√ Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Bersuara Gacor (Panduan Lengkap)

2 min read

√ Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Bersuara Gacor (Panduan Lengkap)

Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Bersuara Gacor (Panduan Lengkap)  Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan bahas tentang cara merawat burung jalak suren agar bersuara gacor, yang akan dipandu lengkap melalui artikel berikut ini.

Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Bersuara Gacor (Panduan Lengkap)

Burung jalak suren adalah merupakan bagian dari jenis burung beo, jalak suren mempunyai kemampuan dalam menirukan berbagai suara burung laennya bahkan bisa menirukan suara manusia walaupun tak sepintar burung jenis beo. Jalak suren ini memang jadi salah satu jenis burung populer yang ada di indonesia saat ini, yang sekarang ini lebih populer daripada jenis burung jalak lain dan kerap diikutkan dalam perlombaan atau kontes kejuaran.

Bagi anda yang ingin memelihara burung jalak suren sebaiknya anda harus paham dengan kondisi yang dibutuhkan burung tersebut, untuk burung suren memerlukan cara pemeliharaan dengan lebih spesifik ketika musim hujan agar keadaan kesehatan dari jalak suren tersebut tetap fit ketika musim hujan tiba. Ketika musim hujan, keadaan udara yang lembab bisa jadi tempat suburnya kuman dan bakteri penyakit yang dapat menyerang burung jalak suren sendiri.

Jika kondisi tubuh jalak suren ini yang lembab pun dapat menurunkan kesehehatan burung dengan drastis sekaligus mengakibatkan kutu serta tungau, yang dapat berkembang biak dengan cepat di tubuh burung. Oleh sebab itu berikut kami akan bahas mengenai Cara merawat jalak suren yang baik dan benar.

Baca Juga:  Manfaat Madu : Jenis Madu

Memandikan  Burung Suren

Yang pertama adalah anda harus mandikan burung suren setiap hari sekitar pukul 7 pagi, ketika sinar matahari masih segar bersinar dengan cara disemprot pakai sprayer, dan jika memungkinkan gunakan cepuk supaya burung bisa lebih leluasa. Jangan lupa berikan campuran shampo jati jajar dengan perbandingan 2 tutup botol dalam 1 liter air mandinya. Setelah selesai dimandikan, jangan lupa bersihkan dan ambil kembali cepuk tersebut.

Sedangkan untuk merawat jalak suren pada musim hujan pun perlu dirubah, tidak sama dengan memandikan burung ketika musim kemarau. Jika jalak suren kadang dimandikan menggunakan bak keramba yang isinya air penuh, maka selama musim hujan anda cukup diisi setengahnya saja. Hal ini bertujuan supaya burung jalak suren tak sepenuhnya membasahi tubuh ketika mandi.

Setelah dilakukan pemandian burung selesai, jemurlah burung suren anda dibawah terik matahari maksimal 1 jam apabila sinar matahari benar-benar cerah, jika redup bisa lebih lama lagi.

Pola Makanan dan Minum Yang Baik

Untuk pola makan yang baik sebaiknya anda berikan makanan yang berkualitas seperti Pakan Voer Ronggolawe yang mengandung Antioksidan, kaya nutrisi, Protein dan vitamin yang bisa membuat burung rajin berkicau serta tidak mudah terserang berbagai macem penyakit yang membuat stres bahkan sampai mematikan. Pemberian Extra Fooding untuk jalak suren juga sangat penting. Cobalah untuk sering memberikan jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan  kroto.

Sementara untuk air minumnya harus anda perhatikan juga anda dapat menggantinya selama setiap menggunakan sikat guna menghilangkan kuman serta bakteri yang menempel di wadah minum tersebut.
Hindarkanlah ekstra food yang sudah basi, misalnya jangkrik maupun ulat hongkong yang sudah mati karena bisa meningkatkan risiko penyakit jalak suren.

Baca Juga:  Cara Ternak Burung Parkit Untuk Pemula (Sukses)

Pemasteran

Pemasteran juga sangat penting, untuk mendapatkan suara burung jalak suren yang gacor sebaiknya lakukan pemasteran suara. Dengan cara bisa mendekatkan burung jalak suren pada burung yang memiliki suara indah dan gacor (Burung master). Atau jika anda tidak memiliki burung masteran, anda juga bisa menggunakan suara burung dalam bentuk Mp3 dan diputar dengan volume yang tidak terlalu keras, jangan lupa pada saat pemasteran berikan krodong pada kandang.

Perhatikan Kebersihan Kandang Burung

Kebersihan kandang burung juga harus Anda perhatikan, khususnya pada kotorannya. Sebab kotoran yang menjamur sangat tidak baik untuk kesehatan burung itu sendiri. Tidak hanya kandangnya saja, perhatikan juga tempat mandi, tempat makan, minum, dan lainnya.

Pastikan juga kebersihan kandang ketika musim hujan, seperti yang sudah kita tau bahwa ketika musim hujan datang maka keadaan udara serta kandang akan jadi lembab dan lebih kerap basah, jadi membersihkan kandang perlu dilakukan secara rutin setiap harinya.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Bersuara Gacor (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang pemula, selamat bertenak semoga sukses dan terimakasih.

Makanan Ikan Nila

admin
2 min read

Makanan Ikan Gurame

admin
2 min read

Cara Merawat Ikan Guppy

admin
2 min read