Cara Ternak Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan Mudah dan Praktis

2 min read

Cara Ternak Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan Mudah dan Praktis

Cara Ternak Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan Mudah dan Praktis – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Ternak Jentik Nyamuk.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Ternak Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan Mudah dan Praktis


Nyamuk yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan cupang atau ikan lain yaitu merupakan jentiknya. Jentik nyamuk sendiri sangat sesuai digunakan buat pakan cupang berumur 2 sampai 3 bulan.

Jentik nyamuk sendiri memiliki panjang badan( 10 sampai 25 milimeter) yang cocok buat masuk kedalam mulut ikan cupang.

Tidak hanya itu, jentik nyamuk memiliki isi nutrisi berbentuk protein 13– 15%, lemak kurang lebih 7 sampai 8%, dan serat dekat 3– 4%.

Nyamuk( Aides sp) merupakan serangga yang berkembang produktif di wilayah beriklim tropis dengan curah hujan besar semacam Indonesia perihal ini yang menimbulkannya banyak ditemui di segala wilayah di Indonesia.

Nyamuk tumbuh biak secara natural di wilayah genangan air yang bersemak, slokan, rawa, parit serta danau tenang apalagi di kolam air dengan siklus 14 hari telah membuat nyamuk berkembang produktif.

Tidak seluruh nyamuk mengisap darah, cuma nyamuk betina yang mengisap darah sebaliknya nyamuk jantan lebih memilah makan sari tumbuhan serta daun dibanding darah manusia.

Nyamuk betina mengisap darah manusia untuk cadangan makanan serta nutrisi yang diperlukan sepanjang proses bertelur.

Nyamuk betina setelah itu mencari genangan air bukan air mengalir untuk bertelur . Perihal ini yang membuat nyamuk dapat bertahan hidup walaupun kita tidak ada genangan air besar di dekat rumah.

Nyamuk betina yang siap bertelur setelah itu meletakkan telurnya di permukaan air yang banyak terdapat makanan yang nanti di makan oleh jentik yang timbul. Santapan tersebut berbentuk alga serta pula lumut.

Baca Juga:  Makanan Yang Mengandung Fosfor

Anak nyamuk ataupun jentik yang hidup setelah itu bergenang di dalam air serta memakan alga dan plankton kecil yang bergerak leluasa di dalam air.

Walaupun hewan air, jentik nyamuk senantiasa menghisap oksigen dan memakai Trachea yang terletak pada bagian okornya perihal ini yang menimbulkan jentik nyamuk mengambang terbalik di permukaan air.

Jentik nyamuk memakan kotoran yang terdapat di air, pakan natural semacam jasad renik sangat banyak pada air busuk yang disebakan oleh pembusukan zat organik.

Sehabis selang 10 hingga 14 hari jenitng nyamuk berganti jadi kepompong yang nyaris seragam dengan jentik nyamuk tetapi dengan dimensi kepala yang besar sepanjang 2 hingga 3 hari.

Setelahnya berdiam dalam wujud kepompong nyamuk kecil keluar dari air serta mengawali siklus hidup baru.


Langkah-Langkah Ternak Jentik Nyamuk


Pembibitan Jentik Nyamuk

Langkah awal yang wajib dicoba buat beternak jentik nyamuk merupakan membuat media tempat bertelur nyamuk berusia dewasa.

Keberhasilan dalam mengumpulkan telur nyamuk akan memastikan keberhasilan kamu beternak jentik nyamuk buat pakan ikan.

Sajikan wadah berupa ember dengan dimensi diameter 20 hingga 30 centimeter, banyak wadah lebih baik.

Isi wadah tersebut dengan air cucian beras untuk konsetrat awal

Simpan wadah di dearah hitam tetapi tidak begitu tertutup serta pula terbuka, perhatikan pastinya ditempat yang banyak nyamuk

Tunggu sampai 3 hingga 4 hari bila masih belum terdapat isyarat nyamuk bertelur , kamu wajib mengubah air ataupun memindahkan tempat wadah tersebut.

Wadah yang telah berisi telur nyamuk nampak dengan telur yang mengapung serta berkumpul.

Bila sudah ada telur jangan pindahkan wadah namun tunggu hingga terlur jadi jentik nyamuk, bila telah nampak jentik nyamuk pindahkan kemudian tempatkan wadah baru supaya siklus berkesinambungan.

Baca Juga:  Ternak Entok Bagi Pemula Mudah & Cepat Besar (Panduan Lengkap)

Pemberian Pakan Jentik Nyamuk

Tidak jauh berbeda dengan metode budidaya ikan hias orando, metode budidaya jentik nyamuk buat pakan ikan cupang selanjutnya ialah pemberian pakan.

Pakan natural jentik nyamuk yakni jasad renik yang ada banyak pada air busuk sebab pembusukan zat organik.

Tidak hanya itu, jentik nyamuk hendak bergerak didalam air kemudian memakan alga serta pula plankton kecil yang ada dalam air.

Santapan lain untuk jentik nyamuk ialah dapat berbentuk potongan daun fresh yang diletakkan pada wadah, tetapi jumlahnya sedikit saja. Dapat pula membagikan ragi, susu bubuk serta kotoran kelinci.

Hendak namun, apabila kamu memakai air cucian beras, jentik nyamuk tidak butuh diberikan pakan tetapi air wajib ditukar apabila masa penen telah datang. Pemberian pakan diberikan bila mana air yang digunakan air biasa.

Cara Ternak Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan Mudah dan Praktis

Pemeliharaan dan Panen Jentik Nyamuk

Jauhi memakai wadah dari logam pada dikala penetasan telur jentik nyamuk, ini disebabkan karat pada logam dapat berakibat kurang baik pada ikan cupang yang diberikan pakan dengan jentik nyamuk tersebut.

Kendati terkategori bagaikan hewan air, jentik nyamuk pula membutuhkan oksigen dari udara leluasa memakai Trachea yang terletak pada bagian ekornya.

Perihal ini pula yang menimbulkan jentik nyamuk mengambang terbalik di permukaan air.

Proses pemanen jentik nyamuk buat pakan ikan cupang dapat dicoba sehabis 4 hari proses peneluran berlangsung. Untuk bebas dari kuman icth, jangan kurang ingat buat mensterilkan jentik nyamuk memakai air antibiotik.

Demikian ulasan mengenai Cara Ternak Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan Mudah dan Praktis , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read