√ Cara Ternak Domba Yang Baik dan Benar (Panduan Lengkap)

3 min read

√ Cara Ternak Domba Yang Baik dan Benar (Panduan Lengkap)

Cara Ternak Domba Yang Baik dan Benar (Panduan Lengkap) Kali ini berkebun.co.id akan membahas tentang cara ternak domba yang baik dan benar, tidak perlu kita pungkiri semua peternak pasti menginginkan hasil peliharaannya yang maksimal, oleh sebab itu mari kita bahas dengan artikel berikut ini :

Cara Ternak Domba Yang Baik dan Benar (Panduan Lengkap)

Tahukah anda domba adalah salah satu hewan peliharaan yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dipasaran, sehingga banyak yang beternak domba untuk menambah penghasilan mereka. Bagi anda para pemula yang ingin merintis beternak dan memilih domba sebagai peliharaannya maka ini adalah langkah yang cukup baik. Karena domba lebih mudah dan simple dalam merawatnya serta harga lebih murah untuk pertama kali memulai beternak domba ini, berikut ini adalah langkah ternak domba yang baik dan benar :

1. Mempersiapkan lokasi untuk ternak domba

Sebelum kita melangkah lebih jauh, anda harus paham terlebih dahulu untuk lokasi domba yang baik. lokasi yang memenuhi kriteria adalah lokasinya yang cukup luas, udara yang segar, tidak bising, dekat dengan sumber pakan, jauh dari keramaian, dan dekat dengan pusat pemasaran.

2. Persiapan Kandang domba

Kandang yang nyaman sangat penting untuk tempat berlindung dan beristrhat para domba, anda bisa membuat kandang ternak domba dengan dua tipe kandang, yaitu dengan bentuk kandang koloni dan kandang panggung. Untuk kandang koloni adalah dimana dalam satu ruangan kandang dapat dihuni oleh semua domba yang ada. Sebagai contoh Untuk ukuran luas kandang 4×6 meter yang bisa menampung hingga kurang lebih 30 ekor domba, dan bentuk pembuatan kandang ini sangat cocok untuk domba-domba gembala.

Sedangkan untuk kandang tipe panggung, anda bisa membuatnya dari bahan kayu yang kokoh atau dari bambu yang sudah tua, kandang dengan tipe ini dapat dilengkapi dengan kolong yang berfungsi untuk menampung kotoran domba didalam kandang. Di dalam kandang domba dengan bentuk panggung sebaiknya terdapat tempat perlengkapan yang dibutuhkan, perlengkapan kandang meliputi tempat makan dan minum, tempat makan domba disebut palung, palung makanan ini harus dibuat dengan rapat, agar bahan makanan yg diberikan pada domba tidak berjatuhan keluar atau tercecer keluar, buatlah ukuran palung yang besar agar dapat menampung kebutuhan pakan domba yang lebih banyak.

Baca Juga:  √ Jenis Kelinci Yang ada Di Indonesia (Dibahas Lengkap)

3. Mencari bibit domba yang berkualitas

Carilah bibit domba yang berkualitas, dengan memilih domba yang sehat tidak terjangkit penyakit, usahakan bibit berasal dari bangsa domba dengan tingkat kelahiran dan kesuburan yang tinggi. Dengan demikian persentase anda dalam keberhasilan bisa lebih besar, berikut ini adalah pemilihan bibit domba :

  • Calon Indukan, pilihlah secara sehat fisiknya, (tidak cacat), memiliki umur 1 sampai 2 tahun, memiliki bentuk perut yang normal, memiliki bulu yang halus, ekor yang normal dan nafsu kawin yang tinggi.
  • Calon Pejantan, pilih juga domba yang normal dan sehat (tidak cacat), carilah domba yang berumur 1 sampai 2 tahun, pilih domba yang berasal dari indukan yang melahirkan 2 atau lebih, memiliki tonjolan yang besar pada kaki domba, pergerakan yang lincah, dan memiliki dzakar yang besar.

4. Pemberian pakan

Untuk pemberian pakan pada domba-domba anda sebenarnya tidak terlalu susah, semua cara ternak domba itu hampir sama, semua teknik di perankan untuk menghasilkan kualitas domba yang terbaik. Begitu juga dengan domba jantan yang membutuhkan perawatan yang maksimal. Dalam pemberian pakan adalah salah satu komponen dalam perawatan domba-domba anda. Pakan adalah sebuah sumber nutrisi bagi semua hewan ternak, sehingga anda harus memberikan pakan sesuai dengan kebutuhan gizinya.

Pada umumnya sama seperti jenis kambing yang lain, domba juga menyukai makanan hijau-hijauan seperti rumput gajah, daun singkong, daun lamtoro dan masih banyak lagi jenis rerumputan yang baik untuk dikonsumsi. Sebelum diberikan pada peliharaan domba anda, dedaunan harus mengalami penjemuran untuk mendapatkan hasil pakan yang sedikit layu.

Berikut ini adalah kebutuhan pakan untuk ternak domba anda per hari :

  • Untuk pakan hijauan berupa rumput  75 % daun 30% yang di berikan pada waktu pagi pukul 06:00, sedangkan pada sore hari pukul 16:00 dan malam pkl 21:30 WIB.
  • Untuk pukul 05.00 beri makan ampas tahu bungkil, ampas singkong dan konsentrat.
  • Kandungan mineral garam 1% dari bobot tubuh bisa di berikan pada pagi dan sore hari.
  • Untuk kebutuhan air minum sama dengan 3-4 liter per ekor di berikan pada sore hari.
Baca Juga:  Peternakan Domba

5. Perawatan domba

Untuk menjaga kandang agar tetap sehat lakukan untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam kandang secara teratur minimal seminggu 3 kali, kegiatan ini dilakukan untuk pembudayaan hidup bersih dengan maksud untuk mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran domba peliharaan, dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan tetap terjaga dan meningkatkan kesuksesan yang maksimal. Untuk perawatan domba juga anda bisa memandikan domba. Untuk menjaga kebersihan domba peliharaan anda supaya tidak kotor anda bisa memandikan domba agar domba-domba bersih dan terhindar dari penyakit, seperti cacingan. Anda bisa memandikan domba peliharaan setiap minggu. Domba yang bersih juga memiliki nafsu makan yang lahap.

Mencukur bulu domba, Pencukuran bulu domba bisa dilakukan dengan gunting biasa atau cukur dalam melakukan tahapan ini bisa di lakukan setiap 6 bulan sekali,  atau bila bulu domba terlihat gimbal dan kotor.

Yang terakhir adalah pemberian vaksin, vaksinasi juga dibutuhkan untuk ternak domba dalam menjaga kesehatan dan kekebalannya dari berbagai macam serangan penyakit yang ada. Pada umumnya vaksinasi dilakukan dua kali dalam seminggu, anda bisa mengundang dokter hewan untuk datang ke tempat anda. Jika cara ini Anda terapkan secara rutin, maka kesehatan dari domba anda akan lebih terjamin dan terjaga hingga waktunya tiba untuk penjualan.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Ternak Domba Yang Baik dan Benar (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi pembacanya selamat mencoba dan trimakasih.

Makanan Ikan Nila

admin
2 min read

Makanan Ikan Gurame

admin
2 min read

Cara Merawat Ikan Guppy

admin
2 min read