√ Cara Mengilangkan Jamur Pada Bulu Kucing Kesayangan

2 min read

√ Cara Mengilangkan Jamur Pada Bulu Kucing Kesayangan

Cara Mengilangkan Jamur Pada Bulu Kucing Kesayangan – Sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan jamur pada bulu kucing kesayangan anda, yang akan di jelaskan dengan terperinci melalui artikel berikut ini :

Cara Mengilangkan Jamur Pada Bulu Kucing Kesayangan

Memelihara kucing memang menjadi salah satu hobi yang paling menyenangkan. Meskipun demikian, saat merawat kucing banyak hal yang harus anda perhatikan sob. Sebab terkadang di tengah perjalanan kita mendapati beberapa masalah serius pada kucing-kucing yang kita pelihara. Salah satu contoh masalahnya adalah kucing terkena jamuran sehingga membuat bulu kucing tidak terlihat indah dan menggemaskan lagi.

Sebelum kita bahas lebih jauh, anda terlebih dahulu harus tau ciri-ciri kucing anda yang terkena jamur yaitu, pertama anda bisa lihat apakah bulu kucing rontok dengan pola melingkar, sehingga sampai terlihat kulitnya, kemudian apabila diraba terasa ada benkolan agak kasar ditubuhnya yang terkena jamur, lalu munculnya bercak putih menyerupai ketombe pada sisiknya. Kemudian yang paling sering terjadi kerontokan adalah pada bagian wajah dan telinga, perut, ekor, maupun anggota badan yang lainnya.

Kucing liar yang tidak terawat bisa menjadi pembawa dan menularkan kepada kucing anda, atau dari anda sendiri yang mungkin tidak begitu perhatian terhadap kesehatan kucing yang anda  pelihara, bukan hal yang sepele sebab jamur dapat sembuh sampai dengan 4 – 6 bulan. Bagi kucing dengan sistem kekebalan tubuh yang baik akan dapat tumbuh kembali ditempat yang sama hingga 6 bulan kemudian. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara menghilangkan jamur pada kucing :

Penyebab jamur pada kucing

Anda harus paham apa sih penyebab tumbuhnya jamur pada kucing kesayangan anda, dengan seperti ini kedepannya anda akan lebih perhatian lagi dengan kesehatan dan kebersihan, sebab mencegah akan lebih baik dari pada mengobati tentunya sob, berikut ini adalah beberapa penyebabnya :

Baca Juga:  Cara Merawat Ayam Bangkok

1. Kandang kotor

Pertama penyebab munculnya jamur pada kulit kucing adalah kurang terjaganya kebersihan kandang kucing. Kandang kotor akibat sisa – sisa makanan si kucing dan tidak dibersihkan kembali. Saat itulah kesempatan bagi virus Ringworm berkembang biak yang akhirnya akan menempel pada kulit si kucing.

2. Kandang lembab

Kedua Penyebab munculnya jamur adalah karna disebabkan lembabnya kandang. Sebab kandang yang lembab membuat jamur betah di dalamnya dan berkembang biak. Oleh sebab itu sebagai pemilik kucing anda harus bertanggung jawab terhadap kebersihan kandang, sebab kucing tidak bisa membersihkan kandang sendiri sob.

3. Tertular kucing lain

Yang ketiga penyebabnya adalah bisa karena tertular oleh kucing lain. Seperti yang ditulis di atas, penyakit jamur pada kucing bersifat menular lo sob. Penularan dapat terjadi apabila ada kontak langsung antara kucing yang sehat dan kucing yang sakit. Atau melalui benda-benda yang sudah terkontaminasi oleh penyakit jamur.

Cara menghilangkan jamur pada kucing

Ada beberapa cara untuk menghilangkan jamur pada kucing, yang mungkin dapat anda pelajari, berikut ini adalah cara menghilangkan jamur pada kucing :

1. Membersihkan kandang

Yang paling utama adalah sebaiknya anda bersihkan kandang kucing anda, jaga dari kelembapan anda bisa gunakan mesin penyedot debu untuk menghisap bulu-bulu rontok agar tidak beterbangan ke area lain.

2. Mengkarantinakan kucing yang terkena jamur

Ketika anda mengetahui adanya jamur pada tubuh kucing, maka anda sebaiknya segerakan memisahkan kucing dari lingkungan kucing dengan cara mengkarantinanya di kandang khusus, sebab jamur bisa menulari kepada kucing lainnya. Hindarkan kucingbersentuhan langsung dengan kucing lainnya, selain itu juga, bedakan pula alat-alat yang digunakannya seperi handuk, alas tidur, tempat makan, karpet dan lain sebagainya.

Baca Juga:  √ Ilmu Cara Memelihara Ikan Arwana Di Akuarium (Panduan Lengkap)

3. Mencukur bulu kucing di area yang terkena jamur

Cukurlah bulu kucing di area yang terkena jamur. Hal ini perlukan untuk memudahkan dalam pengobatan. Selain itu juga bagian kulit yang terinfeksi jamur biasanya bulu-bulunya akan mudah rontok. Dan apabila hampir di seluruh tubuh terkena jamur maka anda gundulin saja bulu kucingnya.

4. Berikan obat salep

Anda bisa mengoleskan salep yang terkena virus jamur, sebab saleb dapat mengobati jamur pada kucing. Anda bisa memilih salep yang mengandung sulfur karena zat sulfur dapat mematikan virus jamur. Atau anda juga bisa memakai spray jamur.

Spray jamur juga lebih mudah cara menggunakannya, cukup anda menyemprotkan ke bagian kulit yang terkena jamur. Ingat, saat memberi obat salep, kulit kucing harus dalam keadaan kering. Hindari terkena mata, area hidung dan mulut.

5. Memandikan dengan sampo khusu jamur

Anda juga bisa memandikan kucing anda dengan shampoo khusus jamur, sebab ada shampoo khusus untuk mengobati jamur pada kucing. Biasanya shampoo tersebut terkandung povidone iodine dan sulfur di dalamnya. Shampoo ini bisa anda dapat apotek dan petshop di kota anda. Jamur jenis Trichophyton dan Microsporum yang menyebabkan jamuran pada kucing akan terbasmi.

Shampoo tersebut biasanya berwarna coklat seperti betadine. Shampoo ini juga tidak akan meninggalkan bekas pada bulu kucing, jika dibilas dengan bersih. Anda bisa gunakan sebazol dan malaseb sebagai shampoo untuk kucing jamuran. dan masih banyak lagi cara menghilangkan jamur pada kucing kesyangan anda, tapi paling tidak seperti yang saya tulis diatas sudah cukup untuk mengobati jamur pada kucing anda.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Mengilangkan Jamur Pada Bulu Kucing Kesayangan yang dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacaya, selamat mencoba dan terimakasih.