√ Ilmu Cara Merawat Kelinci Yang Baik (Penjelasan Lengkap)

3 min read

√ Ilmu Cara Merawat Kelinci Yang Baik (Penjelasan Lengkap)

Ilmu Cara Merawat Kelinci Yang Baik (Penjelasan Lengkap) Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai ilmu cara merawat kelinci yang baik, yang akan dijelaskan lengkap oleh berkebun.co.id dengan artikel berikut ini.

Ilmu Cara Merawat Kelinci Yang Baik (PenjelasanLengkap)

Hewan jenis kelinci ini merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak digemari oleh banyak orang, dan pecinta kelinci banyak membagikan ilmunya untuk bisa di sebar luaskan, Hal itu disebabkan karena hewan ini terlihat lucu, jinak, dan juga dapat dipelihara dengan fleksibel di mana saja, dan karna hewan ini adalah jenis hewan yang mudah mati jika anda tidak tau bagaimana cara merawatnya. Maka kami akan membagikan ilmunya sebagai berikut  :

Menyediakan tempat yang baik

Memelihara kelinci yang pertama kali adalah anda harus lakukan, tentu saja dengan mempersiapkan segala hal yang berkaitan pemeliharaan kelinci kesayangan Anda. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan yaitu mempersiapkan tempat atau kandang untuk memelihara kelinci Anda di rumah sendiri.

Anda juga harus mempersiapkan di mana anda ingin merawatnya, apakah di belakang rumah, di samping rumah, atau di tempat-tempat lain yang ada di sekitar rumah anda.

Carilah tempat yang bersih, yang aman, nyaman dan juga kondusif untuk memelihara kelinci kesayangan anda. Bila perlu, siapkan bangunan khusus untuk memelihara kelinci Anda di sekitar rumah anda.

Memilih Kandang yang Baik

Selanjutnya adalah anda harus menyiapkan tempat tinggal yang cocok untuknya. Setiap pemilik kelinci harus tahu bahwa tempat paling aman bagi kelinci adalah tempat tinggal di dalam ruangan. Kelinci sebaiknya tidak ditaruh di luar ditempat terbuka. Kelinci domestik berbeda dari kerabat liar mereka. mereka tidak mentolerir suhu ekstrem dengan baik, terutama di bulan-bulan musim panas.

Bahkan di kandang yang aman sekalipun, kelinci berisiko sekali dari pemangsa. Hanya dengan melihat atau mendengar suara binatang buas di dekatnya itu dapat menyebabkan kelinci begitu tertekan sehingga kelinci dapat menderita stres hingga serangan jantung dan benar-benar mati ketakutan.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Palmas dan Peluang Usaha Menjanjikannya

Jika anda ingin menaruhnya didalam kandang, sebaiknya buatlah ruang kandang cukup lebar, sebab kelinci membutuhkan banyak ruang untuk bergerak dengan mudah.

Siapkan Kotak Kotoran

Selanjutnya anda harus mempersiapkan kotak kotoran, sebab kelinci memiliki kecenderungan alami untuk buang air kecil dan besar di satu area. Manfaatkan ini dengan menyiapkan kotak kotoran yang berukuran sedang atau tempat penyimpanan dangkal di dekat mangkuk makanan atau air sehingga kelinci anda akan bisa buang air kecil dan besar tidak sembarangan.

Jika kelinci Anda bebas berkeliaran di beberapa ruangan di rumah Anda, sebaiknya Anda memiliki kotak kotoran di beberapa tempat. Banyak kelinci yang menikmati dan menghabiskan waktunya untuk bersantai di kotak kotorannya, jadi pastikan ukurannya cukup besar.

Pola Makan yang Seimbang

Pola makan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan disetiap pemberian makanan. Sebab kelinci memiliki sistem pencernaan yang kompleks, sehingga sangat penting bagi kelinci untuk mendapatkan makanan yang tepat.

Banyak masalah kesehatan pada kelinci disebabkan oleh makanan yang tidak sesuai dengan fisiologi pencernaan kelinci. Makanan dasar kelinci adalah sebagai berikut:

Rumput jerami

Kelinci membutuhkan rumput jerami yang membantu sistem pencernaan, dan menyediakan serat yang diperlukan untuk membantu dan mencegah masalah kesehatannya seperti bola rambut, diare, dan obesitas.

Sayuran

Sayuran adalah makanan dasar kelinci dewasa, harus terdiri dari sayuran berdaun hijau gelap seperti daun selada, peterseli, daun ketumbar dan masih banyak dedaunan yang menyehatkan. Varietas ini sangatlah penting bagi pertumbuhan kelinci anda, jadi beri makan kelinci Anda tiga sayuran berbeda sekaligus.

Anda bisa memperkenalkan sayuran baru ke pola makan kelinci, dengan cara satu per satu dengan jumlah terbatas.

Buah dan camilan

Buah dan camilan adalah dasar dari makanan sehat, hewan juga membutuhkan untuk menikmati camilan. Anda bisa memberikan wortel sebab wortel adalah dasar dari makanan kelinci yang sehat.

Baca Juga:  Cara Mengobati Penyakit Pada Bebek

Banyak kelinci yang menikmati wortel, akan tetapi mereka adalah sayuran bertepung dan sebaiknya anda berikan hanya sebagai hadiah. Camilan lain yang mungkin dinikmati kelinci Anda adalah apel (tanpa batang atau biji), blueberry, pepaya, stroberi, pir, persik, prem, atau melon.

Pelet

Pelet juga baik untuk makanan kelinci anda, jika Anda memilih untuk menjadikan pelet sebagai bagian dari makanan kelinci Anda, yang terbaik adalah menggunakannya sebagai suplemen untuk sayuran hijau tua, bukan untuk sebagai pengganti atau makanan utamanya. Pelet ini hanya boleh diberikan dalam jumlah kecil (1/8 -1/4 cangkir per lima pon berat badan per hari, diberikan dengan cara disebarkan selama dua kali pemberian makan setiap hari).

Air

Air adalah kebutuhan disetiap makhluk hidup maka kelinci harus selalu memiliki persediaan air bersih yang cukup. Lakukan untuk mengganti air kelinci Anda setidaknya sekali sehari.

Jika Anda akan menggunakan botol sipper, perhatikan kelinci baru untuk memastikan bahwa kelinci anda tahu cara menggunakannya, dan bersihkan botol setiap hari sehingga tabungnya tidak tersumbat. Jika Anda menggunakan mangkuk, pastikan mangkuk itu cukup berat untuk menghindari tumpahnya air dan dapat mengakibatkan tempat menjadi kotor dan lembab.

Peliharalah Kelinci lebih dari Satu

Anda pecinta hewan, pastinya anda tidak akan membiarkan hewan peliharaan anda hidup sendirian tanpa pasangan, jadi Kelinci adalah hewan sosial dan sebagian besar akan jauh lebih bahagia sebagai bagian dari pasangan atau trio daripada hidup sendiri.

Jika anda ingin memelihara kelinci sebaiknya carilah kelinci sepasang atau lebih. Sebab kelinci adalah makhluk yang kompleks secara sosial, psikologis, dan fisiologis. Mereka membutuhkan banyak perhatian dan pengawasan khusus.

Demikianlah ulasan mengenai Ilmu Cara Merawat Kelinci Yang Baik (Penjelasan Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id mudah-mudahan bermanfaat bagi pembacanya, salam sukses dan terimakasih.