Cara Ternak Burung Kenari 100% sukses (Panduan Lengkap)

Posted on

Cara Ternak Burung Kenari 100% sukses (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun kembali lagi kita bertemu, bagi anda pecinta burung kenari, kali ini berkebun akan memberikan cara ternak burung kenari. bagi anda yang pemula pastinya masih perlu bayak cari tau tentang cara ternak burung yang satu ini.

Cara Ternak Burung Kenari 100% sukses (Panduan Lengkap)

Memang mayoritas pecinta burung kenari pasti ingin memiliki peternakan sendiri, sebab  untuk ternak burung kenari bisa dibilang mudah, siapapun bisa melakukannya tergantung dengan anda melakukan perawatan.

Selain mudah untuk dipelihara, burung kenari ini juga banyak peminatnya, sehingga dapat dijadikan sebuah peluang bisnis bagi anda yang ingin menggeluti dengan benar-benar.

Oleh sebab itu berkebun akan memberikan cara ternak burung kenari dengan baik dan benar, supaya menghasilkan burung-burung kenari yang bagus, berikut panduannya :

1. Mempersiapkan Kandang yang Baik

Untuk mendapatkan kandang burung kenari ini sangat mudah, anda bisa mencarinya di toko-toko burung yang ada di sekitar kota anda, carilah sangkar yang berbentuk kotak, sesuai dengan standar untuk ternak kenari.

Selain itu anda juga bisa memilih sangkar yang memiliki sekat ditengah sangkar kenari, untuk memudahkan perjodohan kenari jantan dan betina, usahakan anda mendapatkan sangkar dengan tipe ini, sebab ini adalah awal untuk melakukan peternakan yang akan mempermudah anda untuk proses berikutnya.

2. Memilih Indukan Kenari Jantan dan Betina Yang Terbaik

Selanjutnya anda lakukan pemilihan indukan kenari dengan kualitas terbaik, bagi anda peternak baru, hal yang harus anda ketahui adalah bisa membedakan jenis kelamin burung kenari jantan dan betina hal ini sangat penting sekali, pasalnya jika anda tidak bisa membedakan jenis kelamin burung kenari.

Bagaimana nanti anda mencoba ternak burung sedangkan untuk mengembangbiakan burung kenari harus bisa mengawinkan jenis burung kenari betina dengan burung kenari jantan. Berikut ini adalah ciri-cirinya :

  • Kenari Jantan

Untuk membedakan sebenarnya sngat mudah patut anda ketahui, burung kenari jenis kelamin jantan, burung ini memiliki kloaka yang terdapat tonjolan dan juga bentuknya vertikal dan tegak lurus, ini menandakan bahwa jenis kelamin burung tersebut jantan.

Baca Juga:  √ Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Bersuara Gacor (Panduan Lengkap)

Selain itu juga ciri – ciri yang dapat membedakan jenis kelamin tersebut yaitu suaranya sangat nyaring dan gacor rollnya juga panjang tidak putus – putus, sedangkan untuk ukuran tubuh juga tergolong lebih besar ketimbang dengan jenis kelamin betina.

  • Kenar Betina

Sedangkan untuk jenis kenari yang betina dapat anda bedakan pada bagian kloaka atau bagian dubur tidak memiliki tonjolan melainkan datar dan juga dari suaranya dapat anda ketahui bahawa jenis kelamin burung tersebut betina.

Selain itu, jika burung kenari betina mengeluarkan suara yang tidak ngeroll dan tidak begitu nyaring pada saat berkicau suaranyapun  sering putus – putus, untuk ukuran tubuh juga tergolong lebih kecil dan agak sedikti bulat.

3. Memahami usia Kenari Untuk di Ternak

Selanjutnya anda harus memahami usia kenari untuk dapat di jodohkan, sebab untuk menghasilkan yang maksimal usia juga mempengaruhi hasil yang akan didapatkan nantinya.

Biasanya umur yang pas untuk seekor burung kenari yaitu 7 bulan untuk burung kenari berkelamin betina dan 8-9 bulan untuk burung kenari berkelamin jantan. Patut anda ketahui juga ada beberapa spesies burung kenari yang usia idealnya mencapai 10 bulan yaitu burung kenari yorkshire.

Jika Anda sudah bisa mengetahui usia burung kenari dan kesiapan burung untuk di kembang biakan, anda tinggal menangkarkan kedua burung kenari yang sudah siap umur untuk di masukan ke dalam satu kandang.

4. Menjodohkan Kenari dalam Sangkar

  • Siapkan terlebih dahulu sangkar box yang terpisah, dari satu box yang berisi jantan dan satu sangkar box lagi untuk kelamin betina.
  • Jika sudah siap anda tinggal dekatkan kedua sangkar box tersebut yang sudah berisi burung kenari jantan dan betina selanjutnya Anda juga bisa letakan kedua sangkat box tersebut ke dalam sangkat gantung.
  • Untuk proses penjodohan idealnya di lakukan pada jam – jam tertentu yaitu pada jam 7 pagi hingga jam 9.30 agar burung segar lakukan pemandian terlebih dahulu.
  • Untuk menjaga kesuburan kedua burung kenari, anda harus perhatikan asupan makanannya seprti makanan yang bergizi tinggi, patut anda ketahui ada beberapa makanan yang kami rekomendasikan untuk burung kenari yaitu telur puyuh, apel, sayuran sawi hijau, sawi putih, biji-bijian canary seed, biji sawi, dan vitamin tambahan.
Baca Juga:  √ Cara Melatih Suara Kenari Agar Keras dan Panjang (Panduan Lengkap)

Jika ke empat cara sudah anda lakukan pastinya burung kenari akan cepat bertelur, cara diatas merupakan cara yang sering di lakukan dari orang – orang yang sudah berpengalaman.

5. Perawatan Setelah Burung Kenari Bertelur Hingga Menetas

Agar berhasil dalam melakukan proses pengeraman hingga menetas, burung kenari betina harus diberikan makanan yang extra dengan memberikan makanan seperti, biji-bijian, sayuran sawi, buah apel, dan telur rebus, selain itu juga air minum harus anda cek dengan rutin jangan sampai kehabisan.

Jaga juga kebersihan kandang kenari anda rajinlah untuk membersihkan, jauhkan kandang dari hewan penggangu seperti tikus, dan sebainya  jangan dipanaskan agar telur tidak retak.

jika telur sudah menetas, pastikan air, biji-bijian dan telur puyuh rebus harus selalu tersedia didalam kandang, untuk proses ini hindari pemberian makan berupa sayuran dan buah agar tidak terjadi kematian dini. selama 1-2 minggu pertama, dalam proses ini biarkan indukan kenari memberi makan sendiri dengan cara meloloh.

Setelah 2 minggu baru anda bisa memberikanya makanan berupa sayuran dan apel, jangan lupa berilah multivitamin untuk kesehatan burung kenari anda.

Biasanya kenari sudah bisa anda pisahkan kurang lebih  usia 1 bulan, jika anakan burung kenari sudah dapat makan sendiri, lakukan pemisahan kandang, agar anakan kenari dapat menikmati masa-masa pertumbuhannya dengan bebas.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Ternak Burung Kenari 100% sukses (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembacanya, selamat mencoba dan salam sukses selalu trimakasih.