Jenis Tanaman Aquascape

4 min read

Jenis Tanaman Aquascape

Jenis Tanaman Aquascape – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Jenis Tanaman Aquascape.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Jenis Tanaman Aquascape


Aquascape merupakan seni menatur serta menata tanaman air, bebatuan, serta kayu di dalam akuarium. Secara simpel, aquascaping merupakan “berkebun” di dalam air.

Dalam aquascape, banyak sekali perihal yang wajib dipertimbangkan. Misalnya gaya aquascape apa yang hendak kalian pakai.

Elemen hardscape (batu, karang, serta koral), akuarium serta layout-nya, dan bermacam aspek yang lain. Tetapi, semuas tentu setuju kalau perihal terutama merupakan tumbuhan aquascape.

Semacam halnya tanaman di darat, tumbuhan aquascape memerlukan CO2 buat proses fotosintesis. Tanpa CO2, tumbuhan tidak hendak dapat berkembang dengan baik.

Memanglah terdapat beberapa yang dapat berkembang tanpa CO2. Tetapi, tanaman-tanaman tersebut memerlukan penyeimbang akuarium yang lebih rumit, serta penjaannya juga banyak.


Beberapa Jenis tumbuhan aquascape yang gampang tumbuh

Jika kalian merupakan orang awam yang baru menggeluti hobi ini, ada baiknya kalian memilih jenis tumbuhan yang gampang berkembang serta tidak sangat menuntut perawatan ekstra.

Ini memungkinkan kalian buat masuk serta belajar secara lama-lama. Walaupun beberapa jenis tumbuhan ini tidak merepotkan dari segi perawatan, namun kalian selalu wajib memerhatikan substrat serta pencahayaannya.

Substrat merupakan tanah dalam akuarium yang menyuplai nutrisi untuk tanaman.

Sedangkan pencahayaan merupakan sumber daya yang memenuhi proses fotosintesis tumbuhan aquascape. Kedua perihal ini hendak dibahas BukaReview dalam postingan berikutnya.

  • Java Moss

Java moss merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat umum dalam aquascape.

Tumbuhan yang mempunyai warna hijau cerah ini tidak memerlukan perawatan yang rumit. Java moss dapat dibilang tumbuhan yang tangguh serta tidak gampang mati.

Java moss berkembang dengan sempurna di air yang sirkulasinya baik dalam rentang temperatur 21-24 derajat Celcius.

Ini merupakan jenis tumbuhan yang sangat sempurna buat pendatang baru sebab tidak memerlukan pencahayaan khusus.

  • Lilaeopsis

Lilaeopsis brasiliensis mirip sekali dengan rumput yang terdapat di daratan. Ini merupakan jenis tumbuhan yang sangat sesuai buat karpet akuarium serta foreground.

Lilaeopsis merupakan tumbuhan yang sesuai buat pendatang baru serta relatif gampang penjaannya. Tumbuhan akuarium ini dapat berkembang setinggi 5 centimeter.

Baca Juga:  Tanaman Jahe Dalam Karung : Teknik Budidaya untuk Pemula (Sukses)

Jika kalian ingin mencampurkan Lilaeopsis dengan tumbuhan aquascape yang lain, hendaknya kalian melakukan pemangkasan yang teratur.

Jika tidak, Lilaeopsis hendak berkembang dengan cepat serta “menjajah” penunggu lain di dalam tangki.

  • Hygrophila Difformis

Dikenal dengan nama lain water wisteria, tanaman ini dapat berkembang dalam temperatur 23-28 derajat Celsius.

Dengan pencahayaan yang sedang, kalian telah dapat menjaga tumbuhan ini dengan gampang. Tidak hanya itu, tumbuhan ini dapat berkembang tanpa dorongan CO2 tambahan, lho.

  • Amazon Sword

Sesuai namanya, wujud tumbuhan ini nampak semacam pedang.

Tumbuhan yang umum dipakai oleh pegiat aquascape ini dapat hidup di temperatur 22-28 derajat Celsius dengan dukungan pencahayaan yang moderat.

Sebab ciri daunnya yang lebar, tumbuhan ini kerap ditempatkan di bagian belakang.


  • Anubias Nana

Tumbuhan yang satu ini kerap ditemui di sungai dengan gampang.

Sanggup berkembang sampai 15cm, kalian dapat menjaga tumbuhan yang satu ini asal kalian dapat melindungi temperatur akuarium dalam kisaran 22-28 derajat Celsius.

  • Windelov

Windelov merupakan jenis tumbuhan aquascape yang memperoleh nama ilmiah Microsorum pteropus.

Penamaan Windelov berasal dari founder Tropica Aquascape ialah Holge Windelov.

Windelov memiliki ujung yang bercabang serta wujud yang unik sehingga banyak yang menjadikannya sebagai salah satu tumbuhan aquascape sangat menawan di dunia.

Tumbuhan hias air Windelov dapat berkembang besar menggapai 20 centimeter dengan lebar yang sama.

Windelov ialah salah satu tumbuhan aquascape buat pendatang baru maupun para aquascaper yang telah ahli sebab gampang dalam segi penjaannya.

Tumbuhan penghias akuarium yang satu ini pula memiliki ketahanan diri yang kuat, terlebih apabila diikat pada pangkal, kayu ranting, ataupun ditempel pada batu.

  • Monte Carlo

Selanjutnya terdapat Monte Carlo yang termasuk jenis tumbuhan aquascape yang dapat dipakai sebagai tumbuhan karpet di substrat akuarium dengan laju perkembangan yang relatif cepat.

Monte Carlo terkategori tumbuhan aquascape yang unik. Apabila terserang sinar yang kuat, sehingga kecepatan tumbuhnya terus menjadi tinggi serta menciptakan karpet pada batasan tertentu.

  • Bucephalandra Black Phantom

Diperkirakan tumbuhan aquascape Bucephalandra Black Phantom berasal dari Kalimantan, Indonesia.

Tumbuhan dari genus Bucephalandra yang satu ini pula biasa dikenal dengan nama Bucephalandra Brownie Phantom.

Area penanamannya lebih pas di depan akuarium. Buat pertumbuhannya, Bucephalandra Black Phantom tidak membutuhkan sinar serta karbondioksida besar sehingga sangat sesuai untuk Kamu yang masih pendatang baru.

Jenis Tanaman Aquascape


  • Cabomba Caroliniana

Berasal dari Amerika Selatan, Cabomba Caroliniana termasuk, tanaman aquascape yang dapat menempati area midground serta latar belakang akuarium.

Tingkatan perkembangan tumbuhan bergenus Cabomba ini lumayan cepat pada temperatur 15–26 derajat Celcius.

Cabomba Caroliniana termasuk tumbuhan aquascape yang gampang penjaannya, kebutuhan cahayanya sendang-tinggi, dan tidak perlu diinjeksi CO2 sebab kebutuhannya sedikit.

  • Echinodorus Tenellus

Echinodorus Tenellus ialah tumbuhan aquascape yang bisa digunakan buat menciptakan permadani hijau di dalam akuarium.

Baca Juga:  4 Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak (Panduan Lengkap)

Tumbuhan yang termasuk kelompok Amazon Word ini hendak berkembang merambat serta menyebar menyamai rumput.

Daunnya berukuran besar. Pertumbuhannya sedang, tetapi bisa dipercepat dengan menginjeksi karbondioksida serta intensintas sinar yang tinggi.

Echinodorus Tenellus pula dapat selalu hidup secara mandiri walaupun tidak dinaungi oleh tumbuhan lain di dalam akuarium.

  • Egeria Densa

Egeria Densa ialah tumbuhan air yang berasal dari Argentina, Brasil, serta Uruguay. Ini merupakan salah satu tumbuhan aquascape yang lumayan terkenal serta banyak ditanam di dalam akuarium maupun kolam.

Egeria Densa bisa hidup secara bergerombol, sehingga menciptakan suatu hamparan hijau yang luas. Tumbuhan ini gampang dalam penjaannya, serta biayanya juga tidak sangat mahal.

  • Elatine Triandra

Elatine Triandramerupakan tumbuhan aquaspace yang berasal dari Amerika Serikat serta Kanada. Ini merupakan carpet plant yang pada alam bebas umumnya ditemui di area perairan yang berlumpur.

Tumbuhan ini terkategori susah dalam penjaannya, sebab memerlukan pencahayaan tinggi, serta nutrisi berlimpah.


Manfaat Tanaman Aquascape

Berikut ini beberapa manfaat keberadaan aquaspace di dalam suatu ruang, antara lain ialah:

  • Sebagai elemen buat memperindah interior rumah

Semacam halnya akuarium, aquascape pula ialah elemen yang dapat memberikan keelokan tertentu pada suatu ruang.

Ini hendak menyajikan atmosfer baru yang sejuk serta damai, sebab terdapatnya nuansa air yang menenangkan hati.

  • Bisa dijadikan sebagai media terapi

Melihat aquascape dapat menetralkan fikiran untuk seorang yang lagi menghadapi stress. Aquascape pula efisien buat memberikan pengobatan untuk anak yang menderita autis serta hiperaktif.

Tidak hanya itu, menikmati keelokan aquascape, bisa menyehatkan jantung dan merendahkan tekanan darah di dalam badan.

  • Bisa jadi sarana menenangkan pikiran

Keberadaan tumbuhan aquaspace dapat berguna untuk kesehatan dan menunjang keelokan atmosfer rumah ataupun ruang yang lain.

Siapapun yang melihatnya, baik owner rumah ataupun tamu yang lagi berkunjung, secara otomatis hendak merasakan kesegaran dalam hati.

  • Melatih kreatifitas serta jiwa seni

Seperti efek yang dapat kita peroleh kala Kamu menjaga suatu bonsai, dengan menjaga tumbuhan aquaspace pula dapat memberikan efek ketenangan serta perasaaan damai.

Terlebih nuansa tenang serta gerakan lembut tumbuhan di dalam air, hendak membuat perasaan terus menjadi damai serta rileks. Kamu dapat mengasah jiwa seni Kamu kala menjaga tanaman aquaspace tersebut.

Demikian ulasan mengenai Jenis Tanaman Aquascape, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Manfaat Jahe

admin
3 min read

Manfaat Daun Sirsak

admin
3 min read

Manfaat Daun Katuk

admin
3 min read