Jenis Pisang yang dicari Banyak Orang (Bahas Lengkap)

Posted on

Jenis Pisang yang dicari Banyak Orang (Bahas Lengkap)Sobat berkebun siapa coba yang tidak mengenal buah yang satu ini, pisang adalah salah satu buah-buahan yang baik buat kebutuhan kesehatan bagi manusia.

Jenis Pisang yang dicari Banyak Orang (Bahas Lengkap)

Hal ini bukan tanpa alasan sobat berkebun. Pasalnya, buah yang memiliki nama latin musa sp. merupakan jenis tanaman asli dari Asia Tenggara dan saat ini telah dibudidayakan secara meluas di berbagai negara tropis lainnya. Selain itu juga, Buah pisang juga menjadi buah komoditas yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Citarasanya yang nikmat dan manfaat vitamin dan karbohidrat yang terkandung dalam buah pisang menjadikan banyak sekali olahan yang berbahan dasar pisang.

Sebut saja, pisang goreng, kolak pisang, bolu pisang, keripik pisang dan jenis makanan olahan lainnya yang berbahan dasar pisang, selain itu juga anda harus tau begitu banyak jenis pisang yang ada di negara kita Indonesia, berikut adalah beberapa jenis pisang yang bisa anda ketahui :

1. Pisang Raja Bulu

Pisang raja bulu adalah merupakan jenis pisang yang sangat dikenal di pulau Jawa. Buah pisang raja bulu ini memiliki ukuran sedang dengan karakteristik kulit buah tebal dan berwarna kuning menuju jingga saat sudah matang.

Buah pisang raja bulu hadir dengan citarasa yang sangat manis sekali dengan memiliki aroma yang khas dan pastinya harum.

2. Pisang Nangka

Jenis pisang ini mendapatkan julukan pisang nangka memang bukan tanpa alasan lo sobat, pasalnya pisang ini dikenal mempunyai aroma yang harum dan tajam layaknya aroma buah nangka.

Baca Juga:  √ Manfaat Singkong dan Cara Pengolahannya (Panduan Lengkap)

Biasanya dalam satu tandan terdapat 7-8 sisir, dan dalam satu sisir terdapat 14-20 buah pisang nangka. Buah pisang nangka juga dikenal mempunyai kulit berwarana hijau dan tebal meskipun sudah matang. Ukurannya sedang dengan mencapai 15 cm.

Pisang nangka ini termasuk jenis pisang yang harus diolah terlebih dahulu saat mengkonsumsinya. Hal ini disebabkan pisang nangka mempunyai daging buahnya cenderung kenyal.

Rasa pisang nangka yaitu manis dengan sedikit asam dengan aroma yang sangat harum. Pisang ini baru bisa dipanen saat berumur 138 hari setelah tumbuh bunga dari pokok yang ditandai dengan berwarna kuning.

3. Pisang Kepok

Pisang kepok ini dikenal sebagai pisang olahan, pisang ini biasanya dalam satu tandan terdapat 10-16 sisir, dan dalam satu sisir biasanya terdiri dari 20 buah.

Pisang ini memiliki kulit yang tebal, bewarna hijau jika masih mentah, dan bewarna kuning jika sudah matang, tetapi biasanya pisang ini banyak dijadikan untuk menjadi olahan. Seperti, pisang goreng, kolak pisang dan keripik pisang.

4. Pisang Susu

 

Jenis pisang yang satu ini hanya bisa dikonsumsi bukan dalam jenis pisang olahan. Sebagaimana disarikan dari berbagai artikel di situs-situs tanaman buah dan kesehatan, pisang susu disebut punya kandungan asam folat yang cukup berguna memenuhi kebutuhan asam folat di dalam tubuh, terutama baik bagi wanita yang sedang hamil.

5. Pisang Tanduk

Jenis pisang tanduk ini dikenal mempunyai ukuran yang terbilang panjang, satu buah pisang tanduk bisa mencapai panjang hingga 28cm. Buah Pisang tanduk berbentuk melengkung mirip seperti tanduk. Kulitnya yang tebal, berwarna kuning dengan bintik-bintik hitam. Warna daging buah kuning muda hingga putih kekuningan.

Dalam satu tandan hanya terdapat 2 -3 sisir dan setiap sisirnya terdapat 10-15 buah pisang tanduk. Sama halnya dengan buah pisang nangka, Dalam mengkonsumsinya, buah pisang tanduk ini harus diolah sebelum dimakan Jenis pisang ini akan berasa manis dan enak saat dimasak.

Baca Juga:  Cara Menanam Labu : Tahapan, Persemaian, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

6. Pisang Janten

Pisang Janten adalah pisang yang memiliki rasa yang sangat enak lo sobat pada saat pisang sudah matang, rasanya yang manis dan pulen adalah ciri khas yang didapat dari pisang jenis ini. Anda bisa memakannya dengan berbagai olahan maupun tidak diolah, pisang ini akan tetap terasa enak.

7. Pisang Mas

Sesuai dengan namanya pisang jenis  ini memiliki warna keemasaan saat matang dengan kulit yang tipis. Tekstur yang halus dengan daging buah yang beraroma harum dan manis. Sangat cocok untuk dimakan langsung.

Selain itu juga pisang mas berbentuk kecil dan terbilang mungil. biasanya banyak diacara-acara pesta, menyajikan pisang jenis ini sebagai makanan pencuci mulut.

8. Pisang Cavendish

Pisang jenis ini mempunyai tampilan kulit berwarna kuning mulus saat sudah matang. Buahnya berbentuk sedikit melengkung dengan panjang sekitar 14 – 15cm. Dalam satu tandan biasanya terdapat 10-14 sisir dan dalam satu sisir terdapat 6-9 buah.

Pisang cavendish dikenal mempunyai daging buah yang bertekstur lembut, padat dan mempunyai citarasa sedikit asam, memiliki warna kulit kuning cerah.

Pisang cavendish termasuk jenis pisang yang menjadi komoditas ekspor dengan nilai jual yang tergolong tinggi. Namun sayangnya, pisang cavendish ini tergolong rentan terhadap serangan hama dan penyakit pisang.

Demikian pembahasan mengenai Jenis Pisang yang dicari Banyak Orang (Bahas Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat meluaskan pengetahuan kita tentang buah pisang, terimakasih dan salam sukses.