Ternak Kucing Meine Coon : Karakteristik, Kelebihan, Proses Ternak Pebisnis dan Peluang Pasar

4 min read

Ternak Kucing Meine Coon : Karakteristik, Kelebihan, Proses Ternak Pebisnis dan Peluang Pasar

Ternak Kucing Meine Coon : Karakteristik, Kelebihan, Proses Ternak Pebisnis dan Peluang Pasar –Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Ternak Kucing Meine Coon.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Ternak Kucing Meine Coon : Karakteristik, Kelebihan, Proses Ternak Pebisnis dan Peluang Pasar


Jika Kamu ingin berwiraswasta tetapi memiliki modal pas- pasan berkisar Rp20 juta, bidang bisnis apa yang kira- kira memiliki prospek terang buat digeluti? beternak kucing ras Maine Coon bisa jadi alternatif.

Maine Coon( diucap pula sebagai American Longhair) adalah salah satu ras kucing tertua serta natural yang berasal dari Maine, Amerika Serikat. Ras ini dipercayai nenek moyangnya berasal dari ras Anggora serta Norwegian Forest

Maine Coon dipercayai banyak orang kalau ras ini ialah hasil persilangan natural dari kucing separuh liar dengan rakun. Mitos ini terdapat sebab wujud serta corak ekor Maine Coon menyamai rakun.

Sebab ekornya, ras kucing ini namanya diambil dari kata” Maine” yang ialah negeri bagian Amerika Serikat, serta kata” Coon” yang diambil dari kata” racoon” yang maksudnya rakun.


Karakteristik Kucing Maine Coon

Maine Coon merupakan kucing berbadan besar serta besar, dengan berat jantan dekat 6- 9 kilogram serta betina dekat 4- 6 kilogram serta. Badannya pula besar dengan ketinggian dekat 1 m( 100 centimeter).

Badannya kokoh serta berotot. Tidak hanya itu, Maine Coon mempunyai perkembangan berusia yang lama, ialah berkisar 3- 5 tahun.

Maine Coon mempunyai bulu yang rimbun, halus, lembut, dan tahan terhadap air. Bulunya mempunyai panjang dekat 7 centimeter. Bulu yang ada di dekat leher semacam surai pada singa.

Di bagian telinganya, ada bulu yang lumayan panjang, dan dibagian ekornya pula ada ekor yang mengembang. Pada bagian kepala, kaki, serta bahu bulunya pendek, serta pada bagian paha serta punggung bulunya sedikit panjang.

Maine Coon mempunyai pola corak tabby klasik/ makarel( cokelat, biru( abu- abu), merah( coklat kejinggaan), serta krem), solid( putih, gelap, biru, serta merah), tortoiseshell( gelap serta biru), serta silver( perak gelap, perak biru, perak merah, serta perak krem).

Maine Coon mempunyai kepala yang lagi serta lebar, dengan dahi yang sedikit melengkung serta tulang pipi yang menonjol. Matanya besar serta berupa semacam oval.

Hidungnya lebar serta di bagian ujungnya sedikit melengkung, dan dagunya nampak tajam. Telinganya besar serta di bagian bawahnya lebar, dan dibagian ujungnya lancip.

Lehernya panjangnya lagi, dan lehernya pula kokoh. Kakinya lagi dengan tulang serta otot yang kokoh, dan ekornya panjang.


Kelebihan Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon mempunyai energi tahan badannya lebih kokoh dibandingkan kucing Persia serta Anggora. Hidungnya mancung jadi tidak sering pilek, tidak semacam ras Persia yang pesek sehingga rawan pilek.

Baca Juga:  Budidaya Lebah Madu Hingga Hasilkan Madu Yang Baik

Maine Coon pula jauh lebih jinak dibandingkan Persia.Dengan kelebihan diatas. Pasti memudahkan kita buat memelihara kucing maine coon, dengan energi tahan tubuh yang lebih kokoh  terhadap penyakit serta lebih bisa menyesuaikan diri dengan keadaan area dekat.

Serta asiknya lagi, kelebihan– kelebihan secara raga yang dipunyai oleh kucing raksasa ini bisa kurangi biaya pemeliharaannya. Jadi tidak salah dong bila perawatan kucing ini terkategori lumayan gampang serta hemat.


Porses Ternak Pebisnis Kucing Maine Coon

Biasanya komponen bayaran terbanyak yakni modal dini buat membeli indukannya, sehabis itu baru bayaran pokoknya, yang terbanyak yakni bayaran pakan dari kucing itu sendiri.

Buat tempat umumnya digunakan taman rumah ataupun taman balik tidak permasalahan asalkan ada atap yang bisa melindungi dari hujan serta panas.

Setelah itu kita wajib membeli kandang kucing kelas standart dengan harga berkisar 400- 500 ribu rupiah perkandang.

Buat kucing nya sendiri kita bisa membeli indukannya langsung bila memiliki modal yang lumayan besar, tetapi dianjurkan buat membeli kucing yang masih anak muda dekat 5- 10 bulang yang umumnya dijual dengan kisaran harga 8- 15 juta rupiah per ekornya.

Sehabis kucing berumur dekat setahun, kucing betina tersebut bisa dikawinkan dengan kucing jantan ras yang sama( Maine Coon).

dengan bayaran jasa pemacakan( buat mengawinkan) di cattery yang menjual jasa tersebut, antara Rp1- 1, 5 juta.Bayaran pakan kucing, buat kelas menengah, biayanya dekat Rp100- 150 ribu sebanyak satu kantong( 1, 5 kg).

Dengan anggapan standar satu kucing umur 4 bulan ke atas menemukan santapan 2 sampai 3 kali satu hari sebanyak satu genggam pakan kering, hingga pakan ini lumayan buat jangka waktu sepanjang 10 hari.

Perihal itu berarti sepanjang sebulan buat satu kucing dibutuhkan anggaran pakan sebesar Rp150 ribu X 3= Rp450 ribu per bulan.

Bila diasumsikan kita membeli kucing anakan betina umur 4 bulan, hingga dibutuhkan waktu 8 bulan saat sebelum bisa dikawinkan, 2 bulan buat memiliki, dan 4 bulan lagi buat membesarkan anaknya saat sebelum siap dijual. Jadi total dibutuhkan 14 bulan untuk induk kucing saat sebelum anaknya siap dijual. Bayaran pakan untuk seekor induk berarti Rp450 ribu X 14= Rp6, 3 juta.

Kucing memiliki anaknya dekat 2 bulan, serta sanggup melahirkan sampai 4 anak sekalian. Dari 4 anak kucing ini, ada resiko satu anak mati sebab sakit, sehingga tersisa 3 anak kucing.

Saat sebelum siap dijual, 3 anak kucing tersebut wajib memperoleh suntik vaksin imunitas badan dan pengurusan sertifikat silsilah dengan bayaran dekat Rp200 ribu per anak kucing ataupun berarti Rp600 ribu buat 3 anak kucing.

Sedangkan bayaran pakan per bulan buat anak kucing, biasanya separuh dibandingkan berusia ataupun Rp225 ribu per bulan, sepanjang 4 bulan buat 3 kucing berarti Rp2, 7 juta.

Baca Juga:  Ulat Kandang : Cara Budidaya Untuk Pakan (Panduan Lengkap)

Jadi bila ditotal bayaran agresif yang dibutuhkan mulai dari penyiapan kandang sampai kanak- kanak kucing siap dijual, secara relatif dekat Rp19, 6 juta.

Sedangkan, bila diasumsikan ketiga anak kucing berkelamin betina hingga harga jualnya per ekor Rp8 juta ataupun 3 ekor berarti Rp8 juta X 3= Rp 24 juta.

Hitungan simpel ini , seseorang peternak kucing Maine Coon dapat mungkin memperoleh keuntungan atas penjualan anakan kucing( buat periode pasca kehamilan awal) sebesar Rp24 juta- Rp19, 6 juta=Rp4, 4 juta.

Ternak Kucing Meine Coon : Karakteristik, Kelebihan, Proses Ternak Pebisnis dan Peluang Pasar

Peluang Pasar

Maine coon merupakan kucing yang tidak begitu sulit dipasarkan, sebab peminatnya kian banyak serta rata– rata konsumen mencari kucing ini lewat internet serta ataupun dari data yang diterima dari mulut kemulut tentang pebisnis kucing ini.

Kita bisa memasarkannya pula pada event ataupun kontes kucing, orang– orang yang tadinya tidak tau tentang kucing ini tentu banyak yang hendak tertarik. Dengan biayanya yang mahal, rata-rata konsumen berasal dari golongan menengah atas.

Tertarik jadi seseorang breeder Maine Coon serta menempuh bisnisnya? Pesiapkan modal yang lumayan besar buat memulain, Alasannya buat harga seekor pejantan maine coon import terletak dikisaran 40 jutaan rupiah.

Belum lagi bayaran perawatan paling utama buat penyedian pakan yang tidak boleh sembarangan. Harga pakan kering kucing rata- rata yang digunakan merupakan berkisar 100 ribu rupiah buat 1, 5 Kilogram nya. Sebaliknya buat satu ekor kucing, pakan dengan jumlah tersebut cuma lumayan buat dekat 10 setiap hari.

Serta pasti saja bagaikan alterasi pakan, butuh disediakan pula pakan tipe lain semacam pakan basah yang dijual kalengan serta biayanya yang lebih mahal.

Ditaksir jangka waktu yang dibutuhkan sampai dapat hingga menjual anakan yakni dekat 6 bulan bila diawali dari indukan yang sudah berusia 1 tahun ataupun yang telah siap kawin.

Dengan ditaksir rincian 2 hingga 3 bulan buat masa kucing memiliki sampai melahirkan, serta 4 bulan sisanya buat pembesaran anakan.

Rata- rata anakan yang dapat dihasilkan dari satu indukan buat satu kali masa pernikahan yakni dekat 3 hingga 4 ekor kucing maine coon.

Dari analisa ditaksir modal tersebut, bisa diasumsikan kalau bisnis ini tidaklah bidang yang sembarangan sebab memerlukan nilai modal yang lumayan besar.

Pengalaman dan pengetahuan yang mendalam menimpa metode perawatan kucing maine coon yang benar, mutak dibutuhkan saat sebelum hendak terjun mengawali bisnis ini.

Demikian ulasan mengenai Ternak Kucing Meine Coon : Karakteristik, Kelebihan, Proses Ternak Pebisnis dan Peluang Pasar , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.