Ternak Entok Bagi Pemula Mudah & Cepat Besar (Panduan Lengkap)

3 min read

6 Cara Ternak Entok Bagi Pemula Mudah & Cepat Besar

Ternak Entok Bagi Pemula Mudah & Cepat Besar (Panduan Lengkap) – Entok atau mentok adalah hewan yang sudah tidak asing lagi bagi kita tentunya meskipun entok ini tak sefamiliar unggas lainnya seperti bebek dan lainnya. Tahukah kalian bahwasanya entok memiliki tubuh yang lebih tinggi dan besar daripada bebek, sehingga jumlah daging yang dihasilkanpun lebih banyak.

Kandungan lemak yang ada pada daging entok ini lebih banyak dibandingkan dengan unggas lainnya. Sehingga harus dibatasi dalam mengkonsumsinya bagi orang yang memiliki kolesterol atau darah tinggi. Namun bukan berarti daging entok ini tidak memiliki manfaat ya, daging entok juga bermanfaat untuk kalian yang diet dan juga mengalami anemia.

Sebenarnya untuk menternak entok ini tidak begitu sulit, sama halnya dengan menternak unggas lainnya. Nah pada kesempatan kali ini Berkebun akan memberikan informasi tentang cara ternak entok bagi pemula dengan mudah dan cepat besar. Langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Ternak Entok Bagi Pemula Mudah & Cepat Besar (Panduan Lengkap)

Berikut ini adalah cara atau langkah dalam menternak entok.

1. Mempersiapkan Kandang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan kandang, sebaiknya kandang yang dibuat harus senyaman mungkin karena entok ini lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam kandang. Berikut ini adalah cara membuat kandang yang baik dan benar:

  • Jarak kandang dari rumah sebaiknya agak berjauhan, yakni paling tidak berjarak 10-20 meter, hal ini dilakukan agar menghindari bau yang kurang sedap dari kandang entok tersebut.
  • Ukuran kandang entok disesuaikan dengan jumlah entok yang akan diternak.
  • Kandang entok harus memiliki dinding yang tinggi, hal ini dilakukan dengan tujuan supaya entok tidak mudah kabur atau keluar masuk kandang.
  • Jika luas kandang 10 meter persegi maka buatlah 5 meter untuk naugan dan lokasi pemberian makan, sedangkan yang 5 meter dibuatkan pemisah dan diberikan kubangan air.
  • Kubangan merupakan tempat entok untuk bermain dan juga berjemur.
  • Kemudian gunakan papan atau bambu sebagai dinding atau pagar dari kandang entok, sedangkan untuk atapnya dapat menggunakan asbes.
  • Luas kandang dapat disesuaikan dengan jumlah populasi pada entok.
  • Buatlah drainase atau saluran air, supaya air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Terakhir jangan lupa untuk memberikan tempat makan dan minum untuk entok di dalam kandang.
Baca Juga:  √ 5 Cara Jitu Ternak Ayam Bangkok Agar Cepat Besar & Sehat

2. Pemilihan Indukan

Setelah mempersiapkan kandang, langkah selanjutnya adalah melakukan pemilihan pada indukan. Indukan dapat dilakukan dengan memilih anakan entok yang unggul, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai indukan. Hal ini dapat dilakukan karena jika panen tiba hasilnya akan lebih banyak dibandingkan dengan indukan yang langsung besar. Adapun cara memilih anakan entok yang baik atau unggul, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Carilah anakan entok yang memiliki indukan yang jelas dan unggul.
  • Anakan entok memiliki kondisi yang sehat, licah atau aktif bergerak.
  • Memiliki umur yang ideal yakni 6 sampai 7 bulan setelah menetas atau minimal memiliki bobot 100-200 gram.
  • Usahakan bibit entok diperoleh dari petani entok yang terpercaya.
  • Dalam proses membawa anakan entok ke kandang sebaiknya harus berhati hati jangan sampai anakan entok ikut stress.
  • Kemudian taruh anakan dalam kandang dan jangan lupa beri pakan dan minum yang cukup.

3. Pakan Entok

Dalam menternak entok sebaiknya harus memperhatikan pakannya agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Berikut ini adalah jenis pakan yang harus diperhatikan sesuai dengan umurnya:

a. Pakan Umur 1-14 Hari

Pada fase ini biasanya anakan entok masih sangat membutuhkan nutrisi dalam bentuk protein, posfor, kalsium, energi, dan juga vitamin. Adapun pakan yang harus diberikan harus sesuai dengan porsi harian anakan yang tentunya masih sangat kecil. Biasanya pakan yang cocok digunakan adalah pelet atau konsentrat startet. Pakan ini dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya.

b. Pakan Umur 15-35 Hari

Pada usia 15-35 hari juga berbeda, kebutuhan pakan anakan entok ini akan meningkat seiring bertambahnya usia mereka. Pada usia 15-35 mereka lebih banyak membutuhkan energi untuk menambah berat atau bobot mereka. Adapun pakan yang baik diberikan pada usia ini adalah konsentrat yang dicampur dengan dedak halus atau bekatul, ampas tahu, biji jagung atau umbi umbian seperti ketela dan ubi mantang.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Mudah dan Praktis untuk Pemula (Sukses)

c. Pakan Umur 36-60 Hari

Pada usia 36-60 hari tubuh anakan entok ini tumbuh semakin besar, kebutuhan yang dibutuhkan juga lebih kepada mineral dan juga vitamin. Kemudian pakan tersebut juga dapat dicampurkan dengan ikan runcah, bekatul, menir, ampas tahu, keong, nasi aking atau eceng gondok.

4. Pemberian Vaksin dan Vitamin

Vaksinasi juga harus dilakukan pada hewan, salah satunya adalah entok, hal ini dilakukan supaya hewan tersebut dapat kebal terhadap penyakit yang diakibatkan oleh virus. Dalam proses vaksinasi boleh dilakukan sendiri boleh juga meminta bantuan orang yang sudah profesinal. Selain itu berikan juga vitamin untuk entok, supaya lebih cepat untuk bertelur.

5. Pengendalian Penyakit (Sanitasi Lingkungan)

Meskipun entok merupakan hewan yang kebal dalam berbagai serangan penyakit, akan tetapi kita harus tetap menjaganya dengan sanitasi kandang yang bersih. Karena kandang yang kotor dan jorok dapat meningkatkan resiko penyebaran penyakit.

6. Persiapan Entok Bertelur

Agar entok lebih cepat untuk bertelurm hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah pemberian pakan yang tepat. Pada tahap ini entok membutuhkan banyak protein agar dapat menghasilkan telur yang banyak dan juga berkualitas tentunya. Biasanya entok diberikan pakan berupa keong keongan ataupun bekicot, karena mengandung banyak protein dalam keong-keongan ataupun bekicot sehingga dapat membantu entok dalam menghasilkan telur yang lebih baik.

 6 Cara Ternak Entok Bagi Pemula Mudah & Cepat Besar
6 Cara Ternak Entok Bagi Pemula Mudah & Cepat Besar

Untuk lingkungan sendirim entok lebih menyukai darat dan air, sehingga dalam kandang sebaiknya diberikan kolam agar entok dapat bermain-main dengan air. Dengan lingkungan yang nyaman dapat memicu entok untuk segera bertelur.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Ternak Entok Bagi Pemula Mudah & Cepat Besar (Panduan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat, dan bagi yang akan memulai untuk menternak dapat berhasil yaa.. Salam sukses untuk kita semua. Terimakasih 🙂

Kandungan Gizi Ikan Kakap

admin
1 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

admin
2 min read