√ Manfaat Pupuk Organik Bagi Tanaman (Berkebun)

2 min read

√ Manfaat Pupuk Organik Bagi Tanaman (Berkebun)

Manfaat Pupuk Organik Bagi Tanaman (Berkebun)Hai sobat berkebun semuanya,? kali ini berkebun.co.id akan membahas tentang manfaat pupuk organik bagi tanaman,  unutk lebih jelasnya simak artikel berikut ini :

Manfaat Pupuk Organik Bagi Tanaman (Berkebun)

Pupuk organik merupakan pupuk yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti berasal dari kotoran ternak, sisa-sisa makanan, sampah dan lain sebagainya. Proses pembuatan pupuk organik tersebut bisa dilakukan dengan cara manual maupun alamiah.

Seperti kita ketahui bahwa pupuk merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan anda. Adanya pupuk ini dapat membuat hasil pertanian dan panen akan meningkat. Ada dua jenis pupuk yang sering digunakan oleh para petani, yaitu pupuk organik dan anorganik. Dalam bahasa yang sering kita dengar yaitu pupuk alami/pupuk kompos dan pupuk kimia, tetapi kali ini kita akan membahas hanya manfaat pupuk organik saja.

Berikut ini adalah contoh jenis pupuk organik yang di hasilkan dari pohon pisang dan kotoran hewan.

Pohon Pisang

Tumbuhan yang satu ini memiliki manfaat dan kaya akan kegunaannya. Mulai dari daun, buah sampai pohonnyapun memiliki banyak manfaat yang digunakan manusia. Akan tetapi banyak yang belum mengetahui kegunaan dari pohon pisang.

Dimana pohon pisang biasanya oleh kebanyakan orang hanya diambil manfaat dari buah dan daunnya saja sedangkan pohonnya di biarkan membusuk. Padahal bila dimanfaatkan dapat memenuhi fosfor alami atau organik dengan membuat pupuk bokasi padat atau cair.

Baca Juga:  Pengolahan Pupuk Kandang : Cara Mudah Membuat Pupuk Dari Kotoran Sapi dan Kambing

Kotoran Hewan

Tentu bagi petani sebagai alternatif mencukupi kebutuhan selain bertani juga memelihara hewan ternak baik berupa sapi, kambing, ayam dan lain sebagainya. Hal ini bagi petani sangat lah bermanfaat, disamping diambil dari segi dagingnya.

Ternyata kotorannya dapat digunakan sebagai pupuk alami atau organik. Hal ini karena kotoran dalam hewan ternak memiliki fosfor dan kalium yang cukup tinggi bagi kebutuhan tanaman anda. Sehingga sering digunakan dalam budidaya tanaman seperti cabai, melon, jagung dan lain sebagainya.

Apalagi kandungan kotoran kambing mengandung fosfor lebih banyak bila dapat difermentasikan dengan kompos lainnya. Sehingga dapam membuat tanaman menjadi lebat dan mendorong dalam proses pembentukan bunga.

Pupuk oragnik sangat berperan penting dan bermanfaat untuk menyediakan nutrisi bagi tanaman, seperti yang kita ketahui berikut ini adalah beberapa manfaat pupuk organik bagi tanaman :

1.  Memperbaiki struktur tanah

Pupuk organik merupakan bahan yang mempunyai sifat yang luar biasa. Pupuk ini bisa menggemburkan tanah lempung yang solid, selain dari pada itu juga bisa merekatkan tanah berpasir yang gembur. Karena sifatnya ini yang luar biasa, pupuk organik bisa memperbaiki tanah pasir ataupun lempung.

Selanjutnya pupuk organik juga dapat merekatkan butiran-butiran halus pasir sehingga tanah menjadi lebih solid dan tanah berpasir pun bisa menyimpan air. Sementara, pada tanah liat yang didominasi oleh lempung, pupuk organik bisa memberikan pori-pori sehingga tanah tersebut menjadi gembur dan subur.

2. Mampu meningkatkan aktivitas biolgi tanah

Selanjutnya pupuk kompos juga dapat meningkatkan aktivitas biologi tanah, pupuk organik mengandung mikroorganisme dekompomoser di dalamnya. Mikroorganisme ini akan menambah mikroorganisme yang terdapat dalam tanah. Karena sifatnya yang melembapkan, suhu tanah menjadi ideal bagi tumbuhan dan berkembang biota tanah. Aktivitas biota tanah ini yang menghasilkan sejumlah nutrisi penting agar bisa diserap tanaman secara maksimal.

Baca Juga:  Cara Merawat Pohon Pisang

3. Dapat meningkatkan hasil produksi

Selain dari pada itu juga, manfaat menggunakan pupuk organik dalam pertanian dan perkebunan yaitu mampu meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan anda. Seperti yang kita ketahui bahwa pupuk organik ini bersifat hayati, jadi mutu dan hasil produksi akan jauh meningkat daripada yang tidak menggunakan pupuk organik ini.

4. Ramah Lingkungan

Penggunaan pupuk organik atau pupuk hayati ini jelas ramah terhadap lingkungan anda, karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat merusak kesuburan tanah. Selain itu juga aman bagi kesehatan anda. Dengan menggunakan pupuk organik secara terus-menerus justru akan membuat tanah semakin bagus dan subur.

5. Dapat Menghemat Biaya

Keuntungan menggunakan pupuk organik selanjutnya adalah dapat menghemat biaya produksi perkebunan anda juga lo sobat. Sebagai contoh sederhananya adalah jika anda menggunakan pupuk organik dari hasil kotoran ternak, ataupun dari sejenisnya. Akan terlihat jelas anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk membeli pupuk anorganik, yang mana pupuk – pupuk anorganik cukup lumayan harganya walaupun pupuk anorganik banyak yang sudah di subsidi oleh pemerintah.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Pupuk Organik Bagi Tanaman (Berkebun) yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi pembacanya salam sukses dan trimakasih.