Cara Merawat Ikan Louhan Untuk Pemula (Lengkap)

2 min read

Ilmu Cara Merawat Ikan Louhan (Panduan Lengkap)

Cara Merawat Ikan Louhan (Lengkap)  Hai sobat, kali ini berkebun.co.id akan membahas tentang cara merawat ikan louhan. Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari di dunia, khususnya di Indonesia.

Ikan ini banyak penggemarnya bagi kalangan menengah ke atas, karena jenis ikan ini memiliki kelebihan di bagian dahi yang jenong dan sisiknya yang indah.

Cara Merawat Ikan Louhan (Lengkap)

Hampir semua orang yang beternak louhan menginginkan ikan louhannya mempunyai jenong yang besar serta elastis. Bahkan banyak orang yang mengupayakan berbagai macam cara agar jenong pada lohannya semakin besar.  anda tidak dapat merawat ikan louhan dengan benar, maka kelebihan ikan louhan belum tentu muncul.

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat ikan louhan dengan benar. Berikut ini adalah cara merawat ikan louhan dengan benar :

1. Akuarium

Yang pertama adalah anda harus mempersiapkan akuarium yang baik dan benar, untuk ukuran akuarium sebaiknya lebih besar, idealnya pada umumnya dengan ukuran 3/4 dari bentuk tubuh ikan louhan, misalnya ikan louhan memiliki panjang antara 40-50 cm, sebaiknya ukuran memiliki dimensi sekitar 200X70X80cm.

2. Perlengkapan Akuarium

Perlengkapan akuarium sangat dibutuhkan untuk kebutuhan hidupnya ikan louhan yang akan anda pelihara, beberapa perlengkapan dan peralatan yang perlu disiapkan dalam merawat ikan louhan. Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

Aerator 

Jika anda akan memelihara ikan louhan di dalam akuarium maka anda harus menyediakan aerator, sebab alat ini akan membantu proses pertumbuhan ikan yang akan anda pelihara, karna ikan louhan sangat berbeda dengan ikan yang hidup di alam bebas.

Ikan yang ada di alam bebas mendapatkan oksigen lebih banyak. Oleh sebab itu, ikan yang dipelihara di dalam akuarium memerlukan bantuan alat untuk menyuplay oksigen.

Baca Juga:  Makanan Ikan Nila

Alat yang dapat anda gunakan untuk menyuplay oksigen ke dalam akuarium adalah Aerator atau pompa udara. Aerator mempunyai fungsi untuk memberikan udara ke dalam akuarium dan mengeluarkan udara dari sisa-sisa pernafasan ikan.

Untuk memilih aerator yang bagus, pilihlah aerator yang mampu membuang banyak udara, tetapi memerlukan aliran listrik yang sedikit untuk mendapatkannya anda bisa mencarinya di toko-toko akuarium terdekat dikota anda atau bisa juga melalui online.

Heater dan Thermometer

Heater dan thermometer sangat di butuhkan dalam Suhu air di dalam akuarium, suhu air perlu untuk diatur agar ikan louhan anda memiliki pertumbuhan yang bagus dan sehat.

Karena pertumbuhan ikan louhan akan melambat jika suhu air di dalam akuarium dingin. Cara untuk mengetahui suhu air di dalam akuarium adalah dengan menggunakan thermometer.

Jika thermometer menunjukan suhu air akuarium dalam keadaan dingin, anda bisa menaikkan suhu udara dengan menggunakan alat Heater atau alat pemanas. Suhu udara yang ideal untuk ikan louhan sekitar 28-30 derajat celcius.

Filter Air

Biasanya air di akuarium yang sudah berisikan ikan, air akan cepat keruh atau kotor, jika anda tidak menggunakan filter air maka ini akan merepotkan anda untuk membersihkan sebab akan sering, anda melakukan pergantian air. Oleh karna itu untuk mengatasi permasalahan ini, kita bisa menggunakan alat filter atau penyaring air.

Filter memiliki fungsi untuk menyaring air akuarium setiap saat agar tetap selalu bersih. Namun, kita masih perlu untuk mengganti air akuarium, tapi mengganti airnya tidak sesering saat kita tidak menggunakan filter.

Penerangan di area akuarium

Penerangan di area akuarium sangat penting untuk ikan louhan anda, agar ikan louhan anda tidak menjadi penakut. Untuk menerangi akuarium, anda bisa menggunakan lampu TL. Selain untuk menerangi akuarium anda, lampu TL juga berfungsi untuk menambah keindahan akuarium.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Nila Kolam Terpal Sukses Panduan untuk Pemula

Tanaman hias di dalam air

Untuk menyerupai habitat di alam terbuka, akuarium perlu untuk disediakan tanaman hias di dalam air yang akan mempercantik akuarium anda, selain itu juga tanaman hias dapat dijadikan tempat bermain ikan louhan.

3. Pemberian pakan

Untuk pemberian pakan ikan louhan anda perlu extra hati-hati, perhatikan agar ikan louhan kita dapat berkembang dengan baik. Makanan yang baik untuk ikan louhan terdapat dua macam, yaitu makanan alami dan makanan buatan.

Makanan alami meliputi cacing rambut, cacing sutra, cacing tanah, cacing darah, kutu air, artemia, jentik nyamuk, dan udang.

Sedangkan makanan buatan meliputi pelet khusus untuk ikan louhan pastikan pakan buatan harus memiliki nutrisi yang cukup tinggi dan memiliki produck yang berkualitas, anda bisa dapatkan di toko-toko pakan ikan di kota terdekat anda atau bisa juga via online.

Pemberian makan dengan menggunakan pelet sebaiknya dibiasakan sejak ikan louhan masih kecil. Kita bisa mengkombinasikan kedua macam makanan tersebut.

Selain itu sangat pentinh untuk memberikan pakan yang mengandung protein kepada ikan louhan anda. Agar ikan louhan cepat membesar, anda harus memberikan makanan yang memiliki kadar protein 45-60 %. Serta mengandung 5-7 % lemak, vitamin dan mengandung mineral.

Selain itu juga lakukan Pengontrolan akuarium ikan louhan anda setiap hari, anda juga harus rajin untuk mengontrol suhu airnya, ph airnya, dan kebersihan airnya.

Untuk mengetahui kondisi suhu air, anda bisa memanfaatkan thermometer yang sudah anda sediakan. Sedangkan, ph air dapat diketahui dengan alat pengukur ph. Ph air normal untuk akuarium adalah 6-8,5.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Merawat Ikan Louhan (Lengkap) yang dapat kami bagikan mudah – mudahan bermanfaat bagi pembacanya, selamat mencoba semoga sukses dan trimakasih.