat kerapatan dan kepadatan pada pohon karet berkisar antara 400 sampai 500 pohon atau hektar.

Nah pada kesempatan kali ini berkebun akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara merawat pohon karet agar getahnya banyak. Untuk mengetahuinya langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak (Panduan Lengkap)

berikut ini adalah cara merawat pohon karet agar getahnya tetap banyak:

1. Melakukan Pemupukan Yang Sesuai

Dalam proses pemupukan harus dilakukan dengan kondisi alam di daerah tersebut. Karena setiap daerah memiliki kondisi yang berbeda-beda. Ada daerah yang memiliki unsur phospor namun ada juga daerah yang kekurangan natrium. Pemupukan ini dilakukan agar pohon karet dapat tumbuh subur dan memiliki batang yang kuat.

2. Penyadapan Karet Dilakukan Sebelum Matahari Terbit

Adapun teknik yang dilakukan untuk menyadap pohon getah karet dapat mempengaruhi secara langsung kondisi pembuluh getah pada tanaman tersebut. Jika klorofil pada tanaman karet tersebut sudah aktif maka lateks dalam batang biasanya akan ditarik menuju ke daun. Sehingga langkah yang tepat untuk melakukan penyadapan adalah sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam.

Baca Juga:  Cara Menanam Buah Plum : Karakteristik, Lahan dan Masa Panen

Dan berhati-hatilah juga dalam melakukan penyadapan, karena kesalahan dalam menyadap dapat mengakibatkan pohon berhenti berproduksi getah.

3. Menggunakan Perangsang Getah

Pemakaian perangsang getah bagi pemula sangat perlu, yang digunakan dari perangsang alami daripada perangsang kimia. Namun tidak ada salahnya jika menggunakan pemakaian obat perangsang getah karet buatan yang bagus.  Adapun bahan alami yang dapat dipakai untuk merangsang peningkatan jumlah getah yang dihasilkan oleh tanaman karet adalah bawang merah. Bawang merah dapat dipakai sebagai stimulator untuk meningkatkan produktivitas getah karet.

4. Memberantas Gulma Namun Tidak Sampai Habis

4 Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak (Panduan Lengkap)
4 Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak (Panduan Lengkap)

Jika pada sebuah tanaman tumbuh gulma yang terlalu subur, maka tanaman cenderung kekurangan nutrisi. Akan tetapi jika gulma tidak ada sama sekali maka unsur hara dipermukaan akan tergerus dan dibawa oleh aliran air permukaan seperti air hujan.

Nah itulah tadi informasi mengenai Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak (Panduan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan berhasil yaa. Tetap harus banyak berkonsultasi dengan petani yang sudah ahlinya. Terimakasih 🙂